Lima Ragam Sup Sayur Khas Prancis dengan Rasa yang Lezat

Lima Ragam Sup Sayur Khas Prancis dengan Rasa yang Lezat

Lima Ragam Sup Sayur Khas Prancis dengan Rasa yang Lezat – Sayur sop adalah sup sayuran Indonesia yang dibuat dari sayuran dalam kaldu ayam atau sapi. Ini populer di Indonesia, disajikan sebagai sarapan atau makan siang. Prancis tak hanya terkenal sebagai negara pariwisata, namun negara ini juga populer dengan kulinernya yang telah mendunia.

Bahan yang terdiri dari daging, sayur, atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari. Perebusan bukan merupakan suatu cara masak yang umum sampai penciptaan wadah tahan air sekitar 5.000 tahun yang lalu. Salah satu makanan yang wajib dicoba saat ke sana adalah sup sayurnya.

Sup sayur di sini sebagian bertekstur kental dan creamy. Selain itu juga terdapat sup sayur bening yang lezat. Berikut lima ragam sup sayur khas Prancis, punya cita rasa lezat dan pastinya sehat!

1. Soupe au pistou
5 Ragam Sup Sayur Khas Prancis, Punya Cita Rasa Lezat dan Sehat!

Soupe au pistou merupakan sup terkenal yang memiliki kemiripan dengan minestrone Italia. Sup ini dibuat berdasarkan bahan segar musiman.

Soupe au pistou terbuat dari wortel, kentang, buncis, labu siam, kacang polong, kacang panjang, atau sayuran lain yang tersedia.

Penambahan pasta umumnya untuk memperbaiki tekstur sup. Biasanya pasta yang digunakan adalah pistou, merupakan pasta tradisional Prancis yang terbuat dari kemangi, minyak zaitun, dan bawang putih.

Untuk memperkuat rasa, maka juga ditambahkan dengan keju parut atau tomat.

2. Vichyssoise
5 Ragam Sup Sayur Khas Prancis, Punya Cita Rasa Lezat dan Sehat!

Vichyssoise adalah sup bertekstur kental yang terbuat dari daun bawang, bawang bombay, kentang, krim, dan kaldu ayam yang dihaluskan. Bahan-bahan tersebut membuat sup didominasi dengan warna putih.

Sup ini secara tradisional dihidangkan dalam keadaan dingin. Daun bawang cincang segar sering menjadi hiasan pada sup.

Vichyssoise cocok disajikan sebagai menu sarapan yang sederhana dan cukup mengenyangkan. Selain itu, sup juga bisa menjadi makanan pembuka atau camilan.

3. Potage parmentier
5 Ragam Sup Sayur Khas Prancis, Punya Cita Rasa Lezat dan Sehat!

Potage parmentier merupakan sup kentang yang biasanya dihidangkan dalam keadaan panas. Sup ini umumnya disajikan sebagai makanan pembuka atau sebagai camilan yang dinikmati pada sore hari. Potage parmentier terbuat dari kentang dan daun bawang, atau bisa ditambahkan dengan bawang bombay.

Bahan tersebut lalu dimasak dan dihaluskan hingga bertekstur halus dan lembut. Untuk memperkaya rasa, maka dapat ditambahkan dengan brokoli, asparagus, peterseli, atau parsnip.

4. Crème dubarry
5 Ragam Sup Sayur Khas Prancis, Punya Cita Rasa Lezat dan Sehat!

Crème dubarry merupakan krim sup kembang kol yang terbuat dari campuran kembang kol, mentega, tepung, susu, kaldu, bawang, kuning telur, keju parut, krim, dan rempah-rempah seperti pala. Kuah kentalnya terbuat dari saus béchamel yang terdiri dari tepung, mentega, susu. Kemudian diblender hingga halus.

Proses terakhir, sup lalu dipanaskan kembali dan daun bawang cincang atau paprika di taburkan di atasnya.

5. Purée crécy
5 Ragam Sup Sayur Khas Prancis, Punya Cita Rasa Lezat dan Sehat!

Purée crécy merupakan sup wortel yang cukup terkenal. Sup ini umumnya dikentalkan dengan menggunakan nasi. Lalu bahan tersebut ditambahkan bumbu yang mencakup rempah segar seperti chervil, mint, daun bawang, atau peterseli. Crouton umumnya dihidangkan sebagai hiasan sup.

Purée crécy juga bisa ditambahkan dengan krim bewarna putih di atasnya. Sama halnya seperti wortel, sup ini juga mempunyai warna oranye seperti halnya sayuran tersebut.

Sup sayur khas Prancis ini mempunyai rasa yang autentik dan menggugah selera. Selain nikmat, sup sayur ini juga kaya nutrisi lho!