Lima Makanan Khas Nusantara yang Dibuat Menggunakan Bambu

Lima Makanan Khas Nusantara yang Dibuat Menggunakan Bambu

Lima Makanan Khas Nusantara yang Dibuat Menggunakan Bambu – Bambu adalah tumbuhan berbunga menahun hijau abadi dari subfamili Bambusoideae yang termasuk famili Poaceae. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Pohon bambu sudah sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia. Bambu bisa dikatakan sebagai pohon seribu guna, karena setiap bagian memiliki manfaat tersendiri.

Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Contohnya adalah bagian batang dari bambu yang tinggi dan kurus. Bagian tersebut ternyata sering kali digunakan sebagai sarana mengolah makanan, lho.

Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam. Nah, Dikutip dari Daftar IDN Poker77 berikut ini ada 5 makanan khas Nusantara yang diolah menggunakan bambu. Apa saja? Yuk, cari tahu!

1. Ayam buluh
5 Makanan Nusantara yang Diolah dengan Bambu, Sudah Tahu?

Ayam buluh adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Manado. Rasa yang khas yang dihasilkan tentunya berasal dari cara pengolahan masakan yang menggunakan bambu.

Hidangan ini terbuat dari potongan ayam yang sudah dilumuri bumbu. Kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang di dalamnya telah dilapisi daun pisang. Setelahnya, olahan tersebut pun dibakar sampai matang.

2. Bebek timbungan
5 Makanan Nusantara yang Diolah dengan Bambu, Sudah Tahu?

Jadi salah satu makanan legendaris, bebek timbungan adalah salah satu hidangan Nusantara khas Bali. Dahulu, makanan ini sering kali menjadi hidangan istimewa bagi keluarga kerajaan.

Kuliner yang satu ini terbuat dari bumbu khas Bali yang disebut basa gede. Proses bebek yang telah diberi bumbu pun menggunakan bambu sebagai media pematangannya.

3. Nasi lemang
5 Makanan Nusantara yang Diolah dengan Bambu, Sudah Tahu?

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Makanan yang banyak disukai karena kelezatannya ini bernama nasi lemang.

Lemang terbuat dari beras dan santan yang kemudian dimasukkan ke batang bambu yang di dalamnya dibungkus dengan daun pisang. Setelahnya, nasi tadi akan dibakar sampai matang. Proses memasak lemang juga terbilang cukup lama, yaitu 2 hingga 3 jam.

4. Nasi jaha
5 Makanan Nusantara yang Diolah dengan Bambu, Sudah Tahu?

Nasi jaha merupakan camilan khas Manado, Sulawesi Utara yang terbuat dari beras ketan yang diberi bumbu berupa jahe. Untuk bumbu jahenya sendiri terbuat dari campuran dari perasan kelapa.

Bumbu tadi dimasukkan ke dalam batang bambu dan dipanggang hingga matang. Metode pembuatan nasi jaha ini sangat sederhana dan unik.

Menurut sejarah orang Minahasa terdahulu, nasi jaha sering dihidangkan pada acara tertentu, baik upacara adat ataupun hari raya keagamaan dan nasional.

5. Kue putu
5 Makanan Nusantara yang Diolah dengan Bambu, Sudah Tahu?

Kue putu merupakan makanan yang identik dengan suara uap yang dihasilkan ketika pedagang lewat. Camilan ini berupa kue yang diberi isian gula merah dan juga taburan kelapa.

Bagi para penggemar kue putu, pasti sudah tak asing lagi dengan cara pembuatannya yang singkat dan menarik. Meskipun kini sudah mulai jarang ditemukan penjualnya, tapi kue putu tetap memiliki tempat di hati para penikmatnya.

Walaupun diolah dengan cara yang unik, tapi rasa yang dihasilkan juga tak kalah lezat, kan? Kalian sudah coba makanan yang mana saja, nih?