Inilah Lima Keju Khas Polandia yang Paling Populer

Inilah Lima Keju Khas Polandia yang Paling Populer

Inilah Lima Keju Khas Polandia yang Paling Populer – Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Polandia menjadi salah satu produsen keju yang terkenal di benua Eropa.

Hal yang menjadi ciri khas keju asal Polandia adalah pembuatannya yang sangat menarik, karena melalui berbagai proses mulai dari penggorengan hingga pangapasan. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet.

Keju khas Polandia juga dibuat dengan menggunakan resep ratusan tahun untuk menjaga kualitas rasanya. Di samping itu, Dilansir dari Poker77 IDN produk keju asal Polandia dikenal dengan harganya yang sangat terjangkau. Berikut 5 keju khas Polandia yang paling populer dan patut untuk dicoba.

1. Wielkopolski se smazony
5 Keju Khas Polandia yang Paling Terkenal, Tekstur dan Rasanya Unik!

Wielkopolski ser smazony termasuk salah satu jenis keju paling unik karena prosesnya yang melalui tahap penggorengan. Keju ini berasal dari wilayah Wielkopolska Voivodship yang telah ada sejak abad ke-1.

Keju ini dibuat oleh masyarakat lokal dengan menggunakan resep tradisional. Sedangkan cara menggoreng keju ini harus menggunakan mentega berkualitas dengan teknik khusus.

Dari segi tekstur dan rasa, wielkopolski ser smazony memiliki tekstur yang padat serta elastis. Sedangkan kualitas dari keju ini terletak pada cara menggorengnya dan kesegaran bahan saat proses pembuatan.

2. Bryndza podhalanska
5 Keju Khas Polandia yang Paling Terkenal, Tekstur dan Rasanya Unik!

Bryndza Podhalańska adalah varietas Polandia dari keju lunak Bryndza, dari wilayah Podhale, terbuat dari susu domba. Ini memiliki indikasi geografis di bawah hukum UE, dengan status PDO.

Bryndza podhalanska terbuat dari campuran antara susu domba dan sapi yang memiliki takaran khusus, di mana susu sapi tidak boleh melebihi 40 persen. Sedangkan susu sapi yang digunakan merupakan sapi ras polska krowa czerwona.

Keju ini sangat dikenal dengan kelezatannya yang memiliki perpaduan rasa asin dan asam. Teksturnya yang sangat lembut membuat bryndza podhalanska cocok dioleskan di atas roti.

3. Golka
5 Keju Khas Polandia yang Paling Terkenal, Tekstur dan Rasanya Unik!

Gołka adalah keju dari Polandia yang mirip dengan oscypek / oštiepok, tetapi dibuat dengan susu dari sapi. Gołka juga memiliki bentuk yang berbeda; itu silinder, sementara oscypek meruncing di kedua ujungnya.

Dari segi penampilan, keju ini dikenal dengan tampilan luarnya yang sangat menarik karena mempunyai motif ukiran yang tampak dekoratif.

Sebelum diasapi, golka memiliki warna kuning dan kemudian berubah kecoklatan setelah melalui tahap pengasapan. Teksturnya yang lunak serta rasa smoky yang khas membuat masyarakat Polandia sering menikmatinya bersama roti dan manisan buah.

4. Radamer
5 Keju Khas Polandia yang Paling Terkenal, Tekstur dan Rasanya Unik!

Keju asal Polandia sangat dikenal dengan tekstur padat dan rasanya yang tajam. Akan tetapi, rademer merupakan keju pertama khas Polandia yang memiliki banyak lubang berukuran besar di sekitarnya.

Keju ini diproduksi oleh perusahaan susu terkemuka, yaitu Domplek Dairy. Radamer terbuat dari susu sapi yang hidup di daerah Polesie.

Radamer mempunyai cita rasa manis dan dijual dengan berbagai ukuran, mulai dari bulat, balok, hingga irisan. Kepopuleran dari radamer membuatnya banyak meraih penghargaan di berbagai kompetisi keju internasional.

5. Oscypek
5 Keju Khas Polandia yang Paling Terkenal, Tekstur dan Rasanya Unik!

Oscypek, jarang disebut Oszczypek, adalah keju asap yang terbuat dari susu domba asin secara eksklusif di wilayah Pegunungan Tatra di Polandia. Oscypek dibuat oleh seorang ahli bernama “baca”, sebuah istilah yang juga menunjukkan penggembala domba di pegunungan.

Sama dengan jenis keju golka, oscypek juga dibuat melalui proses pengasapan dan memiliki ukiran pada bagian luarnya yang terlihat artistik.

Resep dari keju ini diyakini telah ada sejak abad ke-14 dan diwariskan secara turun temurun. Sedangkan untuk rasa, keju oscypek didominasi dengan rasa asin dan asam.

Nah, itulah 5 produk keju khas Polandia yang paling terkenal. Dengan tekstur dan cita rasa yang berbeda-beda, kelima keju di atas dapat digunakan untuk membuat berbagai macam hidangan yang lezat.