Fakta Acar Lobak Kuning Sebagai Pendamping Hidangan Korea

Fakta Acar Lobak Kuning Sebagai Pendamping Hidangan Korea

Fakta Acar Lobak Kuning Sebagai Pendamping Hidangan Korea – Kalau Anda perhatikan masakan-masakan Korea yang sering tampil di drama, biasanya penyajiannya disertai banchan atau pendamping. Salah satunya adalah danmuji. Danmuji adalah acar lobak kuning yang juga dikenal di Jepang dengan nama takuan. Biasanya disajikan sebagai pendamping jjajangmyeon.

Danmuji dibuat dari irisan tipis lobak yang sudah difermentasikan. Warna kuningnya didapat dari buah gardenia yang di negeri ginseng disebut chija. Berikut ini Merdeka.com sajikan cara membuat danmuji untuk Anda. Jika kesulitan mencari chija, Anda bisa menggantinya dengan kunyit.

Hidangan pendamping dikenal dengan nama banchan di Korea Selatan. Sajian ini umumnya disajikan menggunakan wadah berupa cawan kecil. Jenisnya Login Poker Online pun beragam berdasarkan bahan baku maupun cita rasanya. Adalah danmuji, salah satu banchan yang kerap melengkapi makanan utama di negeri ginseng tersebut. Berikut ulasannya!

1. Danmuji alias acar lobak kuning (yellow pickled radish) menggunakan lobak sebagai bahan utama
5 Fakta Danmuji, Acar Lobak Kuning Khas Hidangan Korea

Danmuji alias acar lobak kuning khas Korea ini disebut sebagai yellow pickled radish sebagai penamaan internasionalnya. Selain itu, danmuji juga dikenal di Jepang dengan sebutan takuan. Sesuai namanya, “acar lobak kuning”, danmuji memang menggunakan lobak sebagai bahan utama.

2. Danmuji memiliki tampilan khas berupa warna kuning yang berasal dari penggunaan chija
5 Fakta Danmuji, Acar Lobak Kuning Khas Hidangan Korea

Lebih lanjut, lobak lantas diiris tipis lalu difermentasi. Tampilannya saat dihidangkan akan berwarna kuning. Alih-alih menggunakan pewarna sintesis, proses pengolahan danmuji justru memanfaatkan pewarna alami. Tepatnya, warna kuning tersebut berasal dari penggunaan buah gardenia yang dikenal dengan nama chija di Korea Selatan.

3. Danmuji menawarkan paduan cita rasa yang cukup kaya yakni manis, asam, dan segar
5 Fakta Danmuji, Acar Lobak Kuning Khas Hidangan Korea

Cita rasa yang disuguhkan oleh danmuji terbilang cukup kaya. Ada rasa manis namun juga asam yang dibalut dalam sensasi segar. Untuk tampilannya, danmuji identik dengan warna kuning. Teksturnya tipis namun renyah.

4. Danmuji kerap dijadikan pendamping bagi hidangan yang cenderung berlemak (berminyak)
5 Fakta Danmuji, Acar Lobak Kuning Khas Hidangan Korea

Oleh sebab cita rasa tersebut, danmuji pun kerap dijadikan pendamping untuk makanan yang cenderung berminyak ataupun berlemak. Salah satu contoh yang paling umum adalah jjangmyeon. Selain itu, hidangan seperti sup pun turut sedap disantap bersama danmuji.

5. Danmuji tak hanya dibuat di rumah tapi telah tersedia di mini market dalam versi kemasan
5 Fakta Danmuji, Acar Lobak Kuning Khas Hidangan Korea

Selain dibuat sendiri di rumah, danmuji juga telah tersedia dalam bentuk komersil alias versi kemasan yang instan. Hidangan pendamping yang satu ini dapat ditemukan di mini market. Danmuji tersebut ada yang berbentuk membulat dan ada pula yang memanjang.

Wah, tak hanya menu utama yang menggoyang lidah. Pasalnya, banchan alias hidangan pendamping rupanya turut bersumbangsih membuat hidangan utama menjadi lebih menggugah selera.