Beberapa Sajian Lezat India yang Dibuat Dari Kacang-Kacangan

Beberapa Sajian Lezat India yang Dibuat Dari Kacang-Kacangan

Beberapa Sajian Lezat India yang Dibuat Dari Kacang-Kacangan – Masakan India adalah masakan dari berbagai kawasan di anak benua India. Ciri khas masakan India adalah penggunaan berbagai rempah-rempah khas India dan sayuran yang tumbuh di India, dan beraneka ragam hidangan vegetarian.

Masakan India juga mencerminkan keanekaragaman iklim, demografi, dan agama. Resep masakan India merupakan salah satu resep masakan di dunia yang sangat kompleks. Hal ini dikarenakan masakan India membutuhkan banyak bumbu berbeda dan banyak waktu persiapan untuk memasak.

Sebagai salah satu negara dengan jumlah vegetarian terbanyak di dunia, tak heran jika banyak hidangan India yang memang dikhususkan untuk para vegetarian. Beberapa diantara masakannya dibuat dengan bahan utama kacang-kacangan.

1. Misal
Kaya Rasa, Inilah 6 Hidangan India yang Berbahan Kacang-kacangan

Misal adalah hidangan pedas yang sangat populer di Maharashtra, India. Kata “misal” secara harfiah diterjemahkan menjadi “campuran dari segala sesuatu”. Karena itulah, bahan untuk memasak hidangan ini sangat bervariasi, tergantung dari  juru masak.

Kombinasi bahan-bahan membuat misal  yang paling umum adalah dadihpav, kacang polong atau kacang arab, kentang, bawang, ketumbar, dan tomat. Hidangan ini sebagian besar dimakan untuk sarapan atau sebagai camilan tengah hari.

2. Sambar
Kaya Rasa, Inilah 6 Hidangan India yang Berbahan Kacang-kacangan

Sambar atau sambhar adalah kari berbasis kacang lentil yang dicampur dengan kaldu sayuran berbahan dasar asam. Ini berasal dari Tamil Nadu, tetapi juga sangat populer di Sri Lanka dan di seluruh India Selatan. Hidangan ini secara tradisional disajikan dengan nasi atau berbagai roti pipih India.

3. Pani puri
Kaya Rasa, Inilah 6 Hidangan India yang Berbahan Kacang-kacangan

Pani puri secara harfiah diterjemahkan menjadi “roti air”. Ini merupakan makanan jalanan India yang sangat populer, berupa adonan berbentuk bola yang renyah dan berongga yang kemudian diisi dengan beragam isian, salah satunya kacang arab. Setelah diisi, barulah dilanjutkan dengan memasukkan kombinasi air rasa ke dalam rongga nya.

Di India Utara, pani puri dikenal sebagai golgappa. Kata “gol” mengacu pada kulit yang renyah, dan “gappa” mengacu pada proses makan, karena camilan kecil ini biasanya dimakan satu per satu.

4. Dal makhani
Kaya Rasa, Inilah 6 Hidangan India yang Berbahan Kacang-kacangan

Kata “dal” memiliki arti “lentil” dan “makhani” artinya mentega. Sehingga dal makhani dapat diterjemahkan menjadi “mentega lentil”. Hidangan tradisional India yang satu ini menggunakan bahan utama lentil hitam.

Dal makhani juga disiapkan dengan ghee dalam jumlah besar dan berbagai bumbu seperti bawang putih, jahe dan cabai yang kemudian dimasak perlahan dengan saus berbahan dasar tomat.

5. Khichdi
Kaya Rasa, Inilah 6 Hidangan India yang Berbahan Kacang-kacangan

Kata Khichdi berasal dari kata Sansekerta “Khicca” yang berarti hidangan nasi dan kacang-kacangan. Khichdi juga diucapkan dan ditulis sebagai khichri atau kichuri. Sesuai dengan namanya, ini merupakan hidangan India klasik sederhana yang dibuat dengan nasi dan kacang lentil.

Dikarenakan khichdi kaya nutrisi dan mudah dicerna, hidangan ini biasanya disajikan ketika seseorang sedang sakit atau pulih dari penyakit. Selain itu, khichdi juga merupakan makanan padat pertama yang dikonsumsi bayi dalam budaya India.

6. Chana masala
Kaya Rasa, Inilah 6 Hidangan India yang Berbahan Kacang-kacangan

Chana masala, juga disebut chole masala, diyakini berasal dari India utara. “Chana” berarti kacang arab dan “masala” mengacu pada campuran rempah-rempah yang digunakan dalam masakan India.

Chana masala adalah kari kacang arab yang kaya akan rempah-rempah. Biasanya hidangan ini dikonsumsi sebagai makanan utama atau sarapan. Hidangan ini populer di seluruh India dan sering disajikan bersama nasi atau roti pipih.

Agama dan kebudayaan India berperan besar dalam perkembangan seni kuliner India. Walaupun demikian, interaksi antarbudaya dengan kawasan yang bertetangga seperti Timur Tengah, Asia Tengah, dan Laut Tengah menjadikan masakan India sebagai percampuran unik dari berbagai masakan Asia.

Dominasi perdagangan rempah antara India dan Eropa oleh pedagang Arab menyebabkan Vasco da Gama dan Christopher Columbus berusaha menemukan rute pelayaran baru ke India, dan mengawali zaman penjelajahan di Eropa. Orang Eropa pada masa kolonial India memperkenalkan teknik memasak Eropa (terutama dari Inggris dan Prancis) kepada orang India, dan menambah keanekaragaman masakan India.

Masakan India juga memengaruhi masakan negara-negara di lain di dunia, terutama masakan Asia Tenggara, khususnya dalam pemakaian rempah-rempah untuk membuat hidangan serupa kari dalam masakan Thailand, masakan Malaysia, dan masakan Indonesia.