Berikut Beragam Kopi yang Paling Terkenal di Asia

Berikut Beragam Kopi yang Paling Terkenal di Asia

Berikut Beragam Kopi yang Paling Terkenal di Asia – Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Kopi menjadi salah satu minuman wajib bagi sebagian orang, terutama orang-orang yang berada di negara-negara Asia.

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan. Hal tersebut menciptakan beragam variasi kopi yang terkenal nikmat.

Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian, biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum. Tak hanya kopi yang disajikan panas, kopi-kopi ini juga tetap enak saat disajikan dingin dengan berbagai campuran bahan. Dilansir dari idn poker ios Berikut enam ragam kopi paling populer di Asia, ada kopi luwak lho!

1. Kopi Turki
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Kopi Turki adalah minuman kopi yang dibuat dengan menghancurkan biji kopi di dalam lesung dan menggunakan alu ataupun menggiling biji kopi tersebut hingga halus dengan gilingan kopi yang disebut kahve değirmeni. Hal tersebut akan menghasilkan kopi yang kuat dan unik.

Teknik khusus dalam menyeduh kopi inilah yang membedakan kopi ini dari jenis kopi lainnya. Saat disiapkan dengan benar, kopi Turki ditandai dengan warna gelap, busa tebal di permukaan, konsistensi homogen, dan rasa yang kuat dengan nada pahit.

2. Kopi Luwak
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Kopi luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Selanjutnya dicuci, digiling, dan dipanggang.

Dipercaya bahwa ketika biji kopi melewati saluran pencernaan hewan, mereka kehilangan astringennya, yang membuat kopi lebih lembut, halus, dan tidak terlalu pahit.

3. Es Kopi Vietnam
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Es Kopi Vietnam merupakan minuman yang mengkombinasikan kopi kental, susu kental, dan es. Kopi jenis ini secara tradisional dibuat dengan kopi Vietnam yang ditumbuk sedang atau kasar. Biasanya menggunakan variasi robusta, yang diseduh menggunakan filter drip phin, di mana kopi diseduh dan kemudian perlahan-lahan diteteskan ke dalam cangkir.

Kopi selanjutnya dituangkan di atas es dan dicampur dengan susu kental. Biasanya disajikan dalam gelas tinggi.

4. Kopi Vietnam
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Kopi Vietnam atau yang dikenal sebagai Cà phê sữa đá adalah minuman kopi dingin yang berasal dari Vietnam dan dibuat dengan cara menyeduh kopi lalu dicampurkan es batu dan susu kental manis. Robusta juga merupakan variasi yang paling umum digunakan di Vietnam.

Kopi Vietnam adalah salah satu kopi yang paling populer di negara ini. Kopi ini mampu mencapai rasa yang cukup kuat dan tekstur yang tebal karena proses pemanggangan yang lambat dan panjang. Kadang-kadang, kacang juga dipanggang dengan mentega dan gula. Terkadang juga menambahkan kakao dan vanila selama pemanggangan.

5. Dalgona
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Kopi dalgona adalah minuman yang dibuat dengan mencampurkan kopi instan, gula, dan air panas dengan jumlah perbandingan yang sama. Versi dasar kopi ini dibuat dengan bagian yang sama dari kopi instan, gula, dan air.

Kombinasi tersebut selanjutnya dikocok hingga menghasilkan warna seperti karamel dan tekstur berbusa. Kemudian secara tradisional disendok di atas susu.

6. Kopi Arab
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Kopi arab dengan nama asli kopi gahwa terkenal memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya kopi arab dibuat dengan berbagai rempah dan empon-empon. Kopi ini juga telah memainkan peran penting dalam kehidupan sosial Arab sejak abad ke-15. Minuman ini dicirikan oleh warnanya yang gelap dan rasa serta baunya yang kuat dan pahit.

Walaupun umumnya disajikan polos, tanpa gula, kapulaga sering ditambahkan untuk memberikan rasa kopi yang lebih ringan.