Berikut Lima Kuliner Hidangan Lezat Khas Kabupaten Landak

Berikut Lima Kuliner Hidangan Lezat Khas Kabupaten Landak

Berikut Lima Kuliner Hidangan Lezat Khas Kabupaten Landak – Kabupaten Landak adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat yang terbentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Mempawah tahun 1999. Landak merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Barat dengan Ngabang sebagai pusat pemerintahannya. Kabupaten ini memiliki kekayaan alam, budaya, dan kuliner yang sangat populer.

Kuliner secara umum adalah kegiatan yang berhubungan dengan memasak atau aktivitas memasak. Kuliner juga dapat dimaknai sebagai hasil olahan yang berupa masakan berupa lauk-pauk, panganan maupun minuman. Berbicara mengenai kuliner khas Landak, ada berbagai macam hidangan unik dan lezat yang wajib kamu coba kala berkunjung ke Landak.

Berikut Dilansir dari Poker77 IDN 5 kuliner khas Kabupaten Landak, Kalimantan Barat yang bisa kamu cicipi. Awas, ketagihan!

1. Daun ubi tumbuk
5 Kuliner Khas Kabupaten Landak yang Wajib Dicoba, Awas Ketagihan!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat daun ubi tumbuk terdiri dari daun singkong muda, santan, sereh, garam, cabai merah, hingga lengkuas. Cita rasa dari kuliner satu ini adalah gurih dan nikmat. Masyarakat setempat kerap menyantap daun ubi tumbuk dengan nasi hangat.

2. Sup mi cucu
5 Kuliner Khas Kabupaten Landak yang Wajib Dicoba, Awas Ketagihan!

Seporsi hidangan berkuah ini biasanya berisi mi yang terbuat dari gandum, daging sapi, telur rebus, sayur-sayuran, dan bawang goreng. Cita rasanya gurih dengan tekstur mi yang lembut, membuat banyak orang ketagihan dengan menu satu ini. Bahkan, hidangan lezat ini juga dapat kamu peroleh dengan harga terjangkau, lho.

3. Ikan nila asam pedas
5 Kuliner Khas Kabupaten Landak yang Wajib Dicoba, Awas Ketagihan!

Untuk membuat hidangan ikan nila asam pedas khas Landak, mula-mula kepala ikan nila yang sudah bersih diberi perasan air jeruk nipis dan garam. Lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian cuci lagi dan disisihkan.

Sedangkan bumbu-bumbu halus yang terdiri dari cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit harus ditumis. Masukkan air dan sereh. Tunggu hingga mendidih. Setelah itu, barulah kamu memasukkan kepala ikan nila dan masak hingga matang.

4. Kepala ikan bumbu kunyit
5 Kuliner Khas Kabupaten Landak yang Wajib Dicoba, Awas Ketagihan!

Kepala ikan bumbu kunyit khas kabupaten Landak memiliki cita rasa yang gurih yang nikmat. Terlebih lagi daging ikannya sangat lembut saat disantap.

Untuk membuat hidangan ini, bahan-bahan yang harus kamu siapkan terdiri dari ikan kakap, cabai merah, cabai rawit, santan, kemangi, tomat, kunyit, sereh, hingga daun salam.

5. Apam pinang ketan susu
5 Kuliner Khas Kabupaten Landak yang Wajib Dicoba, Awas Ketagihan!

Hidangan yang satu ini di daerah lain dinamakan martabak. Namun, di Kabupaten Landak dikenal dengan nama apam pinang.

Ada berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih. Namun, apam pinang dengan balutan ketan yang disiram susu kental manis adalah yang paling jadi favorit banyak orang. Memiliki cita rasa manis nan legit, tekstur apam pinang sangatlah lembut.

Nah, itulah 5 kuliner khas Kabupaten Landak yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Apakah ada hidangan yang pernah kalian coba?