Berikut Sate Hits di Yogyakarta yang Wajib Kamu Cobain

Berikut Sate Hits di Yogyakarta yang Wajib Kamu Cobain

Berikut Sate Hits di Yogyakarta yang Wajib Kamu Cobain – Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Berada di Yogyakarta, ada banyak sekali ragam kuliner yang dijajakan di sana, salah satunya adalah sate.

Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain. Kuliner yang mudah ditemukan saat malam hari ini memang merupakan hidangan yang cukup populer di Indonesia, begitu pula di Yogyakarta.

Bahkan ada beberapa sate yang kenikmatannya sudah melegenda. Aroma bakaran dari potongan daging yang ditusuk dan diberi bumbu ini selalu memanggil-manggil untuk datang mencicipi. Berikut sate hits di Yogyakarta yang wajib kamu cobain, catat, ya!

1. Sate Bangde 
5 Rekomendasi Sate Hits di Yogyakarta, Bumbunya Meresap!

Sate Bangde menempati area sebuah foodcourt. Fasilitasnya lengkap. Ada Wi-Fi, colokan di meja, wastafel, toilet, dan area makan yang luas. Beberapa tempat lesehan dilengkapi dengan bean bag. Lahan parkirnya juga luas memanjang. Tempat wisata kuliner dengan ciri khas bumbu merah ini memang belum lama dibuka, tapi sudah ramai pembeli.

Potongan daging satenya besar-besar. Bumbu satenya juga benar-benar meresap karena sudah dimarinasi berjam-jam dan dicelup ke dalam bumbu merahnya berkali-kali. Tipikal satenya ada rasa pedas, manis, dan gurih. Seporsi sate ini isinya ada 5 tusuk. Yang suka sate kulit, ada menu khusus yang satenya itu full kulit. Gigitan sate kulit ini terasa kenyal. Uniknya lagi, makan sate di sini dipadukan dengan kuah. Pilihan kuahnya ada dua macam, kaldu dan signature. Buat yang mager bisa pesan online, ya.

Alamat: Jalan Wahid Hasyim Nomor 135, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 16.00-22.00 WIB

Harga: mulai dari Rp20 ribu

2. Sate klatak Pak Pong 
5 Rekomendasi Sate Hits di Yogyakarta, Bumbunya Meresap!

Di Yogyakarta bagian Selatan, ada warung sate klatak terkenal, namanya Sate Klatak Pak Pong. Disebut sate klatak karena proses pemanggangan dagingnya hanya menggunakan garam saja, jadi saat dibakar menimbulkan suara klatak-klatak. Penggunaan jeruji besi sebagai tusuk sate dianggap sebagai penghantar panas yang baik. Walaupun tempatnya sudah diperluas, namun tetap harus sabar antri, karena menunggunya lumayan lama.

Di samping itu, cita rasa bumbu kacangnya kental dan gurih membuat makan menjadi semakin nikmat. Selain sate klatak di sini juga ada tongseng, gulai, tengkleng, dan sandung lamur.

Alamat: Jalan Imogiri Timur Bantul Km 10, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-23.00 WIB

Harga: mulai dari Rp24 ribu

3. Sate Maranggi Sari Makmur 3 khas Cipanas
5 Rekomendasi Sate Hits di Yogyakarta, Bumbunya Meresap!

Sate Maranggi adalah salah satu kuliner yang berasal dari Jawa Barat, khususnya Purwakarta. Sate maranggi merupakan salah satu makanan yang disukai para pejabat dan artis. Bahkan sate ini juga pernah disajikan oleh Presiden Jokowi kepada investor dari Korea. Yang bikin keren lagi, kuliner sate maranggi ini masuk ke dalam 8 jajanan terenak versi CNN 2019, lho! Hebat, bukan?

Sate Maranggi Sari Makmur 3 khas Cipanas ini menggunakan resep yang sudah turun temurun. Dagingnya sebelum dibakar, direndam dulu dengan bumbu rempah khas selama 8 jam. Jadi pasti bumbunya meresap banget! Apalagi saat dibakar, wangi rempahnya sangat kuat. Tekstur dagingnya lembut, juicy, dan tasty.

Sangat nikmat disantap dengan sambal oncomnya yang spesial banget. Pedasnya menggigit lidah, bikin pengen nambah nasi. Sate maranggi biasa dimakan dengan uli bakar dan nasi liwet. Untuk menyegarkan tenggorokan ada cendol, susu, kelapa muda jeruk, es kopi susu, teh, dan jeruk.

Alamat: Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 106, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-20.00 WIB

Harga: mulai dari Rp10 ribu

4. Sate Ayam Tukangan Pak Amat 
5 Rekomendasi Sate Hits di Yogyakarta, Bumbunya Meresap!

Sate ayam di Jalan Tukangan ini lokasinya ada di emperan toko dan hanya ada gerobak sate. Tapi jangan disepelekan, sate ayam ini ramai banget pembelinya. Antriannya mengular di sepanjang trotoar demi menikmati seporsi sate ayam Pak Amat. Saking ramainya, buka hanya dalam hitungan 3 jam saja, sudah langsung ludes satenya. Mantap, kan?

Sate ayam ini dimasak dengan tingkat kematangan yang pas, jadi daging ayamnya gak terasa alot ataupun lembek. Tekstur luarnya juga tidak terlalu gosong, pas berpadu dengan dagingnya yang juicy. Makin nikmat lagi kalo dicocol dengan bumbu kacangnya yang super mantap. Bumbu kacang ini pekat, manisnya tidak berlebihan dan cenderung gurih. Bila suka, tinggal menambahkan potongan bawang merah segar dan sambal.

Alamat: Jalan Tukangan Nomor 39, Tegal Panggung, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 17.00-21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp20 ribu

5. Sate Ratu 
5 Rekomendasi Sate Hits di Yogyakarta, Bumbunya Meresap!

Sate Ratu didirikan pada tahun 2016. Kedai sate ini telah banyak meraih penghargaan, salah satunya adalah trip advisor travellers’ choice award 2020. Hidangan Sate Ratu terkenal hingga ke mancanegara. Hingga kini, Sate Ratu sudah dikunjungi wisatawan dari 85 negara. Sate Ratu di Jalan Sidomukti ini tempatnya nyaman dan luas. Ada area indoor dan outdoorBest seller di sini tentu saja sate bumbu merah. Potongan daging ayam besar yang dilumuri bumbu rempah spesial memang menggugah selera dengan warnanya yang merah merona.

Bagi pencinta ceker, ceker tugelnya wajib dicoba, deh. Cekernya spesial karena dimasak selama 13 jam, lho. Sebelumnya telah dimarinasi dengan bumbu dan sambal khas Jawa. Rasanya eksotis, pedas, dan lumer di mulut.

Alamat: Jalan Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: pukul 11.00-21.00 WIB (minggu libur)

Harga: mulai dari Rp25 ribu

Sajian sate terbilang sederhana, tapi di tangan orang yang ahli, hidangan ini menjadi sangat nikmat. Dagingnya yang lembut, berpadu dengan gurihnya bumbu yang meresap, membuat kelezatan sate banyak disukai pula oleh wisatawan mancanegara. Sate pun juga bisa menjadi pilihan ketika lapar di malam hari.