Lima Variasi Roti Khas Finlandia yang Terkenal Kenikmatannya

Lima Variasi Roti Khas Finlandia yang Terkenal Kenikmatannya

Lima Variasi Roti Khas Finlandia yang Terkenal Kenikmatannya – Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan  ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Roti merupakan salah satu makanan yang biasanya dihidangkan sebagai menu sarapan karena praktis dan simpel.

Namun dengan kemajuan teknologi, manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar  protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu. Maka dari itu, gak heran kalau setiap negara mempunyai variasi roti dengan aneka rasa. Salah satunya adalah Finlandia.

Negara ini mempunyai banyak variasi roti yang terkenal akan kenikmatannya. Diantaranya bahkan ada yang salah satu bahan pembuatannya adalah jangkrik. Makin penasaran apa saja ragam rotinya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Rieska
5 Ragam Roti Khas Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Rieska merupakan roti pipih tidak beragi khas Finlandia yang sudah ada sejak zaman kuno. Menariknya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rotini cukup sederhana, yaitu tepung, air, dan garam. Selain itu, roti ini mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Mulai dari tipis, tebal, renyah hingga yang seperti kerupuk pun ada.

Umumnya, roti ini terbuat dari tepung barley. Namun, rye, oat, atau kentang tumbuk juga kerapkali digunakan sebagai pengganti barley. Roti ini dapat diolesi mentega atau beragam selai agar rasanya semakin nikmat.

2. Näkkileipä
5 Ragam Roti Khas Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Näkkileipä merupakan roti berbentuk pipih yang renyah dan tebal. Umumnya, terbuat dari tepung gandum hitam. Roti ini sangat mirip dengan knäckebröd asal Swedia. Secara tradisional näkkileipä berbentuk bulat.

Namun di zaman modern ini, roti mempunyai beragam bentuk serta dapat disiapkan dengan biji dan berbagai jenis tepung. Selain itu, sekarang sebagian besar roti telah diproduksi di pabrik. Roti ini dapat menjadi camilan yang lezat atau sering dipasangkan dengan olesan krim dan berbagai topping.

3. Korppu
5 Ragam Roti Khas Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Korppu merupakan roti renyah yang mengalami proses pemanggangan sebanyak dua kali. Roti ini biasanya tersedia dalam beragam variasi manis atau gurih. Dalam olahan tradisional roti ini biasanya diiris dengan tipis, lalu ditaburi gula kayu manis, dan dipanggang hingga renyah.

Sementara itu, versi manis dari roti seringkali dihidangkan sebagai pendamping kopi atau teh. Selain itu, bisa juga dicelupkan ke dalam kopi atau teh tersebut. Roti ini dapat langsung dikonsumsi atau diberi tambahan selai atau mentega agar semakin nikmat saat disantap.

4. Ruisreikäleipä
5 Ragam Roti Khas Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Ruisreikäleipä merupakan makanan yang menjadi salah satu dari banyak ragam roti gandum hitam yang terdapat pada masakan tradisional Finlandia. Roti padat ini secara tradisional mengalami proses pemanggangan yang diletakkan dalam bentuk roti bundar datar dengan lubang yang berada di tengahnya.

Lubang tersebut berguna untuk menggantung roti di atas tiang, yang biasanya berada di atas oven. Hal ini memungkinkan roti matang di kondisi yang hangat. Roti ini mempunyai kombinasi rasa manis dan juga asam. Pada umumnya, roti ini dilengkapi dengan mentega atau selai dengan aneka rasa.

5. Sirkkaleipä
5 Ragam Roti Khas Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Sirkkaleipä merupakan makanan yang cukup ekstrim untuk dikonsumsi bagi sebagian orang. Roti unik ini mempunyai isian sekitar 70 jangkrik kering di dalam pembuatan adonannya. Makanan ini diproduksi oleh perusahaan makanan besar bernama Fazer.

Cara pembuatannya dengan cara jangkrik digiling menjadi bubuk halus. Selanjutnya ditambahkan ke tepung sebelum mengalami proses pemanggangan. Makanan ini menjadi sumber protein yang baik dengan kandungan zat besi, kalsium, vitamin B12, dan asam lemak baik.