Beberapa Masakan Lezat Dengan Guyuran Perasan Jeruk Mandarin

Beberapa Masakan Lezat Dengan Guyuran Perasan Jeruk Mandarin

Beberapa Masakan Lezat Dengan Guyuran Perasan Jeruk MandarinMandarin orange merupakan salah satu keluarga jeruk yang cukup populer di seluruh dunia, warna kulitnya jauh lebih oranye dengan rasa manis di setiap gigitan. Selain dimakan langsung, jeruk mandarin juga kerapkali diolah menjadi hidangan yang enak dan bisa mendampingi berbagai kategori masakan mulai dari menu utama sampai pencuci mulut.

Kesegaran sari buah jeruk mandarin yang ditambahkan pada menu masakan punya cita rasa lezat serta sensasi segar menggugah selera. Selain buat masakan makin lezat, perasan jeruk mandarin bermanfaat menjadikan segala macam daging terasa lebih juicy.

Ada berbagai menu masakan praktis bercita rasa lezat yang ditambahkan guyuran perasan jeruk mandarin yang bisa kamu dijadikan referensi. Penasaran menu apa saja yang dikreasikan dari kesegaran sari jeruk mandarin?

1. Beef orange stir fry
5 Menu Sedap dari Kreasi Perasan Jeruk Mandarin, Lezat dan Segar

Tumis daging sapi yang diiris tipis dengan tambahan sayur merupakan menu simpel rumahan yang banyak diminati. Agar daging sapi terasa makin juicy, perasan jeruk mandarin adalah kunci yang melezatkan menu masakan satu ini.

Sebelum menumis irisan tipis daging sapi, siapkan campuran perasan jeruk mandarin, tepung maizena, air, kecap asin, minyak wijen, dan bubuk cabai. Kemudian, panaskan minyak dan tumis daging sapi dengan bawang putih, lalu tambahkan wortel, jamur, dan kacang ercis.

Barulah menyusul semangkuk perasan jeruk mandarin dan bahan-bahan yang dicampur sebelumnya. Tunggu sampai mendidih dan bumbu meresap beberapa menit, lalu beef orange stir fry siap dinikmati dengan nasi hangat.

2. Spaghetti with prawns and orange
5 Menu Sedap dari Kreasi Perasan Jeruk Mandarin, Lezat dan Segar

Spageti terkenal dapat dikresikan dengan berbagai saus lezat yang cita rasanya jarang ditolak lidah. Salah satu saus yang bisa kamu coba yaitu dari perasan jeruk mandarin yang segar.

Cara membuatnya cukup simpel. Tumis irisan zukini dan udang sampai matang, lalu masukkan perasan jeruk mandarin dan parutan kulit jeruk mandarin. Setelah itu, masukkan spageti yang sudah direbus dan tambahkan garam, lada hitam, dan cincangan daun parsley.

Aduk merata sampai perasan jeruk mandarin dan bumbu-bumbu meresap pada spageti dan udang. Kemudian, spaghetti with prawns and orange siap dinikmati.

3. Fried calamari with sweet orange
5 Menu Sedap dari Kreasi Perasan Jeruk Mandarin, Lezat dan Segar

Calamari merupakan cumi-cumi yang dimasak berbagai bumbu pilihan dengan cita rasa menggugah selera. Calamari dengan bumbu tepung pedas paling cocok dinikmati dengan saus perasan jeruk mandarin yang manis.

Potongan cumi-cumi didiamkan dengan perasan lemon dan garam, lalu dibaluri dengan campuran tepung terigu, tepung maizena, garam, lada hitam, dan bubuk cabai merah. Kemudian, goreng sampai berubah warna menjadi cokelat keemasan.

Untuk saus dipping, campur perasan jeruk mandarin dengan madu, lalu masak beberapa menit sampai mendidih. Kemudian, campur dengan minyak, perasan lemon, daun parsley, dan bubuk cabai, aduk sampai merata.

4. Mandarin orange chicken rice bowls
5 Menu Sedap dari Kreasi Perasan Jeruk Mandarin, Lezat dan Segar

Nasi hangat yang dinikmati dengan daging ayam saus jeruk mandarin dan taburan daun bawang adalah menu sederhana nikmat  melekat di lidah. Saus perasan jeruk mandarin yang manis dan gurih melekat pada potongan ayam goreng inilah yang membuat menu satu ini terasa lezat.

Potongan dadu ayam yang sudah bersih dicelupkan pada kocokan telur. Lumuri dengan tepung terigu dan goreng sampai warnanya berubah menjadi coklat keemasan.

Setelah itu, siapkan teflon, masak sampai campuran perasan jeruk mandarin, madu, kecap asin, garam, dan lada mendidih. Masukkan ayam goreng tepungnya.

Masak sampai ayam goreng tepung terlumuri rata saus jeruk mandarin. Menu lezat ini siap disajikan dengan nasi hangat, taburan daun bawang, dan wijen.

5. Glazed carrots with orange and ginger
5 Menu Sedap dari Kreasi Perasan Jeruk Mandarin, Lezat dan SegarBagi yang suka sayur renyah dari wortel dan bingung mengolahnya, glazed carrots with orange and ginger adalah menu yang bisa dicoba, nih. Rasa manis yang ringan dari wortel berpadu dengan segarnya perasan jeruk mandarin bikin masakan ini cocok dinikmati selagi hangat dengan nasi dan sup.

Tumis irisan wortel yang ditambahkan taburan bubuk bawang putih secara merata. Kemudian, masukkan perasan jeruk mandarin, bubuk jahe, garam, lada, dan sedikit madu atau gula pasir. Masak sampai perasan jeruk mandarin dan bumbu meresap pada wortel, barulah glazed carrots with orange and ginger siap dihidangkan.

Jeruk mandarin biasanya diolah menjadi dessert, namun juga bisa diolah bersama bumbu sedap dan bahan makanan menjadi menu masakan yang lezat. Kelima menu sedap di atas berpadu dengan kesegaran perasan jeruk mandarin yang bikin ketagihan!

Berbicara tentang perayaan Imlek, ini merupakan perayaan terpenting bagi orang Tionghoa. Warna merah menjadi ciri khas dari perayaan ini. Sering kita menemui nuansa warna merah sering melekat dalam perayaan ini. Meskipun merah merupakan warna yang paling terkait dengan Tahun Baru Imlek, dalam hal buah-buahan, buah jeruk berwarna oranye menjadi salah satu hal terpenting.

Lebih khusus lagi, citrus reticulata atau lebih dikenal sebagai jeruk mandarin selalu menjadi buah pokok yang diasosiasikan dengan perayaan Imlek. Tidak mengherankan, ada makna yang lebih dalam tentang mengapa orang Tionghoa menyukai buah ini di antara yang lain.

Jeruk mandarin selalu dianggap sebagai simbol keberuntungan. Ini terutama karena kata orange, ketika diucapkan dalam bahasa mandarin, terdengar mirip dengan kata “kekayaan”. Warna oranye pada buah ini juga dikatakan melambangkan “emas”, yang menjadikannya buah yang sangat menguntungkan.