Lima Olahan Bebek Khas Prancis yang Rasanya Nendang Abis

Lima Olahan Bebek Khas Prancis yang Rasanya Nendang Abis

Lima Olahan Bebek Khas Prancis yang Rasanya Nendang Abis – Bebek atau itik adalah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, Olahan bebek bisa menjadi makanan utama yang sangat nikmat bagi sebagian orang. Bebek dapat digunakan sebagai lauk untuk melengkapi kentang atau nasi.

Bebek kadang-kadang disamakan dengan beberapa burung air yang berhubungan jauh namun mirip dalam penampilan, misalnya loon, grebe, gallinule, dan coot. Nah, Prancis adalah negara yang mempunyai banyak olahan bebek dengan beragam ras yang terjaga keotentikannya.

Olahan bebek ini diubah menjadi sedemikian rupa hingga dapat menjadi menu mahal yang dihidangkan di restoran-restoran mewah. Berikut lima olahan bebek khas Prancis yang rasanya nendang abis!

1. Magret de canard
5 Olahan Bebek Khas Prancis yang Paling Nikmat, Bikin Lidah Bergetar!

Magret de canard merupakan hidangan dada bebek yang mengalami proses pemangganga. Daging ini umumnya dihidangkan dengan cara diiris tipis dan masih sedikit berwarna merah muda di bagian dalamnya. Bebek biasanya dihidangkan dengan berbagai sayuran yang dimasak terlebih dahulu.

Potongan dada umumnya berasal dari bebek mulard, yang merupakan persilangan antara bebek pekin dan bebek muscovy.

2. Civet de canard
5 Olahan Bebek Khas Prancis yang Paling Nikmat, Bikin Lidah Bergetar!

Civet de canard merupakan makanan sejenis sup bebek yang terbuat dari campuran kaki dan dada bebek, bacon, tepung, bawang merah, bawang putih, anggur merah, cuka balsamic, kaldu, wortel, daun salam, dan thyme.

Cara pembuatannya yaitu daging bebek dilapisi tepung dan dicokelatkan. Selanjutnya dicampur dengan bahan lain yang seringkali dalam hidangan casserole.

Setelah saus terbentuk, kemudian wortel ditambahkan ke piring dan campurannya dimasak selama beberapa jam sampai daging menjadi matang sempurna.

3. Confit de canard
5 Olahan Bebek Khas Prancis yang Paling Nikmat, Bikin Lidah Bergetar!

Confit de canard merupakan makanan yang terbuat dari daging bebek yang dipanggang perlahan dengan lemaknya sendiri. Olahan ini umumnya diberi bumbu yang mencakup garam, merica, dan bumbu segar. Selain itu untuk membuatnya kaya rasa, maka ditambahkan dengan rempah-rempah seperti thyme, bawang putih, bawang merah, dan daun salam.

Biasanya, bebek confit dimasak dalam panci tembaga di atas api hingga 24 jam. Hal ini bertujuan supaya lemaknya meresap dan menutupi daging. Setelah dimasak, ketika masih dalam keadaan panas, daging dan lemaknya dituangkan ke dalam stoples dan ditutup rapat supaya dapat disimpan untuk dinikmati nanti.

4. Canard aux cerises
5 Olahan Bebek Khas Prancis yang Paling Nikmat, Bikin Lidah Bergetar!

Canard aux cerises merupakan makanan tradisional yang bahan utamanya adalah bebek dan ceri asam. Bahan pendukung lainnya adalah wortel, bawang, lemak bebek atau bisa diganti dengan lemak babi, white wine, dan bumbu pilihan. Untuk membuatnya makin nikmat, diberi tambahan rempah-rempah aromatik seperti daun salam, peterseli, seledri, dan thyme.

Cara pembuatannya yaitu bebek dicokelatkan dalam lemak bersamaan dengan wortel dan bawang di atas api yang sangat kecil. Kemudian bahan seperti wine, bumbu, dan rempah-rempah ditambahkan ke dalam panci, dan selanjutnya ditambahkan dengan air, sampai bebek terendam sepenuhnya. Hidangan lalu direbus hingga daging menjadi empuk.

Setelah proses itu selesai, bebek dikeluarkan. Sedangkan lemak dan jusnya disaring, lalu dikembalikan ke panci dengan ceri asam.

5. Salade landaise
5 Olahan Bebek Khas Prancis yang Paling Nikmat, Bikin Lidah Bergetar!

Salade landaise merupakan salad tradisional Prancis yang terbuat dari dada bebek, ampela atau confit, daun selada, bacon, tomat ceri, kenari, mentimun, buah zaitun, dan crouton.

Cara pembuatannya yaitu dagingnya dipanggang dan dipotong atau diparut. Kemudian dikombinasikan dengan bahan lainnya dan dibalut dengan campuran mustard, cuka, madu, bawang bombay, minyak zaitun, dan daun bawang.

Secara tradisional potongan bebek diatur di atas salad yang harus dihidangkan segera ketika dagingnya masih dalam keadaan hangat. Terkadang juga ditambahkan dengan potongan telur rebus atau kentang goreng.