Berikut Beragam Hidangan Olahan Tempe yang Bercita Rasa Asoy

Berikut Beragam Hidangan Olahan Tempe yang Bercita Rasa Asoy

Berikut Beragam Hidangan Olahan Tempe yang Bercita Rasa Asoy – Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi terhadap biji  kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis  kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporusRh. oryzaeRh. stolonifer  (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”.

Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika  untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Tempe merupakan salah makanan fermentasi kedelai yang dikenal memiliki banyak penggemar, khususnya di Daftar IDN Poker77 Indonesia. Rasanya yang lezat dan bisa didapat dengan harga yang murah, membuat tempe kerap diolah menjadi berbagai macam makanan lezat tapi tidak membosankan. Nah, buat kamu yang pengin mengolah tempe sebagai sajian lauk di rumah.

1. Tempe penyet
Sedap, 8 Ragam Sajian Berbahan Tempe yang Cocok Dijadikan Lauk

Sajian berbahan dasar tempe yang satu ini memang terbilang sederhana tapi rasanya maknyus, ialah tempe penyet. Tempe hanya perlu digoreng, lalu di-“penyet” di atas ulekan yang berisikan sambal.

Memadukan sensasi gurih tempe serta pedasnya sambal, tempe penyet cocok dijadikan sebagai ide lauk yang bisa dipadukan bareng lalapan ataupun ikan asin. Dijamin, makin nagih nih!

2. Tempe orek
Sedap, 8 Ragam Sajian Berbahan Tempe yang Cocok Dijadikan Lauk

Buat kamu yang sering makan di warteg, pasti sudah gak asing kan dengan tempe orek. Yup, makanan sejuta umat ini memang terkenal memiliki tampilan kecoklatan dengan dipadu irisan cabai merah.

Teksturnya yang kering serta bercita rasa pedas, manis, dan gurih, paling sedap dinikmati bersama sepiring nasi hangat. Masakan tempe orek juga cukup fleksibel dipadukan dengan olahan sayur atau lauk protein yang lain.

3. Tempe mendoan
Sedap, 8 Ragam Sajian Berbahan Tempe yang Cocok Dijadikan Lauk

Dikenal sebagai makanan khas Purwokerto,tempe mendoan memiliki ciri khas tersendiri, yakni bentuk irisan yang melebar dengan topping irisan daun bawang.

Selain itu, teksturnya yang basah karena tidak digoreng sampai kering, cita rasanya pun nikmat asin gurih. Tempe mendoan bisa dikudap bareng cocolan sambal atau dimakan bersama hangatnya nasi putih. Nagih pula!

4. Semur tempe
Sedap, 8 Ragam Sajian Berbahan Tempe yang Cocok Dijadikan Lauk

Gak melulu daging, tempe yang dimasak dengan bumbu semur pun rasanya tak kalah endeus. Memiliki warna kuah kecoklatan melekat, dipadu tekstur tempe yang lembut.

Tentu, cita rasa semur tempe lebih dominan manis pedas. Wajib dicoba nih, buat kamu pencinta lauk sajian berkuah.

5. Sambal tumpang
Sedap, 8 Ragam Sajian Berbahan Tempe yang Cocok Dijadikan Lauk

Hidangan yang ini agak berbeda dengan keempat olahan di atas, sebab sambal tumpang menggunakan tempe semangit sebagai bahan pembuatan.

Meski memakai tempe semangit, namun cita rasa yang ditawarkan benar-benar maknyus. Karena tempe semanggit dimasak bersama aneka bumbu rempah dan santan.

6. Keripik tempe
Sedap, 8 Ragam Sajian Berbahan Tempe yang Cocok Dijadikan Lauk

Bosan dengan olahan tempe yang begitu saja, cobalah mengkreasikannya menjadi keripik tempe. Cara pembuatannya, campurkan kacang kedelai yang telah diberi ragi dengan tepung kanji. Lalu dibungkus plastik dan dipadatkan, kemudian difermentasi selama beberapa hari hingga menjadi tempe.

Selanjutnya iris-iris tempe dan dicelupkan ke dalam bumbu, setelah itu digoreng matang. Voila! Tekstur renyah dan rasa gurih asinnya keripik tempe siap dinikmati.

7. Tempe mendol
Sedap, 8 Ragam Sajian Berbahan Tempe yang Cocok Dijadikan Lauk

Dari segi tampilan, sekilas tempe mendol memang agak mirip perkedel. Namun bedanya tempe mendol berbentuk lonjong, dan tentu saja dibuat tanpa penambahan telur.

Cara membuatnya, hancurkan tempe yang telah dikukus lalu dicampur merata bareng bumbu-bumbu. Selanjutnya kepal-kepal adonan membentuk lonjong, barulah digoreng hingga matang. Rasanya asin gurih dipadu tekstur renyah di luar dan lembut di dalam, cocok untuk camilan maupun lauk nasi.

8. Tempe bacem
Sedap, 8 Ragam Sajian Berbahan Tempe yang Cocok Dijadikan Lauk

Tempe bacem terdiri dari irisan tempe yang dimasak bareng bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, lengkuas, gula merah, dan kecap manis.

Punya warna kecoklatan dengan dipadu ciri khas rasa manis gurih, tempe bacem bisa dimakan langsung atau digoreng lebih dulu biar ada sensasi crunchy.

Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam.

Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi sekarang telah mendunia. Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Akibatnya, saat ini tempe tidak hanya diproduksi di Indonesia tetapi juga di banyak tempat di dunia. Berbagai penelitian di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat.