Olahan Nasi Khas Kansai Jepang Dengan Cita Rasa yang Maknyuz

Olahan Nasi Khas Kansai Jepang Dengan Cita Rasa yang Maknyuz

Olahan Nasi Khas Kansai Jepang Dengan Cita Rasa yang Maknyuz – Wilayah Kansai  adalah istilah yang digunakan untuk menyebut wilayah Jepang di bagian barat Pulau Honshu yang terdiri dari 7 prefektur: Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, dan Wakayama.

Tergantung pada siapa yang membuat perbedaan, Fukui, Tokushima dan bahkan Tottori juga disertakan. Nasi adalah salah satu hidangan yang tak bisa lepas dari orang-orang Asia, terutama Jepang. Di Kansai, yang merupakan salah satu wilayah Jepang mempunyai banyak ragam olahan nasi yang populer karena kelezatannya.

Olahan nasi ini dibuat dengan kombinasi berbagai bahan dan bumbu yang membuatnya kaya rasa. Apa saja jenis olahan nasi khas Kansai yang bikin penasaran cobain? Keep scrolling ya!

1. Oshizushi
5 Olahan Nasi Khas Kansai-Jepang yang Bikin Perut Keroncongan

Oshizushi merupakan nama jenis sushi yang unik, yang dapat dibedakan dengan bentuk persegi panjangnya yang khas. Sushi ini terbuat dari kombinasi nasi cuka yang atasnya diberi dengan beragam bahan makanan laut dan bumbu, berlapis rapi di oshibako. Sushi selanjutnya dikompresi, membuat blok sushi yang kuat yang selanjutnya dipotong-potong seukuran gigitan dan dihidangkan.

Pada awalnya, nama dari makanan ini digunakan untuk mengacu pada metode pengawetan kuno, di mana ikan diletakkan dalam wadah yang sama di samping nasi yang difermentasi.

2. Futomaki
5 Olahan Nasi Khas Kansai-Jepang yang Bikin Perut Keroncongan

Bagi pecinta sushi, maka dapat mencoba futomaki. Ini adalah berbagai sushi gulung yang identik dengan ukurannya yang besar dan keseimbangan bahan yang digunakan. Gulungannya umumnya diberi isian yang berupa sayuran dengan warna berbeda. Sushi ini juga umumnya tidak mengandung makanan laut.

Sushi harus mempunyai aroma yang sedap dan menggoda secara visual. Bahan-bahan pembuatannya dipilih berdasarkan seberapa baik mereka saling melengkapi dalam hal daya tarik visual dan rasa. Sushi paling sering menggunakan bahan seperti rumput laut nori, yang merupakan lapisan luar, nasi sushi, dan isian seperti mentimun, wortel, dan jamur .

3. Ehomaki
5 Olahan Nasi Khas Kansai-Jepang yang Bikin Perut Keroncongan

Ehomaki merupakan gulungan sushi yang dibuat dengan rumput laut nori, nasi cuka, dan tujuh isian berbeda. Isian yang paling sering digunakan adalah mentimun, labu kering, belut, jamur shiitake, ikan, telur dadar, atau tahu.

Menurut teori paling populer tentang asal usul sushi, mengklaim bahwa makanan ini ditemukan oleh para pedagang di Osaka pada era Edo atau awal Meiji.

4. Battera
5 Olahan Nasi Khas Kansai-Jepang yang Bikin Perut Keroncongan

Jika menyukai salmon atau pun udang, maka bisa mencoba untuk menikmati battera yang dapat terbuat dari salah satu bahan tersebut. Ini merupakan jenis sushi yang masuk dalam kategori sushi kotak. Sushi ini umumnya terdiri dari lapisan daun aspidistra atau baran yang hanya digunakan sebagai pelapis. Selanjutnya lapisan ikan, dan akhirnya lapisan nasi sushi.

Sushi ini selalu disiapkan terbalik dan saat dihidangkan, ikan selalu berada di atas gulungan, yang selanjutnya diiris kecil-kecil dengan bentuk persegi panjang.

5. Saba zushi
5 Olahan Nasi Khas Kansai-Jepang yang Bikin Perut Keroncongan

Saba zushi adalah jenis sushi yang berbahan dasar nasi sushi yang atasnya diberi fillet makarel yang telah diasinkan terlebih dahulu. Sushi umumnya ditutupi dengan lapisan rumput laut yang tipis dan halus.

Sushi jenis ini tidak dibuat dengan peralatan kayu tradisional, namun seluruh kreasi umumnya dibungkus dengan daun bambu untuk mencapai bentuknya yang khas.

Sedangkan penggunaan istilah “Kansai” dan “Kinki” telah berubah selama sejarah, dalam konteks yang paling modern menggunakan dua istilah dapat dipertukarkan. Wilayah perkotaan Osaka, Kobe dan  Kyoto (wilayah Keihanshin) merupakan populasi terpadat kedua di Jepang setelah Tokyo Raya.

Wilayah Kansai merupakan jantung budaya dan sejarah Jepang dengan 11% dari luas daratannya dan 22.757.897 penduduk per 2010. 19,2% dari seluruh populasi penduduk Jepang ada di daerah Kansai, dan 19,3% PNB Jepang berasal dari daerah Kansai.