Ragam Olahan Daging Sapi Khas Brazil untuk Menu Inspirasimu

Ragam Olahan Daging Sapi Khas Brazil untuk Menu Inspirasimu

Ragam Olahan Daging Sapi Khas Brazil untuk Menu Inspirasimu – Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Olahan daging sapi seringkali dihidangkan dalam acara mewah dan menjadi menu di kafe atau restoran dengan harga yang tidak murah.

Di setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung dari cara pengolahannya. Sebagai contoh has luar, daging iga dan T-Bone sangat umum digunakan di Eropa dan Amerika Serikat sebagai bahan pembuatan steik sehingga bagian sapi ini sangat banyak diperdagangkan. Brazil adalah salah satu negara yang mempunyai beragam olahan daging yang dapat memanjakan lidah.

Tak harus menjadi makanan mahal, olahan daging sapi khas Brazil ini dapat dijadikan inspirasi menu untuk berbagai acara. Apa saja olahan daging ini? Berikut daftarnya.

1. Carne de sol
5 Ragam Olahan Daging Sapi Khas Brazil, Tak Cukup Satu Gigitan! 

Carne de sol merupakan hidangan yang secara tradisional dibuat dengan daging sapi atau kambing. Karena kepopulerannya, makanan ini dapat mudah dijumpai di seluruh Brazil. Makanan ini dapat berupa semur.

Namun, daging juga dapat melalui proses pemanggangan, lalu dipotong dan dihidangkan bersamaan dengan nasi atau kentang tumbuk. Makanan ini juga dapat dinikmati dengan keju coalho dan disertai dengan bubur ubi kayu kental yang disebut pirão atau singkong rebus.

2. Vaca atolada
5 Ragam Olahan Daging Sapi Khas Brazil, Tak Cukup Satu Gigitan! 

Vaca atolada merupakan makanan yang terdiri dari iga sapi, bawang putih, bawang bombay, tomat, peterseli, singkong, cabai, dan ground colorau atau biji urucum. Pertama-tama daging diasinkan terlebih dahulu. Selanjutnya daging dimasak dan direndam dalam saus kental.

Makanan ini biasanya disantap berdampingan dengan nasi putih. Sebagai pelengkap, salad hijau segar juga turut menjadi pendampingnya.

3. Filé Oswaldo Aranha
5 Ragam Olahan Daging Sapi Khas Brazil, Tak Cukup Satu Gigitan! 

Filé oswaldo aranha merupakan makanan yang terdiri dari bistik sapi yang ditaburi dengan menggunakan bawang putih goreng dalam jumlah banyak. Hidangan ini paling umum dihidangkan dengan nasi putih, keripik kentang renyah, dan farofa di sampingnya.

Makanan ini dinamai oleh Oswaldo Aranha. Ia adalah seorang politisi dan diplomat Brasil yang sering meminta steaknya untuk disantap bersamaan dengan bawang putih goreng.

4. Carne de onça
5 Ragam Olahan Daging Sapi Khas Brazil, Tak Cukup Satu Gigitan! 

Carne de onça merupakan makanan khas Brazil yang telah ada sejak tahun 1953. Hidangan ini terbuat dari campuran daging sapi cincang, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, minyak zaitun, cognac, bubuk cabai, dan bubuk paprika manis.

Cara pembuatannya yaitu, daging sapi cincang dipipihkan, kemudian disiram dengan cognac, lalu dibumbui, dan dikombinasikan dengan sisa bahan. Setelah selesai, kombinasi yang dihasilkan umumnya dibentuk menjadi persegi panjang datar, dan selanjutnya dihidangkan dengan roti panggang, mustard, dan mentega.

5. Alcatra
5 Ragam Olahan Daging Sapi Khas Brazil, Tak Cukup Satu Gigitan! 

Alcatra merupakan potongan khusus dari sirloin atas. Daging ini bisa berukuran besar, panjang, dan ramping, steak ini dihargai karena rasanya yang enak dan rasa daging sapi yang hangat. Potongannya biasanya digunakan untuk churrasco, yang merupakan metode barbekyu tradisional Brasil.

Alcatra menjadi salah satu potongan terbesar yang dihidangkan sebagai bagian dari churrasco. Untuk memperkuat rasa, maka daging ini harus diberi bumbu yang berupa garam dengan sempurna, kemudian dipanggang dengan lapisan lemak hingga sebagian besar meleleh, dan lemak yang tersisa menjadi renyah.

Olahan daging khas Brazil ini dapat dijadikan inspirasi menu untuk dibuat di rumah atau menjadi suguhan diberbagai acara. Selamat mencobanya ya.