Masak Tumis Jamur Kancing yang Jadi Menu Andalan Keluarga

Masak Tumis Jamur Kancing yang Jadi Menu Andalan Keluarga

Masak Tumis Jamur Kancing yang Jadi Menu Andalan Keluarga – Jamur kancing (Agaricus bisporus), jamur kompos atau champignon adalah jamur pangan yang berbentuk hampir bulat seperti kancing dan berwarna putih  bersih, krem, atau coklat muda.

Jamur kancing merupakan jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Jamur kancing banyak disukai karena cocok untuk berbagai masakan. Bisa diolah menjadi topping, sup, hingga tumisan. Apalagi kalau ditambah dengan telur puyuh.

Lezatnya memuaskan rasa lapar. Masakan ini juga cocok buat kamu yang gak mau ribet. Hanya memotong dan mengiris bahan-bahan, lalu menumisnya. Yuk, cobain resep tumis jamur kancing telur puyuh di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan
Resep Tumis Jamur Kancing Telur Puyuh, Menu Praktis untuk Awal Pekanmu

Bahan-bahan:

  • 100 gram jamur kancing
  • 10 butir telur puyuh yang sudah dikupas
  • minyak secukupnya
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 siung bawang bombay, iris
  • 5 buah cabai rawit merah, iris
  • 5 buah cabai merah keriting, iris
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • air secukupnya
2. Potong-potong jamur kancing
Resep Tumis Jamur Kancing Telur Puyuh, Menu Praktis untuk Awal Pekanmu

Cuci jamur kancing hingga bersih dengan air mengalir. Setelah dibersihkan, potong-potong sesuai selera, kemudian sisihkan.

3. Tumis bumbu hingga harum dan matang
Resep Tumis Jamur Kancing Telur Puyuh, Menu Praktis untuk Awal Pekanmu

Selanjutnya, panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang bombay, cabai rawit merah, cabai merah keriting, lengkuas, dan daun salam. Masak hingga harum dan matang.

4. Masukkan jamur kancing dan bahan lainnya
Resep Tumis Jamur Kancing Telur Puyuh, Menu Praktis untuk Awal Pekanmu

Masukkan jamur kancing, lalu aduk merata. Tambahkan gula pasir dan garam, kemudian aduk hingga merata. Tambahkan sedikit air, masak hingga bumbu mengental.

5. Tambahkan telur puyuh, masak hingga matang
Resep Tumis Jamur Kancing Telur Puyuh, Menu Praktis untuk Awal Pekanmu

Terakhir, tambahkan telur puyuh. Masak tumis jamur kancing telur puyuh hingga matang. Setelah matang, angkat dan sajikan tumis jamur kancing telur puyuh.

Dalam bahasa Inggris disebut sebagai table mushroomwhite mushroomcommon mushroom atau cultivated mushroom. Di Prancis disebut sebagai  champignon de Paris, tetapi penutur bahasa Inggris sering menyebutnya sebagai champignon yang dalam bahasa Prancis mencakup segala jenis fungi, termasuk jamur pangan, jamur beracun, dan jamur penyebab infeksi.

Jamur kancing dipanen sewaktu masih berdiameter sekitar 2-4 cm. Tubuh buah dewasa dengan payung yang sudah mekar mempunyai diameter sampai 20 cm. Jamur kancing dijual dalam bentuk segar atau kalengan, biasanya digunakan dalam berbagai masakan Barat seperti omelet, pizza, kaserol,  gratin, dan selada. Jamur kancing memiliki aroma unik, sebagian orang ada yang menyebutnya sedikit manis atau seperti “daging”.

Jamur kancing segar bebas lemak, bebas sodium, serta kaya vitamin dan mineral, seperti vitamin B dan potasium. Jamur kancing juga rendah kalori, 5 buah jamur ukuran sedang sama dengan 20 kalori.

Jamur kancing dimasak utuh atau dipotong-potong lebih dulu. Jamur kancing cepat berubah warna menjadi kecoklatan dan hilang aromanya setelah dipotong dan dibiarkan di udara terbuka. Jamur kancing segar sebaiknya cepat dimasak selagi masih belum berubah warna.