Beberapa Cara Membuat Kacang Bawang yang Gurih dan Kriuk

Beberapa Cara Membuat Kacang Bawang yang Gurih dan Kriuk

Beberapa Cara Membuat Kacang Bawang yang Gurih dan Kriuk – Kacang bawang adalah makanan ringan yang sangat umum dijumpai terutama pada perayaan hari lebaran atau tahun baru atau kegiatan yang berhubungan dengan perayaan adat atau keagamaan, seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan Perkawinan. Kacang menjadi camilan yang disukai banyak orang, karena rasanya gurih dan cara makannya praktis. 

Kacang bawang berasal dari kacang tanah yang mendapat perlakuan khusus, dengan penambahan berbagai macam bumbu yang menjadikan kacang tersebut memiliki rasa yang spesifik. Teksturnya yang renyah pun gak membosankan. Salah satu olahan kacang yang populer adalah kacang bawang.

Meski kacang bawang biasa disajikan saat Lebaran, tetapi makanan ini juga cocok untuk camilan sehari-hari, lho. Kalau ingin membuatnya sendiri, kamu bisa ikuti beberapa tips membuat kacang bawang berikut ini.

1. Pilih kacang yang sudah dikupas
5 Tips Membuat Kacang Bawang yang Gurih dan Gak Pahit

Gunakan kacang tanah yang sudah dikupas supaya lebih praktis. Kamu bisa menemukannya di pasar tradisional. Sebelum diolah, cuci kacang tanah hingga bersih dari kotoran.

2. Siapkan bawang putih halus dan irisan
5 Tips Membuat Kacang Bawang yang Gurih dan Gak Pahit

Supaya rasanya gurih, gunakan bawang putih halus dan irisan. Bawang putih halus berguna sebagai bumbu untuk merendam kacang tanah.

Sedangkan, bawang putih irisan berguna sebagai penambah rasa. Namun, goreng bawang putih irisan terlebih dahulu, supaya aromanya bisa menyatu dengan minyak.

3. Rendam kacang dengan santan yang dibumbui
5 Tips Membuat Kacang Bawang yang Gurih dan Gak Pahit

Untuk membuat kacang bawang yang gurih, campur santan dengan bawang putih halus, garam, dan gula pasir. Rebus santan hingga tercampur rata dan mendidih.

Masukkan kacang tanah ke dalam santan yang sudah dibumbui. Rendam selama 10 menit. Setelah itu, tiriskan kacang tanah.

4. Goreng kacang dengan minyak bekas
5 Tips Membuat Kacang Bawang yang Gurih dan Gak Pahit

Minyak bekas menggoreng bawang putih digunakan kembali untuk menggoreng kacang tanah, sehingga aroma dan rasanya kuat dan merata. Setelah selesai digoreng, tiriskan hingga kacang tanah kering.

5. Simpan di dalam stoples
5 Tips Membuat Kacang Bawang yang Gurih dan Gak Pahit

Terakhir, campur kacang tanah dan bawang putih goreng. Setelah suhunya dingin, simpan kacang bawang di dalam stoples kedap udara, sehingga kacang bawang tetap renyah dan tahan lama.

Itulah beberapa tips membuat kacang bawang supaya gak pahit dan gurih. Jadi, penggunaan bawang putih sangat memengaruhi rasa, aroma, dan tekstur kacang tanah. Selamat mencoba!