Berikut Ide Kreasi Olahan Kari Mangga yang Menggugah Selera

Berikut Ide Kreasi Olahan Kari Mangga yang Menggugah Selera

Berikut Ide Kreasi Olahan Kari Mangga yang Menggugah Selera – Kari atau yang dikenal di Indonesia sebagai kare adalah nama untuk berbagai jenis  hidangan berkuah yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai cita rasa tajam dan pedas. Kari berasal Asia Selatan, terutama dari India yang telah meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.

Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari sangat beragam dan tidak terbatas pada ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika,  jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkih. Jenis rempah-rempah yang digunakan bergantung jenis kari dan negara asal masakan. Bubuk kari (curry powder) atau masala adalah campuran dari berbagai jenis bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh orang Inggris pada zaman Kemaharajaan Britania karena rindu dengan kari India.

Kari adalah kreasi makanan berkuah dengan konsentrasi yang lembut dan kental. Makanan ini memiliki sedikit sentuhan pedas serta gurih, hasil perpaduan dari aneka Daftar IDN Poker77 rempah yang digunakan. Terdapat beragam bahan baku yang dapat ditambahkan ke dalam adonan kari, salah satunya adalah mangga. Kehadiran buah tersebut mampu menghasilkan sensasi manis dan segar terhadap olahan.

1. Mango curry chicken quesadillas
5 Kreasi Makanan dari Kari Mangga, Segar dan Gurih!

Quesadilla merupakan salah satu makanan klasik asal Meksiko. Hidangan ini dibentuk dari percampuran antara keju, daging-dagingan, dan sayur segar. Kemudian dibungkus ke dalam kulit tortilla.

Pada beberapa kreasi quesadilla, terdapat banyak modifikasi yang bisa ditambahkan ke dalam isian makanan tersebut, salah satunya adalah mengganti filling utama menggunakan kari mangga dan ayam.

2. Mango and tomato curry
5 Kreasi Makanan dari Kari Mangga, Segar dan Gurih!

Kari nggak melulu harus diolah bareng daging-dagingan seperti ayam atau sapi, lho. Sebab masakan berikut ini justru diproses menggunakan bahan minimalis, namun memiliki rasa yang tak kalah nikmat.

Selain potongan buah mangga, komponen lain yang akan kamu temui dalam semangkuk kari tersebut adalah irisan tomat. Sehingga rasanya jadi makin gurih dan segar, terutama bila disantap bareng nasi hangat.

3. Mango tofu curry
5 Kreasi Makanan dari Kari Mangga, Segar dan Gurih!

Siapa di antara kamu yang gemar dengan olahan berbahan baku tofu? Makanan lembut dengan cita rasa agak hambar tersebut, memang paling cocok bila harus dimasak bersama bumbu tajam, salah satunya seperti kari.

Untuk membuat olahan ini semakin manis dan gurih, jangan lupa untuk menambahkan santan, berikut dengan potongan buah mangga segar ke dalam adonan utama.

4. Classic mango chicken curry
5 Kreasi Makanan dari Kari Mangga, Segar dan Gurih!

Kombinasi menarik dalam olahan kari mangga selanjutnya dapat ditambahi menggunakan daging ayam. Pilih bagian tanpa tulang dari paha atau dada, sehingga olahan lebih nikmat ketika disantap.

Bahan bumbu yang perlu dipersiapkan dalam memasak olahan klasik ini pun tidak jauh-jauh dari pemakaian bubuk kari, santan, rempah-rempah, dan kismis untuk menyempurnakan rasa masakan.

5. Prawn mango curry
5 Kreasi Makanan dari Kari Mangga, Segar dan Gurih!

Olahan kari mangga berikut ini menggunakan udang sebagai bahan bakunya, ukuran seafood tersebut pun dapat disesuaikan dengan kesukaan, mulai dari udang kecil maupun besar.

Bahan baku pengolahan udang kari mangga ini dibentuk dari santan, ketumbar, bawang bombai, hingga jahe. Sementara pendamping bisa disajikan bersama jasmine rice yang menggugah selera.

Dalam sebagian bahasa-bahasa India Selatan, kari secara harfiah berarti lauk (berbagai macam masakan sayuran dan daging) yang dimakan bersama nasi atau roti. Di negara-negara Barat, curry telah menjadi kosakata bahasa Inggris untuk semua jenis masakan khas Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah.

Kepopuleran kari telah menyebar dari anak benua India ke dalam khazanah masakan dunia. Setiap negara memiliki jenis kari khas yang disesuaikan dengan selera orang di negara itu. Kari telah menjadi makanan dunia, dan diadopsi ke dalam masakan Thailand, masakan Inggris, dan masakan Jepang.