Berbagai Olahan Tartare Steak yang Disajikan Dengan Nyentrik

Berbagai Olahan Tartare Steak yang Disajikan Dengan Nyentrik

Berbagai Olahan Tartare Steak yang Disajikan Dengan Nyentrik –  Istilah  tartar kadang-kadang secara umum digunakan untuk merujuk kepada hidangan daging atau ikan mentah lainnya.

Di Prancis dikenal versi yang kurang umum, yang disebut tartare aller-retour, yaitu berupa gundukan daging mentah yang dibakar ringan di kedua sisinya. Sebagai penikmat olahan steak, pernahkah kamu mendengar nama tartare? Hidangan ini adalah kreasi steak daging yang cukup nyentrik.

Sebab, tartare  lebih umum disajikan secara mentah dengan berbagai bahan baku tambahan untuk menciptakan rasa enak. Terdapat bermacam-macam tartare menarik hati yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk mengenal olahan menarik tersebut lebih jauh.

1. Beef tartare
5 Kreasi Olahan Tartare, Steak Daging Mentah yang Gurih

Beef tartare adalah salah satu sajian klasik yang disantap dalam berbagai suasana. Daging yang dipakai dalam hidangan ini adalah sapi tanpa tulang versi cincang atau yang sudah dilumatkan memakai food processor.

Tambahkan peterseli, capers, minyak, serta daun bawang ke dalam mangkuk daging, kemudian aduk rata. Bentuk adonan serupa steak matang. Lalu sajikan bersama kuning telur mentah yang aman dimakan tanpa melalui proses pemasakan.

2. Tuna tartare
5 Kreasi Olahan Tartare, Steak Daging Mentah yang Gurih

Tidak cuma daging sapi, ikan pun berpotensi besar untuk diolah menjadi hidangan yang sama, tanpa mengurangi rasa nikmat terhadap masakan. Misalnya dengan menghadirkan tuna sebagai bahan baku.

Pakai tuna untuk sushi agar lebih aman ketika disantap mentah. Kemudian campur dengan bawang putih dan minyak wijen. Sebagai teman hidangan, kamu dapat menyusun alpukat di dasar piring, lalu tumpuk memakai olahan ikan.

3. Fresh salmon tartare
5 Kreasi Olahan Tartare, Steak Daging Mentah yang Gurih

Salmon jadi salah satu ikan populer yang juga kerap kali dimasak sebagai tartare. Kesegaran ikan ini menjadi pendukung mengapa salmon tartare menjadi favorit bagi sebagian orang yang gemar menikmati ikan mentah.

Hampir sama dengan tuna tartare, daging ini perlu dicincang atau haluskan. Kemudian tambah daun bawang, jahe, parutan kulit lemon, dan perasa. Lalu hidangkan salmon dengan saus atau potongan alpukat.

4. Wagyu tartare
5 Kreasi Olahan Tartare, Steak Daging Mentah yang Gurih

Wagyu menjadi bahan utama pengolahan steak yang terkenal karena rasa nikmat berbeda. Selain itu, wagyu yang terkenal di Negeri Sakura ini memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibanding sapi lainnya.

Campuran dari daging cincang tersebut bisa ditambah dengan kecap Inggris, peterseli, daun bawang, mustard, bumbu perasa, dan sedikit olive oil. Aduk merata, lalu sajikan dengan kuning telur mentah yang aman dimakan.

5. Trout tartare
5 Kreasi Olahan Tartare, Steak Daging Mentah yang Gurih

Trout adalah salah satu ikan yang kerap disamakan dengan salmon. Hal ini karena trout memiliki rasa dan tekstur yang agak mirip, namun sensasi rasa yang dihasilkan cenderung ringan serta lembut.

Ikan trout yang telah dihaluskan bisa diaduk bersama potongan daun bawang, minyak wijen, air lemon, serta aneka bumbu perasa. Bentuk daging menjadi mirip steak, dan sajikan ke dalam piring.

Bagi kamu yang menyukai aneka makanan nyentrik, maka tartare bisa menjadi alternatif yang patut dicoba. Namun karena ini hidangan mentah, ada baiknya untuk memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan aman saat disantap tanpa melalui proses masak, ya.

Gagasan untuk memakan daging cincang mentah-mentah pertama kali dipopulerkan di wilayah negeri Bangsa Slavia (di Eropa Tengah, Eropa Timur, Balkan, dan Asia Tengah), serta dikaitkan dengan sejarah serbuan bangsa Mongol.

Bangsa Mongol dan sekutu-sekutu Turki mereka, orang Tatar, dikenal secara kolektif adalah suku bangsa yang berasal dari negeri Tartary, yang pada dasarnya adalah salah satu negeri Mongolia. Asal mula namanya mungkin adalah gabungan antara nama Tatar dengan kisah-kisah Yunani mengenai Tartarus.