Sederetan Hidangan Olahan Daging Paling Favorite di Korsel

Sederetan Hidangan Olahan Daging Paling Favorite di Korsel

Sederetan Hidangan Olahan Daging Paling Favorite di Korsel – Masakan Korea adalah makanan tradisional yang berdasarkan pada teknik dan cara memasak orang Korea. Mulai dari kuliner istana yang aneh sampai makanan khas daerah serta perpaduan masakan modern, bahan-bahan yang digunakan serta cara penyiapannya yang sangat berbeda.

Banyak sekali makanan Korea yang sudah mendunia. Pecinta KDrama yang sering ngiler lihat adegan makan daging bareng soju, yuk merapat! Kamu tahu gak, ternyata daging adalah salah satu bahan makanan wajib ada setiap makan di Korea Selatan. Entah itu daging ayam, sapi, atau babi.

Gak heran, kalau di drama Korea pun sering ada scene makan daging, entah itu dengan keluarga atau teman. Nah, berikut ini adalah daftar olahan daging yang terpopuler dari Korea Selatan dan beberapa memang serinh muncul di dalam drama.

1. Bulgogi
6 Masakan Daging Terpopuler di Korea, Pecinta KDrama Pasti Tahu

Siapa nih yang belum pernah dengar bulgogi? Berasal dari kata bool yang artinya api dan kogi yang berarti daging, makanan satu ini memiliki banyak peminat karena punya rasa pedas dan sedikit asam menyegarkan.

Bulgogi dikabarkan berawal sejak periode Goguryeo, saat daging direndam dengan bumbu lebih dahulu sebelum dipanggang. Berbeda dengan teknik memanggang daging ala China yang memanggang lebih dahulu, baru diberi bumbu.

Secara umum bumbu tradisional bulgogi terdiri dari madu, wijen, bawang putih, kecap, dan daun bawang. Sedangkan daging yang digunakan bisa berupa daging ayam, babi, atau sapi. Ada juga yang menggunakan tahu, udang, atau cumi.

2. Samgyeopsal
6 Masakan Daging Terpopuler di Korea, Pecinta KDrama Pasti Tahu

Makanan yang satu ini pasti sering sekali kamu lihat dalam drama, samgyeopsal. Nama samgyeopsal diambil dari kata sam yang artinya tiga, gyeop yang artinya berlapis, dan sal yang artinya daging. Jadi, samgyeopsal adalah adalah makanan yang terdiri dari tiga lapis daging, seperti lapisan daging yang terlihat.

Samgyeopsal sendiri terdiri dari potongan daging atau isi perut babi yang dipotong kecil-kecil, kemudian dipanggang sampai matang. Menurut masyarakat, menu daging ini muncul pada tahun 1960-an saat harga soju mengalami penurunan. Karenanya, orang-orang membutuhkan hidangan pendamping yang juga murah. Setelahnya, tercipta samgyeopsal yang saat itu juga harga isi perut babi juga murah.

Ada banyak kedai yang menjual samgyeopsal ini, baik kedai kecil sampai yang besar. Daging dimasak dengan panci khusus yang diletakkan di atas meja. Panci ini dirancang khusus supaya lemak bisa keluar dari daging.

3. Kalbi
6 Masakan Daging Terpopuler di Korea, Pecinta KDrama Pasti Tahu

Kalbi atau galbi adalah hidangan mewah buat sebagian besar orang Korea Selatan. Sebab, makanan ini dibuat dari iga sapi. Sebelum disajikan, iga direndam dengan saus manis yang terbuat dari gula, kecap, anggur beras, bawang putih dan minyak wijen. Setelah kira-kira bumbu meresap, iga kemudian dipanggang sampai matang.

Meskipun kalbi artinya iga, daging dari ayam dan babi juga bisa digunakan. Orang Korea Selatan menambahkan kimchi, pasta kacang merah atau nasi, sebagai teman. Tetapi bisa juga dibungkus dengan daun selada dan ditambah dengan berbagai sayuran.

Saking istimewanya, kalbi bahkan memiliki festival sendiri dan sudah ada sejak tahun 1995 yang disebut festival Suwon Galbi. Di festival ini bertujuan supaya masyarakat bisa bersama-sama merasakan manis dan gurihnya galbi.

4. Dakbokkeumtang
6 Masakan Daging Terpopuler di Korea, Pecinta KDrama Pasti Tahu

Sudah ada sejak abad ke-20, dakbokkeumtang adalah salah satu hidangan unggas terfavorit di Korea Selatan. Dakbokkeumtang sendiri terbuat dari kentang, ayam, wortel, dan bawang bombang. Setelah dipotong-potong, bahan tadi kemudian dimasak dengan kecap, gochujang, dan bawang putih.

Masakan ini juga sering disebut dengan dakdoritang yang berasal dari kata dak yang berarti ayam dan dori yang artinya burung dalam bahasa Jepang. Soal rasa, jangan ditanya! Banyak yang memuji makanan ini karena kombinasi rasa pedas, gurih, dan daging ayamnya yang lembut.

Beberapa restoran di Korea menyajikannya dengan pot gerabah sehingga tampak unik. Ada juga yang menyajikan ayamnya tanpa dipotong alias disajikan utuh.

5. Jokbal
6 Masakan Daging Terpopuler di Korea, Pecinta KDrama Pasti Tahu

Pernah dengar jokbal? Kamu yang hobi nonton drama korea pasti pernah mendengar jokbal banyak disebut. Jokbal sendiri adalah hidangan dari kaki babi yang dibumbui, dihilangkan tulangnya, dan dikukus tanpa tulang.

Daging kaki babi ini dibumbui dengan jahe, kecap, dan gula-gula hitam, makanya jokbal punya cita rasa yang unik. Nantinya, jokbal yang masih panas akan disajikan dengan buchu, parutan lobak, dan gak boleh ketinggalan, kimchi!

Jokbal adalah makanan keluarga, dinikmati sambil minum soju, bir, atau makgeolliEits, meskipun ini adalah hidangan dari kaki babi, kaki yang dipilih jelas yang masih bagus karena itu pun jadi kunci jokbal yang enak.

6. Galbijjim
6 Masakan Daging Terpopuler di Korea, Pecinta KDrama Pasti Tahu

Merupakan salah satu hidangan tradisional Korea Selatan yang sudah ada sejak 1700-an, galbijjam adalah makanan yang terdiri dari iga sapi. Nah, iga sapi tadi direbus dalam bumbu seperti mirin, madu, kecap, bawang putih, jahe, dan parutan apel.

Biar makin mantap, iga sapi ditambah dengan bahan seperti lobak, wortel, chestnut, jujube, sampai kacang pinus. Galbijjim termasuk makanan pokok dan wajib ada dalam berbagai perayaan seperti tahun baru atau hari festival panen Korea Selatan.

Mengingat masak galbijjim membutuhkan waktu yang gak sebentar, rasa lelah langsung sirna setelah menyantap daging super empuk yang dilapisi dengan saus lengket, asin, manis, dan pedas tersebut.

Masakan Korea sebagian besar berbahan beras, mi, tahu, sayuran dan daging. Makanan tradisional Korea dikenal dengan makanan sampingan yaitu  banchan yang dimakan dengan nasi putih dan sup atau kaldu. Setiap makanan dilengkapi dengan banchan yang cukup banyak.

Kimchi adalah makanan fermentasi yang berasal dari sayuran, utamanya  sawi, lobak dan Metimun. Setidaknya ada satu jenis kimchi yang disajikan sebagai banchan sepanjang tahun. Kimchi juga adalah bahan dasar utama dalam berbagai resep masakan Korea.