Inilah Hidangan Lezat Berbahan Daging Khas Siprus Eropa

Inilah Hidangan Lezat Berbahan Daging Khas Siprus Eropa

Inilah Hidangan Lezat Berbahan Daging Khas Siprus Eropa – Republik Siprus adalah sebuah negara pulau di Laut Tengah bagian timur, ±113 km di sebelah selatan Turki dan 120 km di sebelah barat Suriah. Ibu kotanya adalah Lefkosia (Nikosia).

Kota penting lainnya adalah Lemesos (Limassol), Larnaca, Paphos, Ammochostos (Famagusta), dan Kyrenia. Siprus adalah salah satu negara yang terkenal akan kekayaan kuliner yang dimilikinya. Beragam makanan bisa dicicipi di negara ini, mulai dari appetizer, hidangan utama, dessert, hingga camilan.

Salah satu makanan yang menjadi favorit penduduk lokal dan menjadi buruan para turis adalah olahan daging dari Login Poker Online negara ini. Berbagai macam makanan berbahan daging dapat dinikmati. Makanan tersebut sukses menggoyang lidah dan juga membuat ketagihan sekali coba.

1. Afelia
5 Hidangan Berbahan Daging Khas Siprus yang Lezatnya Menggoda!

Afelia merupakan makanan yang menjadikan olahan daging babi sebagai bahan utamanya. Makanan ini secara tradisional disiapkan dalam wadah gerabah tradisional yang disebut tava. Hidangan tersebut diletakkan ke dalam oven tanah liat untuk dimasak perlahan hingga matang.

Untuk tambahan bahan lainnya juga membutuhkan anggur merah kering yang berfungsi untuk melunakkan daging dan juga biji ketumbar yang dihancurkan. Makanan ini bisa dijadikan lauk yang lezat dan tetap enak jika dimakan langsung.

2. Souvla
5 Hidangan Berbahan Daging Khas Siprus yang Lezatnya Menggoda!

Souvla mirip dengan sate yang merupakan hidangan khas dari Indonesia. Souvla merupakan sajian barbeku ala Siprus yang terbuat dari daging yang dibumbui dan diasinkan. Daging ini bisa berupa daging domba, babi, atau ayam.

Daging diletakkan di atas tusuk sate panjang dan dipanggang perlahan di atas api terbuka. Proses pengasinan membuat dagingnya bertekstur sangat empuk dan memberikan rasa yang semakin lezat.

3. Tsamarella
5 Hidangan Berbahan Daging Khas Siprus yang Lezatnya Menggoda!

Tsamarella merupakan hidangan tradisional yang menjadi salah satu makanan yang digunakan sebagai menu utama untuk makan siang di Siprus. Makanan ini terbuat dari daging kambing yang terutama mengambil bagian bulat dan betis depan.

Daging dipotong-potong besar yang dibilah dengan pisau dan diasinkan. Selanjutnya, potongan daging asin tadi ditekan dan dibiarkan semalaman untuk menyerap air garam. Keesokan harinya, daging akan dijemur di bawah sinar matahari selama 5 hingga 10 hari yang bergantung pada cuaca.

4. Lountza
5 Hidangan Berbahan Daging Khas Siprus yang Lezatnya Menggoda!

Lountza merupakan tenderloin babi asap yang diasinkan dengan menggunakan anggur. Olahan daging ini menjadi salah satu makanan lokal paling terkenal di negara ini.

Saat ini, hidangan tersebut umumnya dinikmati dengan cara digoreng atau dipanggang. Makanan ini biasanya dihidangkan sebagai menu sarapan yang menggoyang lidah. Lountza juga bisa dijadikan isian sandwich bersama sayuran-sayuran segar.

5. Sheftalia
5 Hidangan Berbahan Daging Khas Siprus yang Lezatnya Menggoda!

Sheftalia merupakan sejenis sosis tradisional Siprus yang memerlukan bahan-bahan, seperti campuran daging babi dan domba cincang, bawang merah cincang, dan peterseli yang dibungkus dengan lemak caul. Lemak caul adalah selaput lemak tipis yang melapisi perut sapi, domba, dan babi dalam pembuatannya. Bahan-bahan tersebut dibumbui dengan menggunakan garam, merica, dan kayu manis. Selanjutnya dibentuk menjadi sosis kecil yang dibakar.

Selama periode abad pertengahan, di bawah raja-raja Prancis Lusignan di Siprus, bentuk santapan yang rumit dikembangkan, memadukan bentuk Prancis, Bizantium, dan Timur Tengah. Raja-raja Lusignan dikenal karena mengimpor koki Suriah ke Siprus, dan telah disarankan bahwa salah satu rute utama untuk mengimpor resep Timur Tengah ke Prancis dan negara-negara Eropa Barat lainnya, seperti blancmange, adalah melalui Kerajaan Lusignan Siprus.

Resep-resep ini dikenal di Barat sebagai Vyands de Chypre,atau Foods of Cyprus, dan sejarawan makanan William Woys Weaver telah mengidentifikasi lebih dari seratus di antaranya dalam buku-buku resep Inggris, Prancis, Italia dan Jerman pada Abad Pertengahan. Salah satu yang menjadi sangat populer di seluruh Eropa pada periode abad pertengahan dan awal modern adalah sup yang dibuat dengan ayam atau ikan yang disebut malmonia, yang dalam bahasa Inggris menjadi mawmeny.