Inilah Tips Bakso Ayam Mantul Bertekstur Kenyal & Anti Gagal

Inilah Tips Bakso Ayam Mantul Bertekstur Kenyal & Anti Gagal

Inilah Tips Bakso Ayam Mantul Bertekstur Kenyal & Anti Gagal – Bakso atau  baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur lalu ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso ayam yang kenyal dengan rasa yang lezat selalu menjadi dambaan bagi para penggemarnya.

Untuk menciptakan hal itu, beberapa oknum jahat menggunakan boraks untuk membuat bakso mereka menjadi lebih kenyal. Jika kamu ingin membuat bakso di rumah, berikut ada 5 tips agar bakso ayam buatanmu menjadi kenyal dan anti-gagal yang tentunya dengan rasa yang lebih lezat.

1. Blender hingga lengket agar tekstur bakso lebih bagus
Wajib Coba, Ini 5 Tips Membuat Bakso Ayam Agar Lebih Kenyal dan Lezat

Pastikan untuk mem-blender ayam hingga lengket agar daging ayam dapat mengikat air lebih banyak. Hal itu dilakukan untuk menghasilkan tekstur bakso yang lebih bagus, meski tidak menggunakan banyak terigu.

Caranya dengan memasukkan ayam dan bumbu ke dalam food processor atau blender hingga lengket, setelah itu masukkan bawang putih dan haluskan kembali hingga halus dan lengket.

2. Gunakan baking powder agar bakso menjadi lebih kenyal
Wajib Coba, Ini 5 Tips Membuat Bakso Ayam Agar Lebih Kenyal dan Lezat

Sifat basa pada baking powder akan bantu membuat bakso menjadi lebih kenyal. Cara melakukannya yaitu dengan menambahkan baking powder setelah mem-blender ayam dengan bumbu hingga menjadi lengket.

Tambahkan baking powder, putih telur, tepung tapioka, dan bawang goreng, aduk kembali menggunakan blender. Tambahkan air es sedikit demi sedikit dan aduk hingga tercampur rata.

3. Buat minyak bawang sebagai perisa kuah agar lebih lezat
Wajib Coba, Ini 5 Tips Membuat Bakso Ayam Agar Lebih Kenyal dan Lezat

Untuk menambah rasa yang lebih lezat, kamu bisa membuat minyak ayam bawang agar kuah bakso menjadi lebih lezat, gurih, dan nikmat. Kamu bisa membuatnya dari kulit ayam, bawang putih, bawang merah, dan air.

Masak dengan api kecil-sedang agar bawangnya tidak cepat gosong. Selain itu, tambahkan siraman minyak panas ke dalam cabai agar aromanya lebih kuat dan wangi.

4. Masukkan bakso yang sudah tercetak ke air panas
Wajib Coba, Ini 5 Tips Membuat Bakso Ayam Agar Lebih Kenyal dan Lezat

Saat bakso selesai dicetak, masukkan bakso ke air panas agar bentuknya tidak berubah. Pertama-tama, kamu bisa memasak air terlebih dahulu hingga mendidih, lalu kecilkan api untuk menaruh bakso yang sudah selesai dicetak.

5. Rebus bakso di api kecil
Wajib Coba, Ini 5 Tips Membuat Bakso Ayam Agar Lebih Kenyal dan Lezat

Setelah semua selesai dicetak, jangan memasak bakso menggunakan air mendidih. Hal tersebut agar bentuk bakso tidak pecah dan berujung gagal. Pastikan untuk memasaknya di api yang kecil hingga semua bakso matang.

Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau capcai.

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah ‘bakso’ berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging giling’. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa.

Bakso berasal dari Tiongkok tetapi berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso Tiongkok biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnanya agak kecokelatan serta bentuknya tidak bulat sekali.