Lima Rekomendasi Makanan Enak Indonesia Bercita Rasa Asam

Lima Rekomendasi Makanan Enak Indonesia Bercita Rasa Asam

Lima Rekomendasi Makanan Enak Indonesia Bercita Rasa Asam – Masakan Indonesia  adalah salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan  tradisi Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau berpenghuni, Indonesia terkenal dengan ragam kuliner lezat yang kaya cita rasa. Mulai dari pedas, gurih, asin, manis, hingga asam, semuanya bisa kamu temukan dengan mudah.

Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren  dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan, dan tradisi-adat. Nah, siang-siang mengantuk begini paling nikmat menyantap makanan bercita rasa asam. Dengan begitu, kamu bisa bikin mata jadi melek.

Gak perlu bingung, Indonesia memiliki segudang kuliner bercita rasa asam yang dapat kamu coba satu per satu. Bahkan, terkadang kamu dapat dengan mudah menjumpainya di pinggir jalan, karena tidak sedikit pedagang kali lima yang menjualnya. Mau tahu apa saja? Berikut lima rekomendasi makanan enak bercita rasa asam untuk menu makan siang.

1. Pempek 
5 Makanan Indonesia Bercita Rasa Asam, Bikin Mata Melek!

Meskipun aslinya dari Palembang, namun tidak sulit untuk menemukan kuliner kenyal berbahan dasar ikan yang satu ini, kan? Pasalnya, pempek kini telah tersebar hampir di seluruh daerah Indonesia.

Pempek dibuat dari adonan tepung sagu yang dicampur daging ikan giling. Jenis ikan yang sering dipakai ialah ikan tenggiri, maka tak heran rasanya pun jadi gurih.

Jajanan populer ini terasa asam sekaligus sedikit pedas. Siraman kuah hitam agak kecokelatan yang disebut cuka atau cuko jadi kunci kenikmatannya. Pempek disajikan dengan mi kuning dan makin segar diberi potongan mentimun.

2. Garang asem  
5 Makanan Indonesia Bercita Rasa Asam, Bikin Mata Melek!

Dari namanya saja, pasti terbanyak bagaimana rasa kuliner satu ini. Garang asem merupakan salah satu olahan ayam khas Jawa Tengah. Cara membuatnya dikukus bersama santan dengan bungkus daun pisang, sehingga aromanya nikmat.

Lauk yang cocok dijadikan pendamping nasi ini adalah yang bercita rasa gurih dari santan, asam dari belimbing wuluh, serta pedas dari cabai rawit. Kenikmatannya tak terelakkan, deh!

3. Rujak cingur
5 Makanan Indonesia Bercita Rasa Asam, Bikin Mata Melek!

Kalau tadi dari Jawa Tengah, sekarang kita bergeser ke Jawa Timur. Di sana ada kuliner bercita rasa asam lainnya yang gak kalah menggiurkan, yakni rujak cingur.

Jika pada umumnya rujak terbuat dari aneka buah, maka tidak dengan rujak cingur. Rujak ini berbahan utama cingur alias mulut atau moncong sapi.

Rujak cingur terdiri dari banyak bahan isian, di antaranya irisan cingur sapi, lontong, taoge, kangkung, nanas, mangga muda, kacang panjang, kedondong, tempe, dan tahu. Semua itu dilumuri oleh bumbu petis. Dimakan saat siang hari bakal sempurna banget, sih.

4. Sayur asem
5 Makanan Indonesia Bercita Rasa Asam, Bikin Mata Melek!

Siapa yang gak kenal sayur asem? Masakan rumahan ini memiliki berbagai resep, tergantung daerahnya. Biasanya, sayur asem berisi jagung, kacang panjang, labu siam, tomat, daun melinjo, dan asam jawa. Ada juga yang menambahkan ikan atau daging.

Gak cuma menyegarkan, makanan berkuah asam dan agak manis ini juga kaya nutrisi dari beragam jenis sayuran yang ada di dlaamnya. Bakal tambah sedap lagi jika disandingkan dengan nasi hangat, ikan asin, dan sambal terasi. Awas ketagihan, lho!

5. Lempah kuning
5 Makanan Indonesia Bercita Rasa Asam, Bikin Mata Melek!

Kali ini kita beranjak ke Kepulauan Bangka Belitung. Di sana ada hidangan sup ikan berkuah bernama lempah kuning. Ikan yang sering dipilih untuk membuat sup ini adalah ikan kakap merah atau ikan tenggiri.

Warna kuning pada kuahnya dihasilkan dari kunyit sebagai bumbu utamanya. Perpaduan antara potongan nanas dan rempah menciptakan rasa asam, gurih, dan pedas yang tidak ada tandingannya.

Untuk bisa menikmati kuliner lezat yang satu ini, kamu gak perlu pergi jauh-jauh, kamu dapat memasaknya sendiri di rumah, kok. Pas banget jika dijadikan menu santap siang. Nafsu makan auto melonjak, deh.