Lima Varian Makanan Serba Cokelat yang Bisa untuk Santapan

Lima Varian Makanan Serba Cokelat yang Bisa untuk Santapan

Lima Varian Makanan Serba Cokelat yang Bisa untuk Santapan – Cokelat atau Coklat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan. Cokelat memiliki rasa khas tersendiri yang membuat suatu makanan jadi lebih enak ketika disantap.

Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan pada hari ulang tahun dan hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta. Umumnya, bahan ini digunakan dalam aneka hidangan manis, baik itu untuk kue bolu, kukis, atau aneka dessert.

Di dalam dunia kuliner, olahan cokelat gulung menjadi salah satu makanan yang patut untuk dicicipi. Terdapat lima varian makanan serba cokelat yang bisa dicoba untuk santapan sehari-hari, seperti berikut ini.

1. Chocolate swiss roll
5 Kreasi Cokelat Gulung untuk Santapan Manis Keluarga

Swiss roll alias bolu gulung sering kali dijadikan alternatif dalam pengolahan makanan, karena memiliki rasa yang enak sekaligus penampilan menarik, meskipun hanya dengan cara digulung bersama krim isian.

Terdapat bermacam-macam varian swiss roll, salah satunya dengan melibatkan cokelat. Gunakan chocolate cake mix instan dan campuran telur, minyak goreng, dan gula. Sementara filling bisa diolah dari mentega serta powdered sugar.

2. Chocolate ice cream roll
5 Kreasi Cokelat Gulung untuk Santapan Manis Keluarga

Hampir mirip dengan swiss roll, kreasi makanan kali ini pun sama-sama diolah menggunakan bahan baku berupa kue bolu yang ditambahkan dengan bubuk cokelat agar semakin enak.

Akan tetapi, isian yang digunakan bukanlah krim biasa, melainkan ice cream lembut dan dingin, cocok disantap ketika panas terik. Pilih es krim kesukaan, baik itu vanilla atau cokelat, lalu gulung bersama bolu yang sudah dingin.

3. Chocolate cinnamon roll
5 Kreasi Cokelat Gulung untuk Santapan Manis Keluarga

Olahan cokelat gulung berikut ini bisa diterapkan dalam makanan populer, seperti cinnamon roll. Perpaduan roti dan isian yang kayu manis, membuat cinnamon roll cocok dijadikan menu sarapan atau camilan sekalipun.

Khusus pada sajian kali ini, dough tepung dan ragi bisa dicampur memakai cocoa powder. Kemudian hidangkan cinnamon bersama glaze yang terbuat dari campuran mentega dan selai cokelat agar tambah nikmat.

4. Chocolate bread roll
5 Kreasi Cokelat Gulung untuk Santapan Manis Keluarga

Selain cinnamon roll, roti biasa pun dapat dijadikan kreasi dalam hidangan bertema cokelat gulung. Bahan yang perlu digunakan adalah ragi, tepung, mentega, telur, sour cream, dan aneka perasa.

Campurkan adonan tersebut dan olah sampai kalis. Ketika adonan siap digunakan, jangan lupa memasukkan cokelat leleh ke dalamnya, lalu gulung dengan rapi sebelum masuk ke dalam panggangan.

5. Chocolate pastry roll
5 Kreasi Cokelat Gulung untuk Santapan Manis Keluarga

Sajian cokelat gulung ini terbilang praktis dan sederhana, namun tidak sampai menghilangkan sisi kenikmatan makanan yang sama-sama menggugah selera dengan olahan lainnya.

Chocolate pastry roll dimasak menggunakan kulit pastri instan sebagai bahan baku utamanya, campurkan dark chocolate dalam adonan, kemudian gulung keduanya dengan rapi. Biarkan beberapa saat dalam panggangan, lalu sajikan.

Bermacam-macam olahan cokelat gulung di atas dapat dijadikan menu pengganjal lapar, sekaligus masakan sehari-hari yang nikmat. Apalagi kalau kamu adalah pencinta cokelat, kreasi tersebut jangan sampai terlewatkan, deh.