Tujuh Makanan Berbahan Kentang Khas Italia yang Mantap

Tujuh Makanan Berbahan Kentang Khas Italia yang Mantap

Tujuh Makanan Berbahan Kentang Khas Italia yang Mantap – Kentang adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut “kentang” pula. Italia adalah negara yang kaya akan beragam kulinernya, baik makanan atau minuman khasnya juga sebagian telah mendunia.

Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Penjelajah Spanyol dan Portugis pertama kali membawa ke Eropa dan mengembangbiakkan tanaman ini. Mulai dari keju, madu, olahan daging, sup, hingga pasta dapat memanjakan lidah.

Namun, bukan hanya makanan-makanan tersebut saja yang sukses menggoyang lidah, kentang juga kerap diolah menjadi berbagai hidangan lezat lho di Italia. Dirangkum dari link open card idn Penasaran kuliner khas Italia apa saja yang berbahan kentang? Simak yuk!

1. Pizzoccheri alla Valtellinese
7 Hidangan Berbahan Kentang Khas Italia yang Lezat

Pizzoccheri adalah sejenis tagliatelle pendek yang terbuat dari 80% tepung buckwheat dan 20% tepung gandum. Semua bahan dimasak bersama dan umumnya dilapisi dengan keju parmigiano reggiano dan valtellina casera parut dan mentega cair berbau bawang putin.

Sebelum dihidangkan, pasta ini dipanggang sebentar, membiarkan keju meleleh dan semua bahan tercampur.

2. Zuppa di Patate
7 Hidangan Berbahan Kentang Khas Italia yang Lezat

Zuppa di patate merupakan makanan sejenis sup kentang. Sup ini terbuat dari kombinasi kentang, bawang, irisan roti, kaldu, minyak zaitun, thyme, bumbu, keju parut, mentega, dan pala. Selanjutnya kentang dipotong-potong dan dibumbui dengan garam, merica, pala, dan thyme.

Kemudian bawang digoreng dalam minyak zaitun sampai dengan warna kecokelatan dan setelah itu ditambahkan dengan kentang. Kaldu mendidih dituangkan di atas bahan tersebut, dan sup direbus selama sekitar 15 menit.

3. Pasta e Patate
7 Hidangan Berbahan Kentang Khas Italia yang Lezat

Pasta e patate merupakan makanan yang menggunakan pasta dan kentang sebagai bahan utamanya. Kemudian tambahan bahannya adalah bawang, seledri, kulit keju, tomat, wortel, peterseli, dan bawang putih.

4. Totani e Patate
7 Hidangan Berbahan Kentang Khas Italia yang Lezat

Totani e patate merupakan hidangan yang dibuat dengan cumi merah dan kentang. Cara pembuatannya yaitu, cumi-cumi dipotong-potong, lalu ditumis dengan bawang bombay dan bawang putih dengan minyak zaitun.

Sementara itu, kentang digoreng dalam wajan yang sama, lalu dibumbui dengan garam dan cabai.

5. Gatto di Patate
7 Hidangan Berbahan Kentang Khas Italia yang Lezat

Gatto di patate merupakan kue kentang gurih yang berasal dari Napoli. Kue ini dibuat dengan kentang tumbuk yang diperkaya dengan mentega, telur, dan keju parut seperti parmesan atau scamorza asap.

Kemudian bahan tambahan lainnya seperti salami, ham, dan kubus prosciutto.  Adonan diletakkan di piring datar, diparut dengan remah roti dan dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan dan garing di atasnya. Setelah semua proses pembuatan selesai, kemudian dihidangkan dalam keadaan yang hangat, dan biasanya diiris seperti kue.

6. Pizza Patatosa
7 Hidangan Berbahan Kentang Khas Italia yang Lezat

Pizza patatosa merupakan jenis pizza kentang yang secara tradisional diberi saus tomat, mozzarella, dan kentang. Sebelum meletakkannya ke dasar pizza, kentang dipotong menjadi irisan tipis. Selanjutnya dicampur dengan minyak zaitun dan rempah-rempah aromatik. Rempah-rempah ini menggunakan rosemary atau thyme.

Di negara ini, pizza kentang dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, yang diantaranya melingkar, lonjong, atau persegi panjang.

7. Patate In Umido
7 Hidangan Berbahan Kentang Khas Italia yang Lezat

Patate in umido merupakan makanan tradisional yang berasal dari Roma. Makanan lezat ini terbuat dari kombinasi kentang, pancetta, mentega, bawang, bawang putih, tomat, kemangi, garam, dan merica.

Cara pembuatannya, kentang dipotong menjadi kubus dan ditambahkan ke pancetta tumis mentega, bawang merah, dan bawang putih.

Selanjutnya bahan lainnya seperti tomat, basil, dan bumbu ditambahkan ke dalam panci. Hidangan lalu direbus dengan api kecil sampai kentang menjadi empuk. Untuk mengurangi kuahnya, hidangan bisa dimasak tanpa penutup, karena tidak boleh terlalu kental ketika dihidangkan.

Makanan berbahan kentang khas Italia ini bisa menjadi inspirasi menu di rumah. Selain mengenyangkan, hidangan ini juga lezat. Menu andalan anti gagal!