Sajian Olahan Seafood Khas Kroasia yang Paling Populer

Sajian Olahan Seafood Khas Kroasia yang Paling Populer

Sajian Olahan Seafood Khas Kroasia yang Paling Populer – Masakan Kroasia  bersifat heterogen dan dikenal sebagai masakan daerah, karena setiap daerah Kroasia memiliki tradisi kuliner yang khas. Akarnya berasal dari zaman kuno. Perbedaan pemilihan bahan makanan dan bentuk masakan paling mencolok antara yang ada di daratan dan yang ada di daerah pesisir.

Masakan daratan lebih bercirikan Slavia awal dan kontak yang lebih baru dengan Hongaria dan Masakan Turki, menggunakan lemak babi untuk memasak, dan rempah-rempah seperti lada hitam, paprika, dan Bawang putih. Penduduk Kroasia dikenal memiliki beragam makanan seafood yang sukses menggoyang lidah.

Selain itu, warganya juga sangat gemar menyantap hidangan seafood yang dikenal akan kandungan gizi tinggi. Beraneka variasi, menu seafood diolah menggunakan resep IDN Poker777 dan bumbu tradisional sehingga menciptakan cita rasa yang autentik.

1. Crni rižot
5 Hidangan Seafood Khas Kroasia Paling Terkenal, Bikin Gagal Diet!

Crni rižot merupakan makanan laut yang umumnya dihidangkan sebagai makan siang. Makanan ini adalah risotto hitam unik yang dibuat dengan cumi atau sotong segar.

Tinta cumi-cumi atau sotong memberi risotto warna hitam yang pekat. Tambahan makanan laut lainnya adalah remis, kerang, dan udang juga biasa ditambahkan ke piring.

Hidangan ini menjadi makanan laut yang sangat populer di seluruh Kroasia, lho.

2. Hobotnica ispod peke
5 Hidangan Seafood Khas Kroasia Paling Terkenal, Bikin Gagal Diet!

Hobotnica ispod peke merupakan makanan laut yang bahan utamanya adalah gurita. Cara pembuatannya yaitu memasak perlahan gurita segar yang masih utuh.

Selanjutnya gurita dibumbui dengan bumbu dan rempah-rempah aromatik, seperti bawang putih, lemon, daun salam, mint, cabai, dan lada hitam.

Untuk memperkaya rasa, maka ditambahkan dengan minyak zaitun yang juga berfungsi untuk melembabkan gurita. Penambahan kentang, bawang bombai, wortel, tomat, dan paprika membuatnya menjadi makanan satu panci yang praktis.

3. Gradele
5 Hidangan Seafood Khas Kroasia Paling Terkenal, Bikin Gagal Diet!

Gradele merupakan cara tradisional memanggang ikan segar di atas api terbuka. Kata gradele mengacu pada panggangan sederhana, tapi juga merupakan ideologi dan gaya hidup Dalmatian saat musim panas.

Ikan yang digunakan bisa kecil atau besar, termasuk kepala. Bagian paling penting adalah memanggang ikan dengan sempurna sambil tetap berair pada saat yang bersamaan.

Selama proses pembuatan, ikan biasanya diolesi dengan cabang rosemary yang telah dicelupkan ke dalam minyak zaitun. Setelah disiapkan, ikan secara tradisional disajikan dengan kombinasi minyak zaitun, peterseli, dan bawang putih.

4. Gregada
5 Hidangan Seafood Khas Kroasia Paling Terkenal, Bikin Gagal Diet!

Gregada adalah rebusan ikan sederhana dengan kentang. Secara tradisional, makanan ini dibuat dengan melapisi kentang dan bawang bombai yang diiris tipis, kemudian dilumuri dengan minyak zaitun.

Selanjutnya, ditambahkan dengan ikan air asin putih yang lebih kecil. Setelahnya masak dengan air dan white wine secukupnya untuk menutupi ikan.

5. Slane srdele
5 Hidangan Seafood Khas Kroasia Paling Terkenal, Bikin Gagal Diet!

Slane srdele merupakan sarden asin yang biasanya disiapkan dari Mei hingga Agustus. Makanan ini menggunakan sarden segar dan garam laut kasar.

Cara pembuatannya, yaitu garam ditempatkan ke dalam kaleng atau tong tua. Sarden kemudian dilapisi di atasnya.

Selanjutnya, lapisan garam lain ditambahkan di atas sarden, diikuti oleh lapisan sarden lainnya, tapi menghadap ke arah yang berlawanan dari yang di bawahnya.

Lapisan terakhir selalu garam. Sarden kemudian ditutup dengan tutup kayu dan pemberat. Setelah semua proses selesai, ikan sarden asin disimpan di tempat yang gelap dan dingin selama minimal 3 bulan. Selama proses ini, sarden akan melepaskan air dan lemak.

Wilayah pesisir menanggung pengaruh dari Yunani dan Roma masakan, serta nanti Masakan Mediterania, khususnya Italia (terutama Venesia). Menggunakan masakan pesisir minyak zaitun, bumbu dan rempah-rempah seperti Rosemary, Sage, daun salam, oregano, Marjoram, kayu manis, Cengkeh, Pala, dan kulit lemon dan jeruk.

Tradisi memasak petani didasarkan pada variasi imajinatif dari beberapa bahan dasar (sereal, produk susu, daging, ikan, sayuran, kacang-kacangan) dan prosedur memasak (merebus, memanggang, memanggang, memanggang), sedangkan masakan borjuis melibatkan prosedur yang lebih rumit dan penggunaan yang dipilih. rempah rempah. Charcuterie adalah bagian dari tradisi kuliner Kroasia di semua daerah. Makanan dan resep dari bekas lainnya Yugoslavia negara juga populer di Kroasia.