Enam Hidangan Berkuah Santan Khas KalSel yang Sehat

Enam Hidangan Berkuah Santan Khas KalSel yang Sehat

Enam Hidangan Berkuah Santan Khas KalSel yang Sehat – Makanan adalah zat yang dimakan oleh makhluk hidup untuk mendapatkan nutrisi yang kemudian diolah menjadi energi. Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral merupakan nutrien dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bicara tentang makanan khas Kalimantan Selatan gak bakal ada habisnya, deh. Mulai dari soto banjar sampai bingka jadi menu makanan favorit dan populer, bahkan di daerah lain di Indonesia.

Makanan yang dikonsumsi oleh manusia disebut pangan, sedangkan makanan yang dikonsumsi oleh hewan disebut pakan. Berkat wilayah yang dikelilingi oleh sungai dan budaya lain yang masuk, olahan makanan di Kalimantan Selatan pun punya pengaruh dari Melayu, Tionghoa, hingga Arab.

Makanan berkuah santan juga lauk ikan hampir ada di semua hidangan. Variasi hidangan berkuah khas Kalimantan Selatan pun memiliki perbedaan dari segi bahan hingga pengolahannya.

Bagi kamu pecinta makanan berkuah terutama santan, Dikutip dari link open card idn yuk cari tahu 6 makanan berkuah santan khas Kalimantan Selatan di bawah ini!

1. Ketupat kandangan
6 Makanan Berkuah Santan Khas Kalimantan Selatan, Lezat dan Bergizi!

Ketupat Kandangan merupakan kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras.

Hidangan ini paling enak dinikmati langsung dengan tangan atau di daerah setempat disebut bekacak. Masyarakat setempat biasanya juga menikmati ketupat kandangan dengan sambal buah binjai. Rasanya yang pedas dan asam sangat sedap jika dicampur ke kuah santannya.

2. Gangan asam banjar
6 Makanan Berkuah Santan Khas Kalimantan Selatan, Lezat dan Bergizi!

Gangan Asam Banjar adalah salah satu sayur khas Kalimantan Selatan. Untuk membuat sayuran harus menggunakan ikan patin, ada juga yang menggunakan Ikan Haruan atau Ikan Gabus yang banyak ditemui di sungai-sungai Kalimantan Selatan.

Selain ikan, sayur asam ini juga terdiri dari bahan pelengkap lain, seperti kacang panjang dan kol. Gangan asam sangat cocok dinikmati di siang hari dengan nasi panas dan sambal raja. Dijamin bikin segar kembali.

3. Laksa khas banjar
6 Makanan Berkuah Santan Khas Kalimantan Selatan, Lezat dan Bergizi!

Laksa adalah salah satu kuliner nusantara yang terpengaruh dari budaya Tionghoa dan Melayu. Tidak hanya di Kalimantan Selatan, hidangan ini juga dapat ditemukan di beberapa daerah lain di Indonesia, seperti Tangerang, Bogor, Palembang, hingga Jepara.

Laksa sendiri adalah mi yang terbuat dari tepung beras lalu dicetak dengan piping bag. Kemudian dikukus dan disajikan dengan disiram kuah santan dan daging ikan haruan yang sudah dihancurkan khas Banjar. Laksa pun siap dihidangkan dengan taburan bawang goreng di atasnya.

4. Lontong orari
6 Makanan Berkuah Santan Khas Kalimantan Selatan, Lezat dan Bergizi!

Lontong orari adalah salah satu makanan khas Banjarmasin yang cocok buat menu sarapan maupun makan siang. Penamaan orari sendiri merujuk kepada Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) yang sering dijadikan tempat berkumpulnya pemuda.

Hal yang menjadi ciri khas dari makanan ini adalah lontongnya berbentuk segitiga pipih dan teksturnya yang kenyal.

Lontong orari biasa dinikmati dengan ikan haruan goreng, telur, atau ayam. Rasanya yang dominan gurih dan manis karena bumbu merah khas Banjar.

5. Gangan humbut
6 Makanan Berkuah Santan Khas Kalimantan Selatan, Lezat dan Bergizi!

Gangan humbut adalah makanan yang sering disajikan sebagai menu wajib jika ada hajatan/acara perkawinan/upacara kematian. Gangan humbut merupakan sayur tradisional kalimantan yang memiliki cita rasa yang manis. Makanan ini juga merupakan makanan yang biasa dijual pada bulan Ramadan untuk hidangan berbuka puasa.

Makanan ini biasanya juga dikreasikan dengan iga sapi, waluh (labu kuning), jagung, dan kacang panjang. Berbeda dengan menu berkuah setempat yang rata-rata dikombinasikan dengan ikan sehingga rasanya lebih dominan gurih, gangan humbut bercita rasa manis.

6. Iwak karing betanak
6 Makanan Berkuah Santan Khas Kalimantan Selatan, Lezat dan Bergizi!

Hidangan khas Kalimantan Selatan selanjutnya, yaitu iwak karing betanak. Salah satu bahan dasar dari hidangan ini adalah ikan asin menangin dan telur (biasanya telur bebek).

Ikan asin menangin digunakan karena dagingnya yang tebal sehingga lebih sedap dimasak berkuah. Namun, diperlukan ekstra waktu 2 hingga 3 jam untuk merendamnya sebelum dimasak agar lebih empuk.

Saat memasak iwak karing betanak usahakan tidak diaduk setelah mendidih agar telur tidak pecah. Selain itu, karena sudah menggunakan ikan asin, kamu hanya perlu memasukkan sedikit garam ke dalam masakan.

Meskipun semua menu di atas punya bahan-bahan yang mengandung banyak gizi, tetap saja jangan mengonsumsi santan berlebihan, ya. Buat menu makan siang besok, mana duluan yang ingin kamu coba?