Lima Kreasi Cumi Goreng Tepung yang Gurih dan Renyah

Lima Kreasi Cumi Goreng Tepung yang Gurih dan Renyah

Lima Kreasi Cumi Goreng Tepung yang Gurih dan Renyah – Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut. Nama itu ”Cephalopoda” dalam bahasa Yunani berarti “kaki kepala”, hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala. Cumi-cumi menjadi salah satu bahan baku yang sering diolah menjadi masakan sedap.

Seperti semua cephalopoda, cumi-cumi dipisahkan dengan memiliki kepala yang berbeda. Akson besar cumi-cumi ini memiliki diameter 1 mm. Komponen tersebut dapat dimasak dengan cara ditumis, dibakar, sampai digoreng dengan tepung pun bisa.

Rasa cumi sendiri cenderung gurih dan kenyal, bahkan dalam beberapa proses pemasakan yang kurang teliti, dapat menyebabkan daging cumi-cumi terasa lebih alot dan sulit untuk dimakan. Meski begitu, cumi-cumi tetap bisa dinikmati dengan berbagai cara, seperti lima kreasi cumi goreng tepung berikut ini.

1. Cumi goreng bawang putih
5 Kreasi Cumi Goreng Tepung yang Bikin Makanan Tambah Variatif

Cumi goreng tepung enggak melulu hanya bisa dimasak dengan cita rasa gurih, lho. Sebab dengan menambahkan bumbu yang tepat, maka rasa makanan pun akan semakin nikmat sekaligus kaya akan rempah.

Dalam kreasi hidangan kali ini, adonan pelapis bisa dibubuhi memakai merica, garam, bawang putih, peterseli, dan Italian seasoning. Lumuri cumi yang telah dipotong dalam adonan, kemudian goreng sampai matang.

2. Cumi goreng crispy
5 Kreasi Cumi Goreng Tepung yang Bikin Makanan Tambah Variatif

Dalam sajian berikut, cumi goreng menjadi pilihan yang pas dan tepat bagi kamu yang enggan repot menyiapkan adonan. Sebab hanya dengan tepung, baking powder, susu, dan garam, maka bahan pelapis sudah siap digunakan.

Selain itu, pastikan bahwa cumi-cumi sudah dibersihkan dengan baik, sehingga tidak ada bagian tubuh dan tinta yang masih tertinggal. Masukkan cumi dalam adonan tepung, lalu goreng dalam minyak panas.

3. Cumi goreng garam dan lada
5 Kreasi Cumi Goreng Tepung yang Bikin Makanan Tambah Variatif

Salt and pepper atau dikenal juga dengan sebutan garam dan lada, merupakan bumbu dasar dalam beragam masakan yang mampu menciptakan rasa makanan agar lebih gurih dan nikmat. Tak terkecuali cumi goreng tepung.

Lada hitam dan garam bisa ditambahkan dalam adonan tepung yang sudah ditambahi susu, telur, serta sedikit lemon. Setelah itu, gulingkan cumi dalam tepung roti, lalu goreng selama beberapa saat.

4. Cumi goreng dengan saus marinara
5 Kreasi Cumi Goreng Tepung yang Bikin Makanan Tambah Variatif

Dalam berbagai olahan serba goreng, belum lengkap rasanya jika tidak menghadirkan saus untuk mempertajam rasa hidangan. Begitu pun dengan kreasi dari cumi goreng tepung yang satu ini.

Enggak harus memakai saus sambal biasa, sebab kamu pun dapat menggunakan marinara yang kerap kali disandingkan bersama pasta. Walaupun demikian, perpaduan antara dua masakan ini tetap tak akan mengecewakan.

5. Cumi goreng kari
5 Kreasi Cumi Goreng Tepung yang Bikin Makanan Tambah Variatif

Cumi goreng tepung kali ini akan terasa lebih berbumbu, sebab kamu perlu menggunakan tambahan kari ke dalam adonan. Untuk mempermudah pembuatan, kamu bisa memakai jenis curry powder instan.

Selain itu, pastikan bahwa tepung pelapis sudah ditambahi dengan garam, lada, bubuk paprika, bubuk kunyit, serta baking powder. Supaya hasil dari cumi goreng tepung lebih maksimal.

Banyak sekali kreasi cumi goreng tepung yang bisa diolah, sehingga rasa makanan jadi lebih nikmat dan menarik untuk dicicipi. Nah, di antara kelima sajian di atas, mana yang menjadi kesukaanmu?