Masakan ala Korea Selatan dari Daun Perilla yang Wangi

Masakan ala Korea Selatan dari Daun Perilla yang Wangi

Masakan ala Korea Selatan dari Daun Perilla yang Wangi – Perilla adalah daun yang sering dijadikan sebagai bahan dalam ramuan obat. Selain itu, daun perilla juga bermanfaat sebagai campuran untuk menyedapkan rasa masakan. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman basil dari Tiongkok.

Daun perilla merupakan salah satu tanaman yang cukup populer di Korea Selatan untuk digunakan sebagai bahan baku mengolah makanan. Selain itu, daun ini juga memiliki sensasi rasa unik ketika dikonsumsi.

Daun ini cukup umum dijadikan aneka masakan untuk hidangan utama maupun pendamping di berbagai situasi dan kondisi. Beberapa makanan umum kita jumpai dalam Club388 berbagai acara khas Negeri Ginseng tersebut, seperti lima sajian berikut ini.

1. Kkaennip jeon
5 Masakan ala Korea Selatan dari Daun Perilla, Tajam Rasa dan Aroma!

Olahan daun perilla yang satu ini hampir mirip dengan aneka gorengan yang biasa ditemui, rasa makanan cenderung gurih, padat, dan garing di bagian luar. Makanan tersebut dikenal dengan nama kkaennip jeon.

Kkaennip jeon diolah dengan cara memasukkan daging cincang yang telah dimasak ke dalam daun, lalu lipat dan bubuhi dengan campuran tepung. Goreng adonan tersebut dan sajikan dengan saus.

2. Ssam
5 Masakan ala Korea Selatan dari Daun Perilla, Tajam Rasa dan Aroma!

Ssam merupakan salah satu sajian populer di Korea Selatan yang menggunakan aneka olahan barbeku seperti daging panggang dan dimakan dengan cara dibungkus memakai selada atau daun perilla, serta ditambah bawang putih dan cabai hijau.

Daging yang dipakai dalam makanan ini pun beragam, sementara pembungkusan dilakukan secara langsung sehingga acara makan menjadi lebih menarik sekaligus menghangatkan suasana.

3. Kkaenip jjim
5 Masakan ala Korea Selatan dari Daun Perilla, Tajam Rasa dan Aroma!

Cara lain dalam menikmati daun perilla yang cocok disajikan berdampingan dengan aneka lauk adalah dimasak menggunakan metode kukus, dan makanan tersebut dikenal dengan sebutan kkaenip jjim atau steamed perilla leaf.

Daun dikukus dengan cara dilumuri bumbu yang terdiri dari campuran gochugaru atau bubuk cabai Korea, minyak wijen, dan aneka penyedap. Bumbu ditaruh dalam setiap lembaran daun dan masak dalam waktu singkat.

4. Ssambap
5 Masakan ala Korea Selatan dari Daun Perilla, Tajam Rasa dan Aroma!

Bila ssam umumnya terdiri dari aneka makanan barbeku yang dibungkus oleh daun perilla atau selada, maka ssambap menggunakan bahan baku berupa nasi putih yang dibungkus menggunakan salah satu dedaunan tersebut.

Makanan ini dikenal pula dengan sebutan Korean rice lettuce atau perilla wrap, dan sering disajikan dengan ragam lauk pendamping, termasuk saus yang membuat rasa nasi bungkus daun ini tambah kaya.

5. Kkaenip kimchi
5 Masakan ala Korea Selatan dari Daun Perilla, Tajam Rasa dan Aroma!

Daun perilla hampir memiliki peran yang sama dengan kebanyakan sayur yang populer di Korea Selatan, tanaman yang satu ini pun cukup sering diolah menjadi kimchi, yakni olahan fermentasi dengan aneka bumbu yang membuat rasanya jadi semakin nikmat.

Makanan yang akrab dengan sebutan kkaennip kimchi ini bisa ditemukan di berbagai tempat di negeri ginseng tersebut, berdampingan bersama makanan utama lain yang tidak kalah sedap.

Itulah kelima olahan daun perilla dari Korea Selatan yang menjadi favorit dan memiliki tampilan menggugah selera.