Inilah Resep Cumi Kecap Pedas Spesial Untuk Menu Harian

Inilah Resep Cumi Kecap Pedas Spesial Untuk Menu Harian

Inilah Resep Cumi Kecap Pedas Spesial Untuk Menu Harian – Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut. Nama itu ”Cephalopoda” dalam bahasa Yunani berarti “kaki kepala”, hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala. Seperti semua cephalopoda, cumi-cumi dipisahkan dengan memiliki kepala yang berbeda.

Akson besar cumi-cumi ini memiliki diameter 1 mm. Cumi-cumi banyak digunakan sebagai makanan. Cumi-cumi adalah salah satu hewan dalam golongan invertebrata (tidak bertulang belakang). Salah satu jenis cumi-cumi laut dalam, ”Heteroteuthis”, adalah yang memiliki kemampuan memancarkan cahaya.  Organ yang mengeluarkan cahaya itu terletak pada ujung suatu juluran panjang yang menonjol di depan. Hal ini dikarenakan peristiwa luminasi yang terjadi pada cumi-cumi jenis ini.

Heteroteuthis menyemprotkan sejumlah besar cairan bercahaya apabila dirinya Daftar IDN Poker77 merasa  terganggu, proses ini sama seperti pada halnya cumi-cumi biasa yang menyemprotkan tinta. Salah satu seafood yang banyak digemari adalah cumi. Cumi bisa diolah menjadi berbagai macam tumisan, salah satunya cumi kecap pedas. Sensasi pedas dan manisnya menyatu sempurna. Bikin makan semakin lahap, apalagi kalau disantap dengan nasi hangat.

1. Bahan-bahan yang diperlukan
Resep Cumi Kecap Pedas, Olahan Seafood yang Spesial untuk Menu Harian 

Bahan-bahan:

  • 500 gram cumi
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 4 siung bawang merah, iris
  • cabai rawit secukupnya, iris
  • 2 cm jahe, iris
  • 4 lembar daun jeruk
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt penyedap rasa
  • minyak secukupnya
  • air secukupnya
2. Bersihkan cumi, lalu potong-potong
Resep Cumi Kecap Pedas, Olahan Seafood yang Spesial untuk Menu Harian 

Bersihkan cumi, keluarkan duri bagian dalam dan tinta hitamnya. Setelah bersih, potong-potong cumi sesuai selera, lalu sisihkan.

3. Tumis bumbunya
Resep Cumi Kecap Pedas, Olahan Seafood yang Spesial untuk Menu Harian 

Selanjutnya, panaskan minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, dan jahe hingga layu. Tambahkan cabai rawit dan daun jeruk, masak hingga layu.

4. Masukkan bahan-bahan lainnya
Resep Cumi Kecap Pedas, Olahan Seafood yang Spesial untuk Menu Harian 

Masukkan cumi, masak hingga berubah warna. Beri garam, gula pasir, dan penyedap rasa, aduk merata. Masukkan sedikit air, kemudian tutup wajan, ungkep selama 15 menit.

5. Masak cumi kecap pedas hingga matang
Resep Cumi Kecap Pedas, Olahan Seafood yang Spesial untuk Menu Harian 

Setelah itu, aduk merata, lalu masukkan kecap manis. Masak hingga bumbu meresap dan cumi matang. Setelah matang, angkat dan pindahkan cumi kecap pedas ke dalam piring saji.

Pada umumnya cumi-cumi biasa berukuran sekitar 5,1 cm, tetapi ada jenis cumi-cumi Architeuthis princeps atau cumi-cumi raksasa berukuran hingga lebih dari 15 m. Cumi-cumi raksasa ini sering ditemukan terdampar di sepanjang pantai Newfoundland.

Sedangkan cumi-cumi yang biasa dikonsumsi oleh manusia adalah jenis Loligo Pealei dan tersebar di perairan Laut Tengah, Asia Timur, serta sepanjang pantai timur Amerika Utara. Ada yang hidup di dekat dengan permukaan air, ada pula yang hidup di tempat yang dalam sekali atau palung laut. Ada pula jenis cumi-cumi terbang, Ommastrephes bartrami, yang dapat dibandingkan dengan ikan terbang.