Beragam Olahan Ayam dan Jeruk Dengan Rasa Unik yang Maknyus

Beragam Olahan Ayam dan Jeruk Dengan Rasa Unik yang Maknyus

Beragam Olahan Ayam dan Jeruk Dengan Rasa Unik yang Maknyus – Ayam jeruk adalah sebuah hidangan Tionghoa Amerika yang berasal dari Hunan. Varietas dari ayam jeruk paling umum ditemukan di restoran makanan cepat saji Amerika Utara.

Sementara hidangan tersebut sangat populer di Amerika Serikat, makanan tersebut paling sering ditemukan sebagai variasi dari ayam Jenderal Tso ketimbang hidangan yang ditemukan di daratan utama Tiongkok.

Meskipun jeruk identik dengan makanan manis, namun siapa sangka bahwa pengembangan dari dunia kuliner mampu mempertemukan buah oranye tersebut bersama daging ayam. Perpaduan keduanya menjadi salah satu hidangan yang tidak dapat dilewatkan, sebab memiliki sensasi unik, seperti rasa gurih dan segar.

1. Sticky orange chicken
5 Olahan Ayam dan Jeruk yang Bikin Segar pada Makanan Utama

Hidangan berikut ini memiliki perpaduan rasa yang gurih dan manis, dengan tekstur utama berupa kelembutan daging dan saus pendampingnya yang terasa lebih lengket dibandingkan saus cocol biasa.

Saus tersebut bisa dimasak menggunakan air jeruk yang dicampur bersama soy sauce, bawang-bawangan, jahe, gula merah, dan bubuk cabai. Larutkan maizena selagi dimasak, kemudian siramkan ke atas ayam goreng tepung.

2. Orange chicken fingers
5 Olahan Ayam dan Jeruk yang Bikin Segar pada Makanan Utama

Olahan ayam dan jeruk kali ini dapat dijadikan lauk makan ataupun camilan yang kaya bumbu. Gunakan jenis dada yang dipotong memanjang, kemudian lumuri memakai tepung roti atau sereal.

Di tempat terpisah, buat adonan saus yang diolah menggunakan orange marmalade, saus teriyaki, dan jahe. Saus tersebut pun bisa mendampingi ayam yang telah dimasak melalui proses pemanggangan.

3. BBQ chicken orange
5 Olahan Ayam dan Jeruk yang Bikin Segar pada Makanan Utama

Buat kamu yang gemar mengonsumsi daging-dagingan yang dimasak dengan cara dibakar. Maka ayam dan jeruk pun tetap bisa menghadirkan masakan sedap, sekaligus tak kalah menggugah selera.

Marinasi daging ayam memakai air jeruk, orange zest, mustard, dan minyak. Kemudian buat saus pelapis yang diolah memakai BBQ sauce, mentega, madu, serta air jeruk agar terasa lebih nikmat saat disajikan.

4. Spicy orange chicken
5 Olahan Ayam dan Jeruk yang Bikin Segar pada Makanan Utama

Kreasi ayam jeruk selanjutnya paling pas apabila disantap oleh para pencinta makanan pedas. Sebab di dalam saus pendamping, terdapat penggunaan bubuk cabai lebih banyak, sehingga mampu mengimbangi rasa jeruk dan ayam.

Adonan pada saus spicy orange chicken pun tidak jauh berbeda dengan versi lainnya. Kamu bisa memasak air jeruk bersama brown sugar, madu, bawang-bawangan, soy sauce, dan larutan maizena untuk mengentalkan.

5. Orange curried chicken
5 Olahan Ayam dan Jeruk yang Bikin Segar pada Makanan Utama

Makanan selanjutnya yang bisa disantap dengan menghadirkan ayam dan jeruk bisa diwujudkan melalui olahan kari. Olah ayam menggunakan air jeruk, bawang-bawangan, bumbu perasa, dan bubuk kari. Untuk membuat kuah yang kental dan super creamy, gunakan heavy cream pada olahan yang telah dibumbui.

Setelah itu, masak bahan-bahan tersebut sampai ayam matang dan bumbu meresap sempurna. Di kebanyakan negara di hemisfer barat, nama “ayam jeruk”, “ayam kulit jeruk”, “ayam rasa jeruk”, dan “ayam tangerine” digunakan untuk penamaan hidangan tersebut.

Namun di Tiongkok, hidangan tersebut sering dikenal sebagai “陳皮雞”, yang artinya “ayam kulit tua”, yang merujuk kepada kulit jeruk atau tangerine kering, yang digunakan dalam pengobatan Tionghoa tradisional serta memasak. Untuk restoran-restoran di luar Asia, kulit jeruk segar yang paling sering digunakan