Berikut Olahan Ayam yang Gak Kalah Enak Dari Ayam Geprek

Berikut Olahan Ayam yang Gak Kalah Enak Dari Ayam Geprek

Berikut Olahan Ayam yang Gak Kalah Enak Dari Ayam Geprek – Daging ayam  didapatkan dari ayam ternak yaitu unggas yang paling banyak diternak di dunia. Karena relatif mudah dipelihara dan biaya pemeliharaan yang rendah dibandingkan dengan hewan seperti sapi atau babi, ayam telah menjadi bahan yang sangat lazim pada berbagai hidangan.

Ayam dapat disiapkan dengan berbagai cara, termasuk memanggang,  membakar, mengasapi, menggoreng, dan merebus. Sejak paruh kedua abad ke-20, ayam olahan telah menjadi makanan pokok makanan cepat saji. Ayam terkadang disebut-sebut lebih menyehatkan daripada daging merah, dengan konsentrasi kolesterol dan lemak jenuh yang lebih rendah. 

Menjamurnya gerai ayam geprek hampir di berbagai daerah Indonesia, melambungkan nama Daftar IDN Poker77 kuliner ayam khas Indonesia yang identik bercita rasa pedas ini. Sampai-sampai, tak ada pilihan olahan ayam Nusantara lainnya selain ayam geprek.

1. Ayam kodok
Meski Sama Lezatnya, 5 Kuliner Ayam yang Tak Setenar Ayam Geprek

Kuliner ayam lokal yang ini sering disajikan masyarakat Indonesia, khususnya yang berdomisili di Solo atau Semarang sebagai hidangan utama saat Natal.

Namanya terbilang unik, karena disesuaikan dengan bentuknya yang menyerupai kodok. Ayam kodok sendiri berbentuk seperti ayam utuh yang diisi dengan daging cincang serta telur.

Teksturnya amatlah lembut. Ayam kodok disajikan layaknya steak yang menyuguhkan beragam sayuran rebus dan goreng seperti kentang, wortel, daun selada, buncis, dan lainnya yang diberi pelengkap saus.

2. Ayam goreng sasando
Meski Sama Lezatnya, 5 Kuliner Ayam yang Tak Setenar Ayam Geprek

Bila diperhatikan sekilas, ayam goreng sasando layaknya ayam goreng pada umumnya. Tapi, ayam nan lezat ini punya ciri khas di mana proses terakhirnya digoreng bersama saus yang menyertakan santan dalam pembuatannya.

Ayam goreng sasando juga terbilang empuk saat dikunyah. Ditambah bumbunya juga cukup meresap ke setiap lapisan daging, bikin kamu gak sabar buat nambah nasi lagi.

3. Ayam tuturuga
Meski Sama Lezatnya, 5 Kuliner Ayam yang Tak Setenar Ayam Geprek

Berwarna kuning menyala yang membangkitkan selera makan, ayam tuturuga merupakan kuliner lokal asal Manado. Kuliner ini ditumis bersama bumbu yang identik kunyit serta bersantan.

Bercita rasa pedas dan gurih, ayam tuturuga identik sekali diolah bersama daun kemangi sehingga memengaruhi rasa, aroma, serta penampilannya.

4. Ayam goreng kalasan
Meski Sama Lezatnya, 5 Kuliner Ayam yang Tak Setenar Ayam Geprek

Berasal dari Kalasan yang merupakan wilayah di Yogyakarta, ayam goreng ini punya rasa unik dan cukup berbeda. Sebelum digoreng, ayam dibumbu bacem terlebih dahulu hingga empuk.

Ayam goreng kalasan menyuguhkan rasa gurih bercampur manis yang enak banget jika dipertemukan dengan nasi putih hangat dan sambal.

5. Ayam napinadar
Meski Sama Lezatnya, 5 Kuliner Ayam yang Tak Setenar Ayam Geprek

Kuliner ayam asal Medan ini cukup bertekstur pada bagian luarnya dan lembut di dalam. Karena usai ayam matang dipanggang, dimasak kembali bersama bumbu yang telah ditumis kemudian dicampur dengan kelapa parut sangrai.

Perpaduan rasa rempah terutama andaliman terasa sekali di lidah. Apalagi bertemu dengan gurihnya santan, bikin lidah jadi speechless, terutama jika kamu baru pertama kalinya menikmati ayam napinadar.

Industri peternakan unggas yang bertanggung jawab atas produksi ayam memiliki berbagai bentuk di berbagai belahan dunia. Di negara maju, peternakan ayam biasanya menggunakan metode pertanian intensif sementara daerah yang kurang berkembang memelihara ayam menggunakan teknik pertanian yang lebih tradisional. Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan ada 19 miliar ayam di Bumi saat ini, membuat mereka melebihi jumlah manusia dalam rasio lebih dari 2:1.