Lima Tempat Makan Sate Paling Legendaris di Bandung

Lima Tempat Makan Sate Paling Legendaris di Bandung

Lima Tempat Makan Sate Paling Legendaris di Bandung – Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate menjadi salah satu menu kuliner favorit di Indonesia.

Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain. Bahkan, sate kini sudah memiliki banyak varian serta inovasi baru yang semakin memperkaya khasanah kuliner Nusantara.

Sebagai salah satu kota yang menjadi destinasi para wisatawan untuk berlibur, Bandung seperti tak pernah kehabisan rekomendasi warung kuliner terbaik hingga berstatus legendaris. Warung sate tentu juga termasuk dari sederet rekomendasi kuliner nikmat di Bandung itu. Simak 5 tempat makan sate paling legendaris di Bandung berikut ini, yuk!

1. Sate Kardjan
5 Sate Legendaris Paling 'Nusuk' di Bandung, Resep Turun Temurun!

Populer dengan menu sate buntal, sate Kardjan jadi rekomendasi pertama yang wajib kamu cicipi.

Sate Kardjan sendiri sudah berdiri sejak tahun1925.  Berawal dari Klaten, Jawa Tengah, di tahun 1960, Sate Kardjan memutuskan untuk hijrah ke Bandung. Sejatinya keputusan ini menjadi pilihan yang tepat karena pada akhirnya Sate Kardjan masuk dalam jajaran warung sate paling legendaris di Bandung.

Lokasi: Jl. Pasir Kaliki No.32, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam: 11:00 – 10:30 WIB
Harga: Rp. 30.000 – Rp. 49.000

2. Kedai Sate HM Harris
5 Sate Legendaris Paling 'Nusuk' di Bandung, Resep Turun Temurun!

Kedai Sate HM Harris diincar oleh banyak warga setempat hingga para pelancong. Bahkan, Jokowi juga pernah mampir ke warung ini, lho.

Gak heran karena sate yang disajikan di sini memang sangat enak dengan ciri khas tekstur daging mereka yang sangat lembut, tidak berbau, dan dihidangkan dengan menggunakan hot plate.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.155, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam: 10:00 – 22:00 WIB
Harga: Rp. 44.000 – Rp. 49.000

3. Kedai Sate Leman’s
5 Sate Legendaris Paling 'Nusuk' di Bandung, Resep Turun Temurun!

Dirintis sejak 1980-an, Sate Leman’s memiliki menu unggulan yaitu sate kambing yang sangat populer seantero kota. Bisnis kuliner sate ini merupakan usaha turun temurun yang pertama kali dikelola oleh istri Pak Leman sendiri.

Jay, selaku karyawan Sate Leman’s, mengatakan bahwa resep sate di warung ini berbeda dari yang lainnya. Kalau kamu pesan sate kambing, kami sarankan untuk disertai dengan memesan gulai kambing agar pengalaman eksplorasi rasa kamu semakin spektakuler di Sate Leman’s ini.

Lokasi: Jl. Buah Batu No.116A, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam: 10:00 – 22:00 WIB
Harga: Rp. 35.000 – Rp. 50.000

4. Sate Maulana Yusuf
5 Sate Legendaris Paling 'Nusuk' di Bandung, Resep Turun Temurun!

Tersedia berbagai varian sate, menu di warung sate yang satu ini sangat beragam. Mulai dari sate ayam, sate kambing, sate sapi, hingga sate jeroan semuanya tersedia.

Sate kambing Maulana Yusuf sangat terkenal karena memiliki tekstur yang empuk dan tidak amis. Selain hidangan yang enak, ruang makannya juga rapi dengan disertai udara segar sekaligus wangi asap sate ketika dibakar yang bikin para pelanggan selalu balik lagi ke tempat ini.

Lokasi: Jl. Maulana Yusuf No.19, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam: 10:00 – 22:00 WIB
Harga: Rp. 20.000 – Rp. 50.000

5. Sate Jando Mandiri
5 Sate Legendaris Paling 'Nusuk' di Bandung, Resep Turun Temurun!

Sate Jando Cimandiri punya keunikan tersendiri yang terletak di pilihan isian lemak susu sapi. Bumbu satenya juga terasa sangat spesial karena menggunakan kacang yang tidak dihancurkan halus.

Kuliner kaki lima di Bandung ini terbukti memiliki banyak penggemar, lho. Resep yang digunakan oleh warung ini sudah ada sejak tahun 1980-an mulai dari menjajakannya secara pikulan alias berkeliling. Tokoh politik, Ridwan Kamil pernah berkunjung ke warung ini, lho.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.30, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
Jam: 8:00 – 00:00 WIB
Harga: Rp. 23.000 – Rp. 25.000