Lima Sup Lezat Khas Taiwan yang Kuahnya Bikin Selera

Lima Sup Lezat Khas Taiwan yang Kuahnya Bikin Selera

Lima Sup Lezat Khas Taiwan yang Kuahnya Bikin Selera – Sup atau sop (bentuk tidak baku) adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan bisa berupa daging atau ayam untuk membuat kuah kaldu. Taiwan tak hanya terkenal dengan kulinernya yang berupa mi atau pun dumpling. Namun negara ini juga mempunyai beragam sup yang lezat dan nikmat.

Perebusan bukan merupakan suatu cara masak yang umum sampai penciptaan wadah tahan air sekitar 5.000 tahun yang lalu. Sup khas Taiwan terkenal dengan kelezatannya yang membuat wisatawan bakal ketagihan untuk mencobanya lagi.

Dari variasi jenis hidangan yang ada di negara ini, Dilansir dari Poker77 IDN terdapat sup khas Taiwan yang cocok dihidangkan saat sedang hujan. Penasaran? Yuk, simak!

1. Sup Mi Daging Sapi
5 Sup Lezat Khas Taiwan, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan! 

Sup mi daging sapi adalah mi kuah Tiongkok dan Taiwan yang terbuat dari daging sapi, sayuran dan mi Tiongkok yang direbus atau ditumis merah. Makanan ini terkenal di Asia Timur dan Asia Tenggara. Sup ini biasanya terdiri dari daging sapi, kaldu, sayuran, mi, dan rempah-rempah.

2. Taiwanese Hot Pot
5 Sup Lezat Khas Taiwan, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan! 

Taiwanese hot pot umumnya disantap selama musim dingin. Tidak ada resep yang ditetapkan, namun sup ini terdiri dari panci berisi kaldu dan berbagai bahan yang dimasak di dalamnya. Kemudian bahan tersebut dicelupkan ke dalam saus yang menyertainya sebelum dikonsumsi.

Kuah pada sup dapat terbuat dari bonito dan kombu, bumbu khas, acar kubis, tulang babi, susu, miso, atau kimchi. Bahan-bahan yang dimasak di dalamnya sering kali berupa sayuran akar, tahu, siomay, perkedel ikan, talas goreng, atau daging yang diiris tipis.

3. Sup Sishen
5 Sup Lezat Khas Taiwan, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan! 

Sup sishen merupakan makanan tradisional Taiwan. Sup ini terbuat dari campuran rempah-rempah, perut babi, dan daging babi tanpa lemak atau iga babi yang direbus bersama dalam air atau kaldu babi.

Sup ini diyakini berakar pada era Kaisar Qianlong. Menurut salah satu legenda, seorang biarawan tertentu meresepkan ramuan herbal tersebut kepada empat menteri Kaisar sebagai obat.

4. Jiû-hî ke
5 Sup Lezat Khas Taiwan, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan! 

Jiû-hî ke merupakan sup tradisional Taiwan yang menggunakan sotong sebagai bahan dasar. Sup ini disiapkan dengan sotong yang dimasak dengan geng, yaitu sejenis sup Hakka yang dikentalkan dengan pati. Sotong kemudian dipotong-potong tipis atau dibentuk menjadi bola-bola yang dilapisi dengan pasta ikan, lalu dimasak dengan kaldu kental.

Sup ini mempunyai rasa yang gurih dan agak manis. Umumnya sup dibumbui dengan rice wine dan serpihan bonito. Sup juga berisi rebung, wortel, jamur kuping kayu, dan daikon cincang.

5. Ô-á mī-sòa
5 Sup Lezat Khas Taiwan, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan! 

Ô-á mī-sòa merupakan makanan berupa mi asli Taiwan. Makanan ini terbuat dari mi misua tipis dengan tiram dalam kuah kental yang gurih. Cara pembuatannya yaitu, mi misua merah dimasak dalam kaldu, dibumbui dengan bawang putih cincang, serpihan bonito, jahe, arak beras, saus tiram, daun kemangi, dan tepung maizena untuk pengental.

Sup paling nikmat saat dikonsumsi dalam keadaan yang masih panas. Sup juga ditambahkan dengab tiram dan usus babi yang direbus. Mi ini biasanya juga dibumbui dengan cuka beras hitam, kecap, dan saus cabai.

Sup lezat khas Taiwan ini bisa jadi rekomendasi hidangan untuk di rumah. Selain enak dan lezat, sup ini juga sangat mengenyangkan.