Inilah Hidangan Khas Kraków yang Kelezatannya Buat Lupa Diri

Inilah Hidangan Khas Kraków yang Kelezatannya Buat Lupa Diri

Inilah Hidangan Khas Kraków yang Kelezatannya Buat Lupa Diri – Krakow memiliki banyak restoran bagus. Tapi ada hidangan yang paling enak dinikmati di jalanan atau di perjalanan. Seperti hidangan tradisional dari wilayah Lesser Poland: irisan daging babi yang disajikan di atas roti gulung dan diolesi dengan saus yang kaya.

Kraków merupakan salah satu wilayah yang berada di Polandia. Selain terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya, kota ini juga mempunyai keragaman kuliner yang akan membuat lidah bergoyang.

Kuliner yang disajikan tak hanya makanan utama, namun juga camilan yang akan membuat siapa pun ketagihan. Berikut lima hidangan khas Kraków yang kelezatannya bikin lupa diri.

1. Bigos
5 Hidangan Khas Kraków yang Paling Populer, Bikin Lidah Senang! 

Bigos merupakan rebusan yang juga dapat dijadikan sup. Makanan ini juga dapat menggunakan daging apa pun. Biasanya hidangan ini paling sering menggunakan daging babi. Sedangkan bahan-bahan lainnya adalah sauerkraut, kentang, bacon, dan kielbasa.

Walaupun hidangan ini terlihat sederhana dalam persiapan dan bahan, namun proses pembuatannya memakan waktu cukup lama, karena hidangan ini secara tradisional direbus selama berjam-jam hingga semua rasa dari bahan-bahan tersebut tercampur sempurna.

2. Gulasz
5 Hidangan Khas Kraków yang Paling Populer, Bikin Lidah Senang! 

Gulasz merupakan variasi tradisional Polandia dari gulai Hungaria yang populer. Makanan ini dibuat dengan daging sapi atau babi yang direbus perlahan. Kemudian rebusan ditambahkan dengan bawang dalam kaldu yang kaya akan bumbu paprika.

Makanan ini sering dilengkapi dengan berbagai sayuran dan bumbu untuk membuatnya makin lezat. Hidangan ini mempunyai aroma yang sedap dan juga mempunyai tekstur yang sangat kental. Umumnya, makanan ini dihidangkan bersamaan dengan roti, nasi, atau pasta.

3. Placki ziemniaczane
5 Hidangan Khas Kraków yang Paling Populer, Bikin Lidah Senang! 

Placki ziemniaczane merupakan pancake yang bahan utamanya adalah kentang. Makanan ini sangat mudah ditemukan di tempat makan yang tersebar di Polandia.

Makanan ini dibuat dengan kombinasi parutan kentang dan bawang bombay. Lalu bahan ini dicampur dengan telur dan terkadang tepung, yang selanjutnya membentuk dasar hidangan.

Untuk memperkuat rasa, bahan-bahan seperti bawang putih yang dihancurkan atau rempah-rempah seperti marjoram, peterseli, dan daun bawang dapat pula ditambahkan. Lalu biasanya digoreng dengan minyak yang dangkal.

4. Zapiekanka
5 Hidangan Khas Kraków yang Paling Populer, Bikin Lidah Senang! 

Zapiekanka merupakan makanan siap saji yang menjadi favorit banyak penduduk Polandia. Sandwich ini dibuat dengan potongan baguette putih polos memanjang. Kemudian di atasnya diberi tumpukan keju parut yang berlimpah dan kemudian dipanggang.

Makanan ini menjadi salah satu camilan yang paling digemari. Di zaman modern ini, makanan ini sering ditambahkan dengan beragam bahan, seperti daging, bacon, dan sosis. Versi lainnya juga sering menambahkan keju feta, zaitun, dan nanas.

5. Flaki
5 Hidangan Khas Kraków yang Paling Populer, Bikin Lidah Senang! 

Flaki merupakan sup babat tradisional yang umumnya dihidangkan selama pernikahan di Polandia. Sup ini biasanya dimakan bersama dengan roti gulung segar di sampingnya.

Untuk menambah rasa, maka sup sering ditambahkan dengan daging asap. Kemudian juga diberi bumbu tambahan seperti merica, jahe, atau pala.

Sup ini mempunyai rasa yang nikmat dan paling enak saat dikonsumsi dalam keadaan yang panas. Jika menambahkan bakso ke dalam sup, maka makanan ini kemudian dikenal sebagai flaki po warszawsku.

Kelima hidangan di atas tentu dapat kalian coba saat berada di Kraków. Liburan makin sempurna dengan menikmati hidangannya yang terkenal lezat. Lonely Planet Local Amy Hornsby telah tinggal di Kraków selama dua tahun, di mana ia menghabiskan waktunya dengan menyerap pesona dunia lama Eropa Timur dan menikmati kecepatan hidup romantis yang lambat.

Belajar lebih banyak tentang Kraków melalui museum dan galeri, memanjakan diri dengan makanan dan vodka yang luar biasa, menikmati festival sastra dan toko buku yang nyaman, dan menemukan bar ruang bawah tanah baru membantu menjaga kota ini menjadi tempat yang segar dan menyenangkan untuk hidup.