Inilah Varian Hidangan Nikmat Olahan Kentang Khas Skotlandia

Inilah Varian Hidangan Nikmat Olahan Kentang Khas Skotlandia

Inilah Varian Hidangan Nikmat Olahan Kentang Khas Skotlandia – Masakan Skotlandia mencakup gaya memasak, tradisi, dan resep yang terkait dengan Skotlandia. Ini memiliki atribut dan resep khasnya sendiri, tetapi juga berbagi banyak dengan masakan Inggris dan Eropa yang lebih luas sebagai akibat dari pengaruh lokal, regional, dan kontinental — baik kuno maupun modern.

Makanan alami Skotlandia yang terdiri dari sayuran, buah, gandum, ikan dan makanan laut lainnya, produk susu, dan permainan adalah faktor utama dalam masakan tradisional Skotlandia, dengan ketergantungan tinggi pada kesederhanaan dan bumbu minimal, tanpa rempah-rempah langka dan mahal yang ditemukan di luar negeri.

Skotlandia merupakan negara di benua Eropa yang berdampingan dengan IDN Poker777 United Kingdom. Kuliner di negara ini cukup terkenal karena banyaknya produk keju yang diproduksi dan bahan segar lainnya seperti salmon. Namun, bukan hanya bahan-bahan tersebut, kentang juga kerap diolah menjadi berbagai hidangan lezat lho di Skotlandia.

1. Neeps and Tatties
5 Hidangan Olahan Kentang Khas Skotlandia, Menu Simpel dan Nikmat!

Neeps and tatties merupakan hidangan simpel dimana kentang yang telah direbus akan ditumbuk bersama jenis lobak yang disebut swede. Setelah halus, kentang akan dibumbui dengan garam, merica, dan pala.

Neeps and tatties juga sering dijadikan side dish untuk menikmati makanan nasional Skotlandia bernama haggis. Haggis merupakan makanan yang terbuat dari jeroan kambing.

2. Rumbledethumps
5 Hidangan Olahan Kentang Khas Skotlandia, Menu Simpel dan Nikmat!

Cara membuat rumbledethumps cukup rumit namun bahan yang digunakan sangat sederhana. Kentang sebagai bahan utama hanya perlu direbus dan ditumbuk. Lalu kubis dan bawang bombai diiris tipis untuk ditumis bersama dengan kentang.

Setelah matang, tumisan tadi dipanggang sampai berwarna cokelat dan ditambahkan keju sebagai topping. Rumbledethumps juga punya versi berbeda di beberapa daerah di Skotlandia yang disebut kailkenny. 

3. Potato Scone
5 Hidangan Olahan Kentang Khas Skotlandia, Menu Simpel dan Nikmat!

Salah satu menu breakfast paling digemari di Skotlandia yaitu potato scone yang berupa roti yang terbuat dari kentang, tepung, dan mentega yang sering dinikmati bersama dengan selai, potongan sosis, bacon atau telur goreng.

Potato scone disantap selagi hangat. Roti ini juga bisa disimpan dan dibakar atau dipanaskan saat akan dikonsumsi kembali.

4. Clapshot
5 Hidangan Olahan Kentang Khas Skotlandia, Menu Simpel dan Nikmat!

Clapshot bisa digolongkan sebagai side dish karena sering disantap bersama dengan hidangan berbahan daging seperti haggis. Makanan ini erbuat dari kentang tumbuk, kucai, lobak dan bawang bombai yang dicampur dengan susu dan mentega.

Clapshot merupakan versi neeps and tatties tingkat rumit dan sering dikonsumsi bersama kue gandum atau sosis.

5. Stovies
5 Hidangan Olahan Kentang Khas Skotlandia, Menu Simpel dan Nikmat!

Stovies atau stove tatties adalah jenis rebusan kentang yang memiliki dua versi. Versi pertama adalah yang hanya menggunakan kentang, wortel, dan bawang bombai. Sementara versi kedua menambahkan daging seperti kambing dan sapi.

Cara membuatnya cukup mudah karena hanya mencampurkan bahan bersama dan dimasak hingga matang. Stovies biasanya disajikan bersama dengan kue gandum dan susu.

Skotlandia, dengan iklim sedang dan kelimpahan spesies hewan buruan asli, telah menyediakan banyak sekali makanan bagi penduduknya selama ribuan tahun. Kekayaan makanan laut yang tersedia di dalam dan di luar pantai menyediakan makanan bagi para pemukim paling awal. Pertanian diperkenalkan, dengan gandum primitif dengan cepat menjadi makanan pokok. 

Dari pekerja harian sampai ke pelosok terendah , daging adalah komoditas yang mahal, dan akan jarang dikonsumsi. Untuk eselon bawah Skotlandia abad pertengahan, itu adalah produk dari hewan mereka daripada binatang itu sendiri yang menyediakan makanan.