Lima Pai Manis Khas Eropa yang Bikin Penasaran Cobain

Lima Pai Manis Khas Eropa yang Bikin Penasaran Cobain

Lima Pai Manis Khas Eropa yang Bikin Penasaran Cobain – Pastei atau Pai adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pastei dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar,  kacang, dan lain-lain. Pai menjadi salah satu hidangan yang menjadi favorit banyak orang.

Pastei yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pasteinya. Negara-negara Eropa mempunyai sajian pai manis yang akan memanjakan para lidah penikmatnya. Selain rasanya, keunggulan kue pai ini juga mempunyai visual yang menggoda.

Pai juga diproses dengan berbagai bahan cara. Berikut lima pai manis khas Eropa yang bikin penasaran cobain. Satu potong saja gak bakal cukup, deh.

1. Milopita
5 Pai Manis Khas Eropa yang Menggugah Selera Makan

Milopita adalah pai apel asal Yunani. Pai manis ini sering menjadi hidangan penutup yang populer. Kue ini disiapkan sebagai kue kopi yang mengombinasikan apel berbumbu kayu manis dengan adonan mentega.

Terdapat beberapa bahan pendukung yang membuatnya makin lezat, seperti kenari, berbagai jenis perasa, dan buah-buahan kering. Kue ini biasanya dinikmati bersamaan dengan kopi hangat.

2. Crostata
5 Pai Manis Khas Eropa yang Menggugah Selera Makan

Crostata adalah makanan penutup berasal dari Italia. Pai ini dibuat dengan keju atau krim dan buah dalam kue kering, mirip seperti pai berisi buah. Buah yang sering digunakan dalam pembutannya adalah ceri, beri, aprikot, atau persik.

Nama kue ini berasal dari bahasa Latin crustata” yang berarti kerak. Kue ini mempunyai visual yang indah dengan rasa lezat. Tak ayal membuatnya menjadi favorit banyak orang.

3. Geraardsbergse mattentaart
5 Pai Manis Khas Eropa yang Menggugah Selera Makan

Geraardsbergse mattentaart umumnya menjadi hidangan penutup khas Flanders Timur di Belgia. Pai ini merupakan puff pastry berukuran kecil dengan isian dadih keju dengan rasa almond yang lembut disebut mattenbrij.

Pai manis ini secara tradisional dibuat di Geraardsbergen. Pembuatannya bergantung pada produk susu yang berada di Geraardsbergen itu sendiri. Sebab, mattentaarts asli hanya menggunakan susu segar, mentega, dan buttermilk dari peternakan lokal.

4. Vlaai
5 Pai Manis Khas Eropa yang Menggugah Selera Makan

Vlaai adalah pai manis dari provinsi Limburg, Belanda. Kue ini terdiri dari dasar pai ragi dengan isian custard krim yang atasnya diberi streusel. Kue ini dihidangkan untuk perayaan khusus, seperti ulang tahun dan pernikahan.

Di zaman modern ini, terdapat banyak jenis vlaai yang diberi isian cokelat, puding beras, atau buah-buahan seperti ceri, stroberi, apel, dan pisang. Bisa banget kamu sesuaikan dengan seleramu.

5. Appeltaart
5 Pai Manis Khas Eropa yang Menggugah Selera Makan

Appeltaart merupakan pai apel tradisional dari Belanda. Pai ini dinikmati dengan secangkir kopi panas. Pai dipanggang dalam panci bentuk pegas yang membuatnya lebih dalam, lebih kering di bagian dalam, dan penuh potongan apel dan kismis.

Pai ini juga dipenuhi rempah-rempah berupa speculoo, seperti kayu manis, jus lemon, dan rempah-rempah hangat lainnya. Pai juga makin nikmat pada saat diberi topping berupa krim kocok yang dikenal sebagai appeltaart met slagroom.

Kelima pai di atas mempunyai beragam rasa dan juga visual yang menggoda. Kamu gak perlu pergi ke Eropa dulu untuk mencicipinya. Banyak yang menjualnya di beberapa toko kue. Rasanya dijamin bikin ketagihan, deh!