Berbagai Seafood Populer yang Bisa Kamu Nikmati di Singapore

Berbagai Seafood Populer yang Bisa Kamu Nikmati di Singapore

Berbagai Seafood Populer yang Bisa Kamu Nikmati di Singapore – Makanan laut, boga bahari atau hidangan laut (seafood) adalah sebutan untuk makanan berupa hewan dan tumbuhan laut yang ditangkap, dipancing, diambil dari  laut maupun hasil budidaya. Burung dan burung air yang terdapat di laut tidak termasuk ke dalam makanan laut.

Di beberapa negara, istilah “makanan laut” juga mencakup mamalia laut, ikan dan kerang yang ditangkap atau dikumpulkan nelayan dari air tawar  (danau dan sungai). Makanan laut merupakan sumber protein, lemak,  vitamin, dan  mineral (seng, zat besi, selenium, magnesium, dan yodium).

Wisata kuliner adalah salah satu agenda yang tak boleh dilewatkan ketika berada di Singapura. Keanekaragaman budaya yang ada di sana memberi banyak pengaruh pada masakan mereka. Jadi kamu bisa menikmati aneka makanan dengan rasa yang bervariasi. Seafood adalah salah satu jenis makanan yang wajib kamu coba.

1. Kari kepala ikan
8 Olahan Seafood Ini Jadi Menu Populer di Singapura, Wajib Coba!

Kari kepala ikan memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Kari ini menggunakan kepala ikan yang dimasak dalam santan kental, tomat, dan berbagai rempah yang identik dengan bumbu kari ikan khas India Selatan.

Biasanya kari kepala ikan ini disajikan dengan roti ataupun nasi panas dan dihidangkan dalam panci untuk dinikmati oleh beberapa orang.

2. Black pepper crab
8 Olahan Seafood Ini Jadi Menu Populer di Singapura, Wajib Coba!

Kepiting lada hitam dibuat dengan menumis kepiting bersama lada hitam, bawang, saus tiram, dan beberapa bumbu lainnya dengan api yang besar.

Meskipun menjadi hidangan yang jarang disiapkan di rumah-rumah penduduk, namun kamu dengan mudah menemukannya di banyak restoran ataupun warung pinggir jalan.

3. Cereal prawns
8 Olahan Seafood Ini Jadi Menu Populer di Singapura, Wajib Coba!

Hidangan yang satu ini terdiri dari udang goreng crispy yang dicampur dengan kombinasi mentega, serpihan sereal, daun kari, dan cabai. Hidangan ini menjadi salah satu menu utama di berbagai restoran dan pusat jajanan Singapura.

Udang ini selalu disajikan saat masih panas dan kadang disajikan dengan setumpuk roti panggang.

4. Sambal ikan pari
8 Olahan Seafood Ini Jadi Menu Populer di Singapura, Wajib Coba!

Sambal ikan pari ini merupakan hidangan klasik Singapura. Ikan pari dioles dan dipanggang bersama sambal pedas yang terbuat dari cabe, bawang, terasi, jahe, gula, perasan air jeruk nipis dan berbagai bumbu lainnya. Ikan ini disajikan bersama irisan bawang bombay, jeruk nipis, dan saus celup.

5. Fish soup bee hoon
8 Olahan Seafood Ini Jadi Menu Populer di Singapura, Wajib Coba!

Sup yang satu ini termasuk olahan sup yang populer di Singapura.

Fish soup bee hoon terbuat dari bihun, kepala ikan atau irisan ikan yang digoreng, susu evaporasi, kaldu, dan beberapa bumbu lainnya. Terkadang sup ikan ini menggunakan brandy atau arak beras di dalamnya.

CNN pernah menyebut bahwa sup ini adalah salah satu dari 40 hidangan yang wajib dicoba ketika kamu berada di Singapura.

6. Crab bee hoon
8 Olahan Seafood Ini Jadi Menu Populer di Singapura, Wajib Coba!

Hidangan yang satu ini terdiri dari bihun yang dimasak bersama kepiting Srilanka yang lezat. Masakan ini terdiri atas dua versi, yaitu kepiting bihun goreng dan berkuah.

Ayam aromatik atau kaldu seafood biasanya digunakan sebagai salah satu bahan. Kepiting bihun ini biasanya disajikan dalam pot tanah liat.

7. Crab bee hoon soup
8 Olahan Seafood Ini Jadi Menu Populer di Singapura, Wajib Coba!

Makanan yang satu ini terdiri dari bihun dan daging kepiting yang disiram dengan kuah kaldu aromatik. Kaldunya sendiri terbuat dari kaldu ayam yang dimasak bersama mentega, susu evaporasi, jahe, lada dan berbagai bumbu lainnya.

Terkadang olahan sup ini menggunakan anggur beras China atau brandy. Biasanya ditambah dengan baby bok choy daun bawang dan daun ketumbar.

8. Chilli crab
8 Olahan Seafood Ini Jadi Menu Populer di Singapura, Wajib Coba!

Tak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan chili crab sebagai salah satu olahan seafood populer di Singapura. Hidangan ini bahkan disebut sebagai hidangan nasionalnya masyarakat Singapura.

Chili crab terbuat dari kepiting tumis yang dibalut saus pedas dan gurih. Hidangan ini dengan gampang bisa kamu temui di banyak restoran ataupun street food yang ada di Singapura.

Hidangan seafood Singapura ternyata cukup variatif bukan? Kamu bisa memilih cita rasa yang beragam, ada yang gurih hingga pedas. Tinggal menyesuaikan dengan selera kamu. Tak hanya mencicipinya saat berada di Singapura, kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri untuk hidangan keluarga.

Makanan laut sudah dikonsumsi manusia sejak zaman purba. Orang Mesir kuno memanfaatkan makanan laut sebagai sumber protein. Makanan laut diperoleh dengan cara memancing di Laut Mediterania dan Sungai Nil, serta memelihara ikan di kolam. Orang Yunani kuno juga memakan ikan dan kerang-kerangan dalam bentuk segar atau kering.

Setelah dibeli di pasar atau ditangkap di laut, kesegaran makanan laut harus dipertahankan agar tidak rusak. Kesegaran makanan laut dijaga dengan memasukkannya ke dalam kemasan berisi es, kotak es, atau lemari es. Sebelum kualitasnya menurun, makanan laut harus segera dimasak atau dikonsumsi.