Enam Street Food yang Wajib Kamu Cobain Saat ke Turki

Enam Street Food yang Wajib Kamu Cobain Saat ke Turki

Enam Street Food yang Wajib Kamu Cobain Saat ke Turki – Republik Turki adalah sebuah negara di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung  Anatolia di Asia  Barat Daya hingga daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki merupakan salah satu negara yang terkenal dengan beberapa tempat destinasi wisatanya.

Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara; Bulgaria di sebelah barat laut; Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat; Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; Irak dan Suriah di tenggara; dan Laut Mediterania di sebelah selatan. Selain itu, Turki juga terkenal dengan berbagai macam hidangannya yang kaya dengan rempah.

Setiap tahunnya, banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang mengunjungi Turki hanya untuk menikmati hidangannya yang nikmat. Yuk, kenalan dulu dengan enam street food yang wajib kamu cobain saat ke Turki berikut ini.

1. Simit
6 Street Food Khas Turki yang Wajib Dicoba, Pasti Cocok di Lidah

Roti mungkin adalah makanan yang cocok dijadikan sebagai sarapan ketika berlibur ke Turki. Simit merupakan roti khas Turki yang berbentuk bulat seperti donat dengan taburan biji wijen di atasnya.

Roti dengan cita rasa yang gurih ini biasanya disantap bersamaan dengan secangkir teh, atau sebagai camilan pada sore hari.

2. Dondurma
6 Street Food Khas Turki yang Wajib Dicoba, Pasti Cocok di Lidah

Jika kamu penggemar berat es krim, mungkin kamu bisa mencoba dondurma. Dondurma sendiri adalah es krim khas dari Turki yang disajikan ke dalam cone dan sangat terkenal dengan atraksi dari penjualnya.

Es krim ini berbeda dari kebanyakan es krim yang ada. Selain dibuat dari bahan dasar susu kambing, es krim ini memiliki rasa yang umum seperti kebanyakan es krim dan punya tekstur yang kenyal dan elastis.

3. Lahmacun
6 Street Food Khas Turki yang Wajib Dicoba, Pasti Cocok di Lidah

Lahmacun merupakan street food terkenal yang dapat dengan mudah ditemukan di kios jalanan hingga restoran tradisional yang ada di Turki.

Lahmacun merupakan roti bundar tipis dengan topping daging cincang dan rempah – rempah khas Turki. Sering juga disebut pizza Turki karena cara memasaknya juga di panggang seperti pizza Italia

4. Kumpir
6 Street Food Khas Turki yang Wajib Dicoba, Pasti Cocok di Lidah

Jika kamu bosan dengan olahan berbahan dasar roti, kamu bisa mencoba salah satu street food Turki yang menggunakan olahan kentang. Makanan ini bisa kamu temukan di berbagai sudut kota Istanbul.

Kumpir merupakan makanan pokok dengan bahan dasar kentang yang dipanggang hingga matang lalu di belah menjadi dua dan diberi berbagai macam topping seperti keju, mayones, mentega, salad, dan sosis.

5. Tantuni
6 Street Food Khas Turki yang Wajib Dicoba, Pasti Cocok di Lidah

Buat kamu yang pecinta makanan pedas, kamu bisa cobain salah satu street food khas Turki yang bisa kamu temui dengan mudah di kota Istanbul.

Tantuni merupakan street food yang memiliki bentuk menyerupai kebab. Menggunakan tortila atau roti sebagai pembungkus dengan isian daging sapi, tomat, selada dan beberapa rempah. Tantuni biasanya disajikan dalam dua rasa, yaitu pedas dan tidak pedas.

6. Kokorec
6 Street Food Khas Turki yang Wajib Dicoba, Pasti Cocok di Lidah

Terakhir ada kokorec. Hidangan tradisional asal Turki ini juga populer di negara lain, salah satunya adalah Yunani. Menggunakan bahan dasar usus domba dan digulung pada tusukan sate hingga menyerupai sosis dan di panggang hingga matang.

Hidangan ini biasanya digunakan sebagai isian pada roti dengan tambahan paprika, oregano, dan paprika.

Selain yang sudah disebutkan di atas, tentu masih ada banyak lagi street food Turki yang wajib banget kamu cobain ketika berlibur kesana. Pastinya bikin dietmu gagal, deh.