Enam Sup Seafood di Dunia yang Bikin Jatuh Hati Sekali Coba

Enam Sup Seafood di Dunia yang Bikin Jatuh Hati Sekali Coba

Enam Sup Seafood di Dunia yang Bikin Jatuh Hati Sekali Coba – Sup atau sop (bentuk tidak baku) adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan  bahan bisa berupa daging atau ayam untuk membuat kuah kaldu, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa. Sup seafood dapat menjadi hidangan yang lezat dan kaya nutrisi bagi pencinta makanan laut.

Bahan yang terdiri dari daging, sayur, atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari. Perebusan bukan merupakan suatu cara masak yang umum sampai penciptaan wadah tahan air sekitar 5.000 tahun yang lalu. Terdapat beberapa negara di dunia ini yang mempunyai beragam olahan sup seafood yang sukses bikin lidah bergoyang.

Tak hanya lezat, sup juga mempunyai aroma yang berhasil bikin perut seketika keroncongan. Berikut enam sup di dunia yang bikin jatuh hati sekali coba.

1. Rybí polévka
6 Ragam Sup Seafood Populer di Dunia yang Bikin Lidah Senang

Rybí polévka merupakan sup ikan yang berasal dari Republik Ceko.

Sup yang umumnya dihidangkan sebagai bagian dari makan malam Natal ini dibuat dengan ikan mas, berbagai sayuran akar, dan rempah-rempah yang berbeda. Namun terdapat beberapa versi yang juga menggunakan white wine, krim, atau telur ikan.

Sup ikan yang gurih ini umumnya dimasak dengan menggunakan kepala, tulang, dan jeroan ikan mas. Sementara itu, badannya digoreng dan disantap sebagai hidangan utama.

Rybí polévka sering disajikan dengan peterseli segar dalam jumlah banyak sebagai hiasan sup.

2. Ukha
6 Ragam Sup Seafood Populer di Dunia yang Bikin Lidah Senang

Ukha merupakan sup lezat yang menjadi makanan khas Rusia. Makanan ini terbuat dari kaldu yang diisi dengan bumbu, sayuran akar, dan ikan seperti salmon, kod, hinggap, dan trout. Sup ini seringkali menambahkan sedikit vodka ke dalam panci ketika sup mendidih.

Walaupun sup ini berasal dari kaldu sederhana, namun ukha telah berkembang menjadi hidangan yang populer selama abad ke-16 dan ke-17.

3. Bisque
6 Ragam Sup Seafood Populer di Dunia yang Bikin Lidah Senang

Bisque merupakan sup seafood yang berasal dari Prancis. Sup ini identik dengan teksturnya yang kental, lembut, dan kaya akan rasa. Bahan pembuatannya antara lain krim, makanan laut, cognac atau wine, dan campuran rempah-rempah. Tak sedikit pula penikmatnya menambahkan sayuran seperti brokoli.

Bisque biasanya mempunyai warna oranye yang menggoda dan umumnya menggunakan udang dan daun peterseli sebagai hiasan.

4. Açorda de marisco
6 Ragam Sup Seafood Populer di Dunia yang Bikin Lidah Senang

Açorda de marisco merupakan makanan sejenis sup roti kering yang berasal dari Portugal. Sup ini terbuat dari kombinasi roti yang ditumbuk lalu dibumbui dengan menggunakan minyak zaitun, bawang tumis, dan ketumbar. Açorda de marisco juga menambahkan berbagai kerang dan udang.

Untuk menambah rasa, maka telur ditambahkan terakhir dan dicampur dengan dasar roti. Setelah semua proses selesai, sup lalu didekorasi dengan udang bercangkang dan daun ketumbar.

Açorda de marisco paling nikmat saat disajikan dalam keadaan hangat.

5. Ciorbă de peşte
6 Ragam Sup Seafood Populer di Dunia yang Bikin Lidah Senang

Ciorbă de peşte merupakan makanan yang berasal dari Rumania. Sup ini mempunyai rasa yang asam yang terbuat dari sayuran, nasi, ikan segar, dan bor. Ikan ini dapat menggunakan sea bass, bream, halibut, carp, crucian, lele, grey mullet, atau luce. Kemudian ikan direbus dengan segenggam nasi dan sayuran seperti bawang, wortel, kentang, dan irisan tebal akar seledri.

Untuk memperlezat sup ini, maka perlu untuk dibumbui dengan bahan-bahan seperti borş, peterseli, dan lovage.

Ciorbă de peşte paling nikmat saat dihidangkan dalam keadaan panas.

6. Caldo de camarón
6 Ragam Sup Seafood Populer di Dunia yang Bikin Lidah Senang

Caldo de camarón merupakan sup yang berasal dari Meksiko. Sup ini terdiri dari potongan-potongan lembut udang, labu siam, dan wortel dalam kaldu yang terbuat dari cabai dan tomat rebus. Karena ketenarannya, membuat sup ini dapat dengan mudah ditemukan di seluruh Meksiko.

Caldo de camarón biasanya menggunakan alpukat cincang sebagai hiasannya dan terdapat tambahan perasan air jeruk nipis untuk membuat sup makin segar.