Rekomendasi Kuliner Unik Indonesia Ala Foodblogger Mgdalenaf

Rekomendasi Kuliner Unik Indonesia Ala Foodblogger Mgdalenaf

Rekomendasi Kuliner Unik Indonesia Ala Foodblogger Mgdalenaf – Blogging makanan merupakan jalinan kompleks ” pecinta makanan ” atau minat gourmet dalam memasak dengan orang-orang dari menulis blog dan fotografi. Sebagian besar blog menggunakan gambar yang diambil oleh penulis sendiri dan beberapa di antaranya fokus khusus pada fotografi makanan .

Bagi para penonton naravlog kuliner di kanal YouTube, pasti kamu sudah tidak asing dengan MGDALENAF. Ia identik dengan jargon “Bar-bar kuy!” saat hendak menyantap makanan.

MGDALENAF atau Magdalena Fridawati adalah salah satu content creator dengan ciri khas me-review makanan dalam porsi besar dan pedas. Sejauh ini, MGDALENAF sudah memperkenalkan berbagai kuliner khas, mulai yang unik, pedas, aneh, bahkan viral.

1. Seblak cobek
6 Kuliner Unik Khas Indonesia ala Mgdalenaf, Ada Bubur Goreng!

Seblak cobek adalah salah satu makanan unik yang wajib kamu  coba saat ke Bandung. Hampir sama dengan seblak pada umumnya, seblak cobek ini menyediakan beragam topping dengan harga Rp7-20 ribu.

Hal yang membedakan seblak ini dengan seblak yang lain adalah cara mencampur topping dan bumbu yang menggunakan cobek. Pertama, topping akan direbus atau digoreng terlebih dahulu, lalu diaduk dengan bumbu menggunakan cobek hingga merata.

2. Bakso rujak
6 Kuliner Unik Khas Indonesia ala Mgdalenaf, Ada Bubur Goreng!

Bakso rujak ini ada karena tidak sengaja mencampur rujak dan bakso. Bakso rujak adalah bakso yang dicampur dengan berbagai macam buah, lalu disiram kuah rujak yang pedas, manis, dan asam.

Buah yang digunakan pada bakso ini ada empat macam, yakni nanas, pepaya muda, bengkuang, dan mangga. Meski unik, namun perpaduan antara daging bakso dan segarnya buah pada rujak cukup memanjakan lidah, lho.

3. Bubur goreng
6 Kuliner Unik Khas Indonesia ala Mgdalenaf, Ada Bubur Goreng!

Bubur goreng tercetus dari pengalaman penjual yang awalnya hanya coba-coba saja, lalu ternyata disukai oleh banyak orang. Hal yang membedakan bubur biasa dan bubur goreng ini adalah cara memasaknya serta kuah.

Kalau biasanya menggunakan kuah kuning, bubur goreng justru menambahkan kuah kecap asin. Pada bubur goreng, topping dan bubur akan diaduk, lalu digoreng di atas wajan dengan minyak bawang.

4. Nasi goreng kuah
6 Kuliner Unik Khas Indonesia ala Mgdalenaf, Ada Bubur Goreng!

Kalau kamu adalah salah satu pencinta nasi goreng, tampaknya kalian harus mencoba makanan unik satu ini. Sebenarnya, cara pembuatan nasi goreng kuah hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya.

Namun, penggunaan kuah tongseng yang disiram di atas nasi goreng membuatnya berbeda. Tidak hanya itu, nasi goreng ini juga dimasak dengan arang, sehingga aromanya semakin harum, lho. Nasi goreng kuah disajikan dengan kerupuk dan bawang goreng.

5. Sate kuah
6 Kuliner Unik Khas Indonesia ala Mgdalenaf, Ada Bubur Goreng!

Pada umumnya, masyarakat mengonsumsi sate dengan bumbu kacang saja. Namun, ada inovasi yang membuat sate semakin unik dan lezat dengan tambahan kuah di atasnya khas Pontianak, lho.

Kuah yang digunakan biasanya perpaduan  kaldu sapi dan ayam yang dicampur rempah-rempah. Kamu bisa memilih jenis satenya, yakni sate ayam dan sate sapi yang sudah dimarinasi selama satu hari, sehingga meresap sempurna.

6. Bakso ulek
6 Kuliner Unik Khas Indonesia ala Mgdalenaf, Ada Bubur Goreng!

Bakso ulek adalah perpaduan antara bakso dengan gado-gado atau karedok. Cara pembuatan gado-gado atau karedok sebenarnya hampir sama dengan yang biasa ditemui di gerobak atau warung.

Gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus, sementara karedok dengan  sayuran mentah. Bumbu yang digunakan terdiri dari bawang putih, gula merah, cabai rawit, kacang tanah, dan air jeruk limau.

Saat disajikan, gado-gado atau karedok ditambahkan bihun di atasnya, lalu disiram dengan kuah bakso. Dari penampilannya, bakso ulek ini hampir mirip dengan rujak soto khas Banyuwangi yang legendaris.

Makanan dan perjalanan adalah jenis blogging makanan yang sangat menarik karena melibatkan keterlibatan budaya yang berbeda. Para blogger ini berkeliling dunia, mengunjungi dan makan melalui kota-kota yang terkenal dengan makanan seperti Bangkok, Chengdu, dan Tokyo, serta tempat-tempat makanan panas yang kurang dikenal seperti Istanbul, Kuala Lumpur, dan Karachi, mendokumentasikan pengalaman saat mereka pergi. 

Blogging makanan dan perjalanan melibatkan banyak penelitian, pemotretan, pengeditan, investasi & penjadwalan.  Host blog ini menanggung tantangan untuk merangkul budaya dan pengalaman lain, bahkan jika itu berarti keluar dari zona nyaman mereka.

Meskipun unik, namun cita rasa dari makanan-makanan di atas dijamin tidak akan mengecewakan lidahmu. Apalagi kalau tambahan rempah rahasia dan cara pembuatan yang berbeda dari biasanya. Jadi, berminat mencoba yang mana?