Berikut Tips Membuat Dimsum Favorite Sendiri di Rumah

Berikut Tips Membuat Dimsum Favorite Sendiri di Rumah

Berikut Tips Membuat Dimsum Favorite Sendiri di Rumah – Dimsum  adalah istilah dari bahasa Kantonis dan artinya adalah “makanan kecil”. Biasanya dim sum dimakan sebagai sarapan atau sarsi. Namun karena dimsum populer ke dunia dari Hongkong maka istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin.

Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan makanan bersama teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh yang disebut yamcha. Dimsum kini menjadi salah satu makanan favorit di berbagai kalangan.

Siapa nih di antara kamu yang suka juga dengan makanan yang satu ini? Di masa pandemi ini, tentu sangat menyenangkan jika kamu bisa Login IDN Poker77 membuat  dimsum di rumah. Tidak hanya irit, dengan membuatnya di rumah, kamu bisa menentukan banyak porsi yang bisa kamu makan atau disimpan untuk nanti.

1. Tambahkan potongan ayam dan udang agar dimsum lebih bertekstur6 Tips Bikin Dimsum Enak dan Cantik, Dijamin Berhasil untuk Pemula

Agar dimsum memiliki tekstur yang lebih lezat, kamu bisa menambahkan potongan daging kecil pada adonan daging. Ada cara khusus untuk menciptakan dimsum dengan rasa yang lebih lembut dan ringan pada potongan daging tersebut.

Kamu bisa marinasi daging ayam dan udang menggunakan baking powder, gula, dan garam. Masukkan daging ayam dan udang yang sudah dipotong kecil, tambahkan baking powder, garam, dan gula. Aduk dan diamkan sebentar.

2. Setelah marinasi, bilas daging ayam dan udang
6 Tips Bikin Dimsum Enak dan Cantik, Dijamin Berhasil untuk Pemula

Setelah daging melalui proses marinasi, kamu bisa membilasnya dengan air. Keringkan daging dengan ditekan-tekan pada saringan. Hal tersebut guna membuat protein daging larut dalam air sehingga lebih lembut.

Setelah itu, kamu bisa tambahkan pada adonan daging isian dimsum yang sudah digiling halus.

3. Tambahkan jamur pada adonan dimsum agar semakin lezat dan premium
6 Tips Bikin Dimsum Enak dan Cantik, Dijamin Berhasil untuk Pemula

Untuk memperoleh rasa yang khas restoran, kamu juga bisa tambahkan jamur pada isian dimsum. Potong kecil-kecil jamur shitake dan daun bawang, lalu tumis hingga kecoklatan. Diamkan beberapa saat.

Setelah dingin, kamu bisa masukkan pada adonan isian dimsum. Hindari memasukkan jamur dalam keadaan panas karena hal tersebut akan berpengaruh pada tekstur adonan.

Pastikan juga banyaknya jamur yang dimasukkan. Jika adonan terasa berat, kamu bisa tambahkan air sedikit pada adonan.

4. Marinasi adonan agar bumbu meresap
6 Tips Bikin Dimsum Enak dan Cantik, Dijamin Berhasil untuk Pemula

Setelah membuat adonan daging untuk isian dimsum, sebenarnya dimsum sudah bisa langsung dicetak. Namun, agar bumbu lebih meresap merata pada adonan daging, kamu bisa marinasi adonan tersebut selama 30 menit.

5. Gunakan jari membentuk O untuk membuat dimsum
6 Tips Bikin Dimsum Enak dan Cantik, Dijamin Berhasil untuk Pemula

Agar dimsum memiliki ukuran yang sama dan cantik, gunakanlah tangan untuk mencetaknya secara manual. Kamu bisa membentuk huruf O dengan tangan, letakkan kulit dimsum atau nori di atasnya.

Setelah itu, tekan 1 ½ sdm isian dimsum hingga masuk ke dalam, lalu rapikan hingga simetris.

6. Oleskan minyak pada wadah kukus6 Tips Bikin Dimsum Enak dan Cantik, Dijamin Berhasil untuk Pemula

Setelah mencetak adonan dimsum, lanjut pada proses mengukus agar dimsum matang. Jangan lupa untuk oleskan wadah kukusan dengan minyak agar dimsum tidak lengket. Hal tersebut juga agar dimsum berbentuk cantik saat diangkat.

Meskipun kelihatannya sepele, tapi menyantap dim sum juga ada aturannya. Jangan asal lahap, perhatikan juga jenis, cara makan hingga teh pendampingnya.

Karena ukurannya yang kecil dan bentuknya beragam, banyak orang kalap saat menikmati dim sum. Semakin menarik bentuk dim sum maka akan disantap duluan, padahal dim sum akan lebih nikmat kalau dimakan secara berurutan sesuai jenisnya.