Berikut Deretan Bubur Khas Dari Berbagai Daerah di Indonesia

Berikut Deretan Bubur Khas Dari Berbagai Daerah di Indonesia

Berikut Deretan Bubur Khas Dari Berbagai Daerah di Indonesia – Bubur merupakan istilah umum untuk mengacu pada campuran bahan padat dan cair, dengan komposisi cairan yang lebih banyak daripada padatan dan keadaan bahan padatan yang tercerai-berai.

Dalam dunia kuliner, bubur adalah jenis makanan yang dimasak dengan cara menggodog bahannya sampai menjadi sangat lunak. Bagi kamu penggemar bubur, beruntung sekali tinggal di Indonesia. Pasalnya, negara kita mempunyai beragam jenis bubur manis maupun gurih yang rasanya tak bisa diremehkan.

Dari bergam jenis bubur tersebut, terdapat lima bubur khas Indonesia yang dilengkapi dengan sayuran. Berikut lima bubur khas dari berbagai daerah di Indonesia yang dilengkapi dengan sayuran.

1. Bubur pedas
Bergizi, 5 Bubur Khas Indonesia Ini Dilengkapi dengan Sayuran

Bahan dasar bubur pedas menggunakan beras yang ditumbuk, barulah dimasak bersama beragam sayuran dan kelapa parut. Sayuran-sayuran tersebut meliputi kangkung, daun kesum, dan pakis.

Bubur dengan topping kacang dan ikan teri goreng, ini terkenal sekali berasal dari Sambas, Kalimantan Barat. Bubur pedas tak cuma terkenal nikmat, tapi juga kaya sejarah.

2. Bubur manado
Bergizi, 5 Bubur Khas Indonesia Ini Dilengkapi dengan Sayuran

Tinutuan atau yang akrab dengaan sapaan bubur manado, merupakan bubur berpelengkap sayur kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara. Bubur ini dibuat dari beras yang dikolaborasikan dengan labu kuning, jagung manis, dan beragam sayuran.

Sayuran-sayuran tersebut terdiri dari daun gedi, daun lalem, kangkung atau bayam, serta daun kemangi. Kuliner yang memiliki nama lain peda’al ini disempurnakan dengan sentuhan terakhir berupa ikan asin jambal dan sambal roa.

3. Sempolet
Bergizi, 5 Bubur Khas Indonesia Ini Dilengkapi dengan Sayuran

Ada yang baru dengar dengan nama bubur satu ini? Sempolet merupakan bubur lezat favorit orang Riau. Bukan beras atau pun ketan, bubur ini dibuat dari sagu yang dikolaborasikan dengan sayuran seperti daun pakis dan daun kangkung. Teksturnya memang lengket, tapi sekali suap bikin kamu ketagihan, lho.

4. Bubur sambal tumpang
Bergizi, 5 Bubur Khas Indonesia Ini Dilengkapi dengan Sayuran

Apakah kamu pernah menikmati bubur sambal tumpang? Bubur nasi ini cukup populer di beberapa daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sambal tumpang sendiri sejenis sambal yang terbuat dari tempe semangit yang dimasak dengan santan. Mulanya, bubur sambal tumpang hanya berisikan bubur nasi dan sambal. Lambat laun banyak yang menambahkan gudangan, secamacam urap khas Jawa di dalamnya.

5. Bubur moreng
Bergizi, 5 Bubur Khas Indonesia Ini Dilengkapi dengan Sayuran

Ciri khas bubur moreng yakni menggunakan daun kelor. Selain itu, bubur moreng punya rasa rempah yang kuat sehingga cukup menghangatkan perut saat disantap.

Bubur moreng berasal dari Bali. Bubur nan lezat ini juga terbuat dari beras yang dimasak dengan daun kelor. Begitu bubur moreng matang, biasanya diberi topping berupa ayam suwir dan kacang goreng.

Bubur kanji, bubur beras, bubur nasi atau kadang hanya disebut bubur adalah sejenis hidangan bubur yang dibuat dari beras yang dimasak dengan sejumlah air yang cukup banyak. Hidangan ini populer di sejumlah negara-negara Asia. Bubur kanji ini biasanya dijadikan makanan pokok pengganti nasi.

Karena rasanya tawar, biasanya hidangan ini disajikan dengan hidangan pendamping, bumbu, dan saus penambah rasa; misalnya menambahkan suiran daging ayam yaitu sebagai bubur ayam, daging, atau ikan. Kecap asin, garam, merica, kecap manis, dan kadang kaldu ayam ditambahkan untuk menambah citarasa bubur kanji.

Nama bubur kanji dapat beraneka ragam sesuai variasi resep dan bahannya. Meskipun resepnya berbeda-beda, istilah bubur kanji biasanya merujuk pada adonan bubur berwarna putih yang dihasilkan dari merebus beras dalam waktu yang relatif lama. Jika beras direbus di dalam air yang banyak dalam kurun waktu yang lama di atas api, maka lapisan kulit ari pelapis butiran beras akan luruh, maka butiran beras luruh menjadi bubur.