Berikut Aneka Olahan Sedap Berbahan Sukun Khas Nusantara

Berikut Aneka Olahan Sedap Berbahan Sukun Khas Nusantara

Berikut Aneka Olahan Sedap Berbahan Sukun Khas Nusantara – Sukun, keluih, kulur, ketimbul atau timbul (Artocarpus altilis) adalah nama sejenis pohon yang berbuah. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, yang mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai “buah roti”.

Sukun sesungguhnya adalah kultivar yang terseleksi sehingga tak berbiji. Kata “sukun” dalam bahasa Jawa berarti “tanpa biji” dan dipakai untuk kultivar tanpa biji pada jenis buah lainnya, seperti jambu klutuk dan durian. Dari kejauhan, sukun memiliki kulit yang cukup mirip dengan buang nangka, namun ia mempunyai tekstur kulit yang agak halus dengan buah tanpa biji.

Hasil tanaman ini sering disebut juga sebagai buah roti lantaran sukun mempunyai apk poker online idn tekstur yang sangat lembut. Nah, bila kamu memiliki sukun di rumah dan bingung hendak diolah menjadi apa, berikut ini terdapat lima olahan sedap berbahan sukun khas Nusantara yang bisa menjadi inspirasi camilan hari ini.

1. Sukun goreng asin
Dapat Julukan Buah Roti, Ini 5 Camilan Enak dari Sukun Khas Nusantara

Camilan pertama ini mudah dibuat sekaligus paling banyak penggemarnya, ia adalah sukun goreng asin. Hidangan tersebut kurang lebih mirip dengan umbi-umbi lain yang diolah dengan cara digoreng, tidak ada bumbu khusus yang membedakannya.

Sebelum memasak sukun, pastikan kamu sudah membersihkan daging buahnya sampai bersih, kemudian potong dan masukan ke dalam wajan berisi minyak. Biasanya sukun juga melalui proses perendaman di larutan air dan garam sebelum dimasak untuk membuat sukun tetap gurih dan renyah.

Rasanya sendiri tidak mengecewakan, sukun goreng mempunyai cita rasa yang hampir serupa dengan singkong, namun teksturnya lebih lembut dan mudah lumer di mulut saat dikunyah.

2. Getuk sukun
Dapat Julukan Buah Roti, Ini 5 Camilan Enak dari Sukun Khas Nusantara

Getuk merupakan makanan khas Nusantara yang diolah dari ketela atau singkong, umbi tersebut diproses bersama dengan gula merah untuk mendapatkan rasa yang seimbang antara gurih dan manis.

Selain singkong, sukun juga bisa diolah menjadi getuk dengan rasa yang tidak kalah enak. Pembuatan getuk sukun tidak jauh berbeda dengan getuk singkong, setelah dikukus mereka perlu ditumbuk sampai halus bersama gula merah.

Untuk tambahan, biasanya getuk memiliki topping ekstra agar rasa yang dihasilkan makin sedap, kamu bisa menambahkan parutan kelapa, atau bila ingin terdapat sentuhan modern maka kamu bisa menggunakan keju.

3. Keripik sukun
Dapat Julukan Buah Roti, Ini 5 Camilan Enak dari Sukun Khas Nusantara

Selain diolah menjadi hidangan bertekstur lembut, sukun juga cocok dibuat sebagai camilan bertekstur renyah yang bikin nagih seperti keripik. Olahan yang satu ini biasanya disantap sebagai teman bersantai atau menjadi suguhan ketika ada tamu di rumah.

Pengolahan keripik sukun pun terbilang mudah, kamu hanya perlu menyiapkan sukun yang telah diiris tipis, rendam sebentar di dalam campuran air dan kapur sirih untuk menghilangkan getah dan kotoran yang menempel pada sukun.

Setelah direndam, kamu bisa memasukkan aneka bumbu yang akan menentukan rasa tambahan pada keripik, jika ingin rasanya lebih gurih, masukan bumbu kuning yang dibuat dari campuran kunyit. Nah, bila kamu ingin keripik pedas maka bumbu yang dipilih adalah bumbu balado.

4. Sukun karamel
Dapat Julukan Buah Roti, Ini 5 Camilan Enak dari Sukun Khas Nusantara

Kalau sebelumnya ada sukun goreng yang dimasak dengan cara direndam terlebih dahulu ke dalam air garam dan memiliki rasa gurih, maka kali ini ada sukun goreng yang mempunyai cita rasa manis, yakni sukun karamel.

Sukun karamel merupakan olahan sukun goreng yang disiram dengan lelehan gula, rasa manis dari karamelisasi gula bercampur dengan gurihnya daging sukun dan cocok buat kamu yang tidak terlalu suka dengan hidangan terlalu legit, karena banyaknya gula bisa ditakar sendiri.

Pengolahan sukun karamel pun kurang lebih sama saja dengan sukun goreng biasa, hanya saja di tahap ini kamu perlu membuat karamel dari campuran antara gula pasir, gula merah, dan air sebagai penambah rasa.

5. Kroket sukun
Dapat Julukan Buah Roti, Ini 5 Camilan Enak dari Sukun Khas Nusantara

Sukun cocok diolah menjadi kroket, makanan bertekstur lembut dengan kerenyahan yang berasal dari tepung roti ini menjadi camilan yang tidak boleh dilewatkan. Sekilas, tampilan kroket mirip dengan risol, tetapi biasanya kroket sukun diolah dengan mengambil bentuk bulat atau agak lonjong.

Kroket dari buah yang mirip nangka ini dibuat dengan cara mengukus sukun terlebih dahulu, kemudian ditumbuk sampai halus agar bisa dibulat-bulat. Isiannya bisa menggunakan sayur-mayur atau apa pun sesuai selera, setelah adonan selesai dibentuk, masukan bola kroket ke dalam tepung roti.

Goreng sampai matang kroket sukun dan sajikan bersama saus atau cabai rawit agar kroket lebih nendang dan nikmat, khususnya bagi pencinta makanan pedas.

Sukun memang cukup terasing di beberapa tempat, namun olahan ini tidak pernah mengecewakan. Selain mudah dibuat, makanan-makanan tersebut sangat enak dinikmati apalagi ditemani dengan segelas teh manis atau kopi.

Buah sukun (tak berbiji) merupakan bahan pangan penting sumber karbohidrat di pelbagai kepulauan di daerah tropik, terutama di Pasifik dan  Asia Tenggara. Sukun dapat dimasak utuh atau dipotong-potong terlebih dulu: direbus, digoreng, disangrai atau dibakar. Buah yang telah dimasak dapat diiris-iris dan dikeringkan di bawah matahari atau dalam tungku, sehingga awet dan dapat disimpan lama.

Di pulau-pulau Pasifik, kelebihan panen buah sukun akan dipendam dalam lubang tanah dan dibiarkan berfermentasi beberapa minggu lamanya, sehingga berubah menjadi pasta mirip keju yang awet, bergizi dan dapat dibuat menjadi semacam kue panggang. Sukun dapat pula dijadikan keripik dengan cara diiris tipis dan digoreng.