Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba

Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba

Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba – Makanan tradisional/khas adalah makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat tertentu, dengan citarasa khas yang diterima oleh masyarakat tersebut. Bagi masyarakat Indonesia umumnya amat diyakini khasiat, aneka pangan tradisional, seperti tempe, tahu, bawang putih, madu, temulawak, gado-gado, kacang hijau, ikan laut, ikan darat dll.

Karena disamping khasiat, makanan tradisional Indonesia juga mengandung segi positip yang lain seperti: Bahan-bahan yang alami, bergizi tinggi, sehat dan aman, murah dan mudah didapat, sesuai dengan selera masyarakat sehingga diyakini punya potensi yang baik sebagai makanan. Lithuania adalah salah satu negara yang terkenal akan bentangan alamnya yang luar biasa menakjubkan.

Selain itu, negara ini juga terkenal akan Daftar Club388 wisata kulinernya yang nikmat dan sekaligus sukses menggugah selera. Beragam makanan khas bisa dicoba, mulai dari yang rasanya manis, asin, asam, hingga gurih. Pilihannya pun juga bervariasi, bisa menjadi menu utama, hidangan penutup, atau sekadar camilan. Banyak di antaranya yang kaya akan rempah-rempah yang tentu menambah kelezatan pada makanan.

1. Potato Pancakes

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!

Kentang menjadi salah satu bahan utama yang menjadi makanan favorit bagi banyak penduduk negara ini. Banyak ragan olahan makanan yang menggunakan kentang. Umumnya pancake di seluruh penjuru dunia menjadikan tepung menjadi bahan utama pembuatannya, berbeda dengan pancake asal Lithuania ini yang menggunakan kentang.

Kentang ini diparut dan dibumbui dengan bawang dan telur. Selanjutnya digoreng ke dalam minyak panas dan dihidangkan dengan adas, daun bawang, dan krim asam.

2. Cepelinai

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!

Cepelinai memerlukan adonan kentang mentah sebagai bahan utama. Kemudian adonan tersebut diisi daging babi dan dimasak. Umumnya makanan khas negara Lithuania ini dihidangkan bersamaan dengan siraman krim asam dan saus bacon.

3. Grybukai

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!

Grybukai adalah kue jamur yang tidak mempunyai bahan apapun dari jamur. Hanya bentuknya saja yang menyerupai jamur. Kue berbentuk kecil ini dibuat dengan berbagai rempah seperti kayu manis, cengkih, kapulaga, dan pala.

4. Kepta Douna

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!

Kepta douna adalah roti goreng yang berupa roti gandum hitam ala Lithuania yang gurih dan juga sekaligus krispi. Untuk menambah kelezatan pada roti, biasanya ditambahkan dengan garam dan bawang putih. Cara penyajiannya umumnya dicocol ke dalam saus keju yang nikmat.

5. Saltibarsciai

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!

Saltibarsciai merupakan makanan sejenis sup yang biasanya bewarna pink yang tentu menggugah selera. Sup kental ini juga dikenal dengan nama chilled borscth. Bahan yang diperlukan untuk pembuatan sup antara lain kefir, beetroot, telur, dan kentang.

6. Kibinai

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!

Kibinai mempunyai bentuk yang menyerupai pastel yang ada di Indonesia. Namun, bedanya kibinae bertekstur lebih tebal yang mirip dengan roti ukuran besar. Makanan ini umumnya berisi daging domba yang ditambahkan dengan bawang bombai.

7. Kugelis

7 Makanan Khas Lithuania yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba!

Kugelis adalah pudding yang berbahan dasar kentang yang juga dikategorikan sebagai lasagna. Makanan ini mengalami proses pemanggangan dan dihidangkan dalam keadaan hangat bersamaan dengan daging.

Lithuania mempunyai beragam makanan khas yang lezat dan menggugah selera. Beragam makanan ini juga bisa mudah ditemui di tempat-tempat makan yang tersebar di penjuru negeri Dari tampilannya saja sudah pengin mencoba ya.