Berikut Lima Ragam Selai Khas Eropa Tengah yang Super Nikmat

Berikut Lima Ragam Selai Khas Eropa Tengah yang Super Nikmat

Berikut Lima Ragam Selai Khas Eropa Tengah yang Super Nikmat – Selai atau selei adalah salah satu jenis makanan awetan berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Selai biasanya dibuat olesan untuk makanan yang berupa roti atau pun kue.

Selai tidak dimakan begitu saja, melainkan untuk dioleskan di atas roti tawar atau sebagai isi roti manis. Negara-negara di Eropa Tengah ternyata memiliki beberapa makanan khas yang bisa menjadi selai untuk beragam makanan.

Makanan tak hanya menjadi selai, namun juga sebagian bisa menjadi camilan dan juga dikombinasikan dengan acar atau bawang. Selai juga tak hanya memiliki rasa yang manis, namun juga gurih. Berikut lima ragam selai khas Eropa Tengah yang super nikmat.

1. Lekvár
5 Ragam Selai Khas Eropa Tengah yang Bikin Lidah Terpikat 

Lekvár merupakan selai asal Hongaria yang sangat kental. Selai ini dibuat dengan buah-buahan seperti aprikot, ceri, dan plum. Secara tradisional, selai buah ini dihidangkan pada saat musim gugur, ketika buah sudah cukup matang untuk diubah menjadi selai.

Selai umumnya dibuat di rumah dan selanjutnya disimpan dalam toples kedap udara. Selai ini terkenal sebagai isian untuk pancake tradisional Hongaria yang disebut palacsinta. Selai juga dapat dioleskan di atas sepotong roti dan dihidangkan sebagai camilan sore atau camilan manis.

2. Filet Americain
5 Ragam Selai Khas Eropa Tengah yang Bikin Lidah Terpikat 

Filet americain merupakan selai yang terbuat dari daging sapi mentah. Selai terkenal ini menggunakan daging yang telah dicincang dalam penggiling daging. Bahannya hanya memakai potongan daging sapi tanpa lemak dan premium.

Karena dagingnya dihidangkan mentah, maka dagingnya harus sesegar mungkin. Ketika daging mengalami proses penggilingan, umumnya diberi bumbu yang diperkaya dengan bawang bombay, caper, mustard, mayones, telur mentah, tabasco, dan saus worcestershire, yang juga membuat adonan makin menyatu.

3. Pašteta od čvaraka
5 Ragam Selai Khas Eropa Tengah yang Bikin Lidah Terpikat 

Pašteta od čvaraka merupakan olesan Kroasia yang menjadikan kulit babi sebagai bahan utama. Penyebarannya terutama berada di daerah Slavonija dan Baranja, namun dalam beberapa tahun terakhir, selai ini mulai muncul di menu restoran di seluruh negeri.

Terdapat beberapa versi dalam bahan-bahan pembuatannya, namun yang paling sering adalah dibuat dengan kulit babi, acar, telur rebus, paprika merah, garam, dan merica. Semua bahan lalu dikombinasikan hingga merata dan selai harus didinginkan sebelum disajikan. Makanan ini secara tradisional dihidangkan sebagai hidangan pembuka dengan roti panggang yang diolesi bawang putih.

4. Liptauer
5 Ragam Selai Khas Eropa Tengah yang Bikin Lidah Terpikat 

Liptauer merupakai selai yang berasal dari Slovakia. Makanan ini merupakan selai keju sederhana yang diberi bumbu paprika. Makanan ini umumnya terbuat dari berbagai jenis keju segar atau krim, lalu dikombinasikan dengan paprika bubuk dan beberapa bumbu dan rempah segar.

Selai saat ini muncul dalam berbagai versi. Makanan ini bisa dinikmati sebagai saus, olesan, atau iringan krim pedas untuk olahan daging panggang.

5. Griebenschmalz
5 Ragam Selai Khas Eropa Tengah yang Bikin Lidah Terpikat 

Griebenschmalz merupapan olesan tradisional Jerman. Makanan ini dibuat dengan lemak babi dan kerupuk. Keripik daging babi yang renyah melengkapi tekstur lemak babi yang lembut. Selai ini biasanya diberi bumbu yang mencakup apel, bawang, dan rempah-rempah seperti marjoram, thyme, daun salam, allspice, garam, dan merica.

Selai ini umumnya dioleskan di atas sepotong roti biasa, roti gandum hitam, atau roti pretzel. Terkadang juga di atasnya diberi tambahan bawang karamel dan dihidangkan dengan acar gherkin.

Olesan-olesan di atas dapat membuat makanan jadi lebih nikmat. Selain itu, selai juga bisa dijadikan camilan untuk menemani waktu santai saat sore hari.