Lima Jenis Mi Khas Singapura yang Paling Populer

Lima Jenis Mi Khas Singapura yang Paling Populer

Lima Jenis Mi Khas Singapura yang Paling Populer – Mi (atau juga sering ditulis mie) adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah ini juga merujuk kepada mi kering yang harus dimasak kembali dengan dicelupkan dalam air. Selain Tiongkok dan Korea Selatan, hidangan berupa mi cukup populer di Singapura.

Orang Italia, Tionghoa, dan Arab telah mengklaim bangsa mereka sebagai pencipta mi, walaupun tulisan tertua mengenai mi berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Negara ini terkenal dengan aneka ragam mi yang sukses menggoyang lidah.

Selain itu, kreasi mi di negara ini juga bisa menjadi inspirasi menu saat ingin mencoba menu yang tak biasa. Dilansir dari Poker77 IDN Berikut lima jenis mi khas Singapura yang wajib masuk list kulineranmu!

1. Kari Laksa
5 Jenis Mi Khas Singapura yang Wajib Masuk List Kulineranmu!

Laksa adalah makanan berjenis mi yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu.

Mi jenis ini merupakan variasi laksi paling favorit di Singapura, di mana sering disebut hanya sebagai laksa. Hidangan ini terbuat dari kari dan santan yang membentuk saus manis dan pedas yang tidak biasa. Meski sangat mirip dengan kari, kuah untuk laksa biasanya lebih encer, namun tetap memiliki rasa yang kuat.

2. Beef Kway Teow
5 Jenis Mi Khas Singapura yang Wajib Masuk List Kulineranmu!

Kwetiau sapi adalah hidangan kwetiau yang ditumis dengan campuran daging sapi dan terkadang juga ditambahi jeroan sapi (urat/tendon, hati, babat). Untuk menyiapkan makanan ini, bihun yang lebar dan rata digoreng dan ditaburi irisan daging sapi. Hidangan ini selanjutnya dapat dihidangkan dalam versi kering atau dengan berkuah.

Jika mi berkuah maka supnya akan diperkaya dengan lengkuas. Sedangkan untuk versi keringnya, maka akan dibumbui dengan cabai, kecap, dan minyak wijen.

3. Hokkien Mee
5 Jenis Mi Khas Singapura yang Wajib Masuk List Kulineranmu!

Mi hokkien merupakan makanan yang berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang aslinya adalah hidangan Tionghoa. Umumnya, hidangan ini terdiri dari mi telur dan mie nasi yang digoreng dengan telur, irisan daging babi. Saat mi digoreng, semua bahan dilapisi dengan kaldu beraroma yang terbuat dari udang, babi, dan jenis makanan laut lainnya.

Mi juga ditambahkan dengan kue ikan, cumi-cumi, daun bawang, lemak babi, dan daun bawang untuk memperkaya rasa. Sementara itu, mi juga memerlukan saus sambal dan jeruk nipis yang biasanya disajikan sebagai pelengkap.

4. Satay Bee Hoon
5 Jenis Mi Khas Singapura yang Wajib Masuk List Kulineranmu!

Sate bee hoon adalah hidangan yang diciptakan oleh warga Singapura karena perpaduan budaya antara Melayu atau Jawa dengan orang-orang Teochew yang berimigrasi ke Singapura.

Bahan pembuatan saus adalah kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk. Kemudian kacang tersebut dicampur dengan cabai kering, rempah-rempah, bawang putih, bawang merah, serai, kemiri, lengkuas, air asam jawa, dan terasi.

5. Sup Kepiting Bee Hoon
5 Jenis Mi Khas Singapura yang Wajib Masuk List Kulineranmu!

Sup kepiting bee hoon merupakan mi yang terdiri dari mi bee hoon atau bihun beras dan daging kepiting lezat. Bahan-bahan tersebut kemudian dibasahi dengan kaldu aromatik yang lembut. Dalam pembuatan kaldunya memerlukan kaldu ayam, mentega, susu evaporasi, jahe, bawang putih, lada putih, minyak wijen, saus ikan atau saus tiram, dan sedikit saus tiram. Kaldu juga ditambahkan dengan anggur beras Cina, brendi, atau XO Cognac.

Sayuran berdaun seperti baby bok choy atau chye sim, daun bawang, dan daun ketumbar juga ditambahkan ke dalam mi.

Jika berkunjung ke Singapura, sempatkanlah untuk mencicipi berbagai varian minya. Mi asal negara ini sukses bikin ngiler kan?