Sajian Tumis Babi Asam Manis yang Jadi Favorite Warga Korea

Sajian Tumis Babi Asam Manis yang Jadi Favorite Warga Korea

Sajian Tumis Babi Asam Manis yang Jadi Favorite Warga KoreaTangsuyuk  adalah hidangan yang pertama kali dibuat oleh imigran Tionghoa di kota pelabuhan Incheon, tempat mayoritas penduduk etnis Tionghoa di Korea Selatan tinggal.

Ini berasal dari gaya Shandong tángcùròu, karena imigran Cina ke Korea sebagian besar memiliki keturunan Shandong, termasuk mereka yang pertama kali bermigrasi ke Cina Timur Laut. Daging merupakan bahan baku untuk masakan yang sangat lazim digunakan dalam dunia kuliner.

Daging tersebut berupa idn poker mobile daging sapi, daging ayam, hingga daging babi. Nah, di Korea Selatan, ada olahan khas berbahan daging babi yang tak kalah terkenal bernama tangsuyuk.

1. Tangsuyuk merupakan tumis babi yang dipadukan dengan saus asam-manis

50+ Makanan Khas Korea Selatan Enak Banget Bikin Lidah Bergoyang

Berdasarkan bahan baku dan tampilan hidangannya, tangsuyuk adalah tumis daging babi yang dicampurkan dengan saus asam-manis.

Usut punya usut, ada dua versi dalam menyantap sajian ini. Pertama, saus langsung disiramkan pada daging. Kedua, saus dan daging dipisah pada piring berbeda sehingga saus menjadi cocolan.

2. Tangsuyuk umumnya memakan daging babi tapi kadang daging sapi, daging ayam, atau jamur

5 Serba-serbi Tangsuyuk, Sajian Tumis Babi Asam Manis ala Korea

Sebagaimana bahan bakunya yakni daging babi, maka sajian ini tak direkomendasikan untuk para wisatawan muslim. Dengan kata lain, pengunjung muslim harus lebih cermat dalam memilah-milih menu.

\Kendati demikian, kadang ada pula pedagang yang mencoba mengganti daging untuk tangsuyuk dengan daging sapi, daging ayam, hingga jamur.

3. Tangsuyuk diperkenalkan di Korea oleh imigran Tionghoa yang bermukim di kawasan pelabuhan

5 Serba-serbi Tangsuyuk, Sajian Tumis Babi Asam Manis ala Korea

Konon, hidangan ini diperkenalkan oleh imigran Tionghoa di Korea. Tepatnya, imigram Tionghoa yang bermukim di kawasan pelabuhan seperti Incheon. Awal mula kemunculannya, tangsuyuk tercipta dari kreasi berupa daging yang digoreng dengan tepung, kemudian disiram dengan saus asam-manis.

4. Tangsuyuk diolah dari potongan daging yang dilapisi adonan lalu digoreng sebanyak dua kali

5 Serba-serbi Tangsuyuk, Sajian Tumis Babi Asam Manis ala Korea

Daging yang digunakan akan dipotong seukuran satu gigitan, lalu dibaluri adonan yang berbahan campuran ubi, pati jagung, dan air. Selain itu, adonan tadi juga dapat dibuat dari alternatif berupa tepung ketan. Daging berlapis adonan tadi lantas digoreng sebanyak dua kali agar teksturnya lebih garing.

5. Tangsuyuk juga dilengkapi dengan ragam bahan pelengkap saat disajikan selagi hangat

5 Serba-serbi Tangsuyuk, Sajian Tumis Babi Asam Manis ala Korea

Tangsuyuk disajikan selagi masih hangat baik langsung dicampur saus maupun saus terpisah. Selain itu, tangsuyuk juga memiliki bahan-bahan pelengkap yang beraneka ragam. Ada potongan mentimum, wortel, nanas, irisan bawang merah, dan lainnya.

Potongan-potongan kecil dari daging babi atau daging sapi pinggang yang dilapisi dengan adonan, biasanya dibuat dengan merendam campuran kentang atau ubi jalar pati dan pati jagung dalam air selama beberapa jam dan menguras kelebihan air. 

Tepung beras ketan juga bisa digunakan. Putih telur atau minyak goreng ditambahkan ke adonan untuk mengubah konsistensinya. Sama halnya dengan masakan gorengan Korea lainnya, daging tangsuyuk yang sudah babak belur juga digoreng ganda. 

Tangsuyuk disajikan dengan saus asam manis, yang biasanya dibuat dengan cuka mendidih , gula dan air, dengan berbagai buah-buahan dan sayuran seperti wortel , mentimun , bawang , kastanye , jamur kuping kayu dan nanas . Bubur pati digunakan untuk mengentalkan saus.