Deretan Makanan Berkuah Khas Manado yang Pasti Kamu Sukai

Deretan Makanan Berkuah Khas Manado yang Pasti Kamu Sukai

Deretan Makanan Berkuah Khas Manado yang Pasti Kamu Sukai – Masakan Manado atau Masakan Minahasa adalah tradisi memasak orang Minahasa di Sulawesi Utara. Meskipun dikenal sebagai Masakan Manado, beberapa kota di Sulawesi Utara yaitu Bitung, Tomohon dan Tondano juga dikenal sebagai pusat kuliner Minahasa.

Masakan Manado juga dikenal karena memiliki variasi di makanan laut (seafood), jumlah cabai yang banyak, daging eksotis, dan kue-kue dengan pengaruh Eropa. Masakan Manado yang populer adalah: tinutuan (juga dikenal sebagai bubur manado), cakalang fufu, mi cakalang, paniki (daging kelelawar), ayam atau aneka makanan laut yang dibumbui rempah-rempah rica-rica atau woku, ayam tuturuga, and brenebon.

Makanan Manado terkenal akan cita rasa yang pedas, gurih, dan kaya rasa rempah. Tak heran kalau banyak IDN Poker777 restoran menjual makanan khas Manado di mana-mana. Berbagai jenis hidangan khas Manado seperti ikan bakar, segala jenis hidangan gorengan, woku hingga berkuah, sangat layak untuk dicoba.

1. Ikan Kuah Asam
Lezat dan Gurih, 5 Rekomendasi Makanan Berkuah Khas Manado

Dilihat dari namanya, kita sudah bisa menerka dong bagaimana rasa dari olahan kuliner ini. Seperti namanya, Ikan Kuah Asam adalah hidangan ikan yang diberikan rempah bercita rasa segar dan asam. Namun, rasa asam dari hidangan ini sangat pas bersanding dengan rasa pedasnya, sehingga memberikan rasa segar yang nikmat.

Meskipun kuahnya bening, namun Ikan Kuah Asam tidak menghilangkan cita rasa khas Manado yaitu rasa pedas. Rasa pedasnya bisa kita atur sesuai dengan selera kita. Namun jika kamu mencoba hidangan Ikan Kuah Asam di restoran Manado, biasanya akan disajikan cita rasa Ikan Kuah Asam yang sangat pedas.

2. Ayam Tuturuga
Lezat dan Gurih, 5 Rekomendasi Makanan Berkuah Khas Manado

Ayam Tuturaga cukup mirip dengan opor ayam, hanya saja rempah yang digunakan lumayan berbeda. Ayam Tuturuga biasanya disajikan dengan kuah santan serta campuran perasan jeruk nipis yang segar dan cabai merah.

Memberikan rasa pedas asam yang sangat menyegarkan, Ayam Tuturaga sangat nikmat disantap dengan nasi hangat, tanpa perlu sambal tambahan lagi. Ngiler banget, kan?

3. Sup Brenebon
Lezat dan Gurih, 5 Rekomendasi Makanan Berkuah Khas Manado

Hidangan satu ini tentu tak asing lagi di telinga. Sup brenebon menjadi salah satu hidangan andalan khas Manado, yang biasanya dimakan sebagai pendamping makanan utama, maupun sebagai makanan utama itu sendiri.

Hidangan ini merupakan kuliner dengan warisan Belanda  yang kental, yang dimodifikasi dengan bahan dan rempah Indonesia khususnya Manado. Biasanya Sup Brenebon dicampur dengan daging sapi, babi, ayam, dan daging yang disesuaikan dengan selera masing-masing.

4. Sayur Ganemo
Lezat dan Gurih, 5 Rekomendasi Makanan Berkuah Khas Manado

Manado juga punya hidangan sayuran yang lezat, salah satunya adalah Sayur Ganemo. Sayur Ganemo terdiri campuran dari daun melinjo, bunga pepaya, serta labu kuning. Walaupun terdapat bunga pepaya yang pahit, namun cita rasa pahit tersebut hilang dengan adanya bumbu khusus.

Hidangan ini termasuk kuliner klasik, yang sudah ada sejak zaman dahulu. Saat ini, Sayur Ganemo dapat ditemukan di beberapa warung makan di Manado. Dengan cita rasa yang melegenda, membuat Sayur Ganemo sangat wajib dicicipi ketika mengunjungi Kota Manado.

5. Mie Cakalang
Lezat dan Gurih, 5 Rekomendasi Makanan Berkuah Khas Manado

Kalau ditanya kuliner khas Manado, pastinya banyak yang akan menjawab Ikan Cakalang. Tak hanya biasa disajikan dengan nasi, ikan Cakalang juga sangat lezat dicampur dengan olahan Mie dengan campuran kuah yang kaya bumbu.

Sesuai dengan namanya, kita sudah bisa membayangkan bentuk dari hidangan yang satu ini. Mie Cakalang mungkin jarang ketahui di luar Manado. Mie Cakalang adalah sebuah olahan mie, yang disajikan bersama dengan ikan cakalang. Hidangan ini diberikan bumbu yang diracik dengan cita rasa khas Manado, sehingga menciptakan rasa yang istimewa.

Meskipun tidak sepopuler Masakan Padang, Masakan Jawa dan Masakan Sunda, ada peningkatan kesadaran akan masakan Manado di kancah masakan Indonesia. Sejumlah restoran Manado tumbuh di kota-kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya dan Makassar.