Lima Sajian Boston Cream dengan Campuran Cokelat dan Custard

Lima Sajian Boston Cream dengan Campuran Cokelat dan Custard

Lima Sajian Boston Cream dengan Campuran Cokelat dan Custard – Pai krim Boston adalah kue dengan isian krim. Makanan penutup mendapatkan namanya ketika kue dan pai dimasak dalam wajan yang sama, dan kata-kata itu digunakan secara bergantian. Bagi pencinta makanan manis, mengenal boston cream merupakan hal yang menguntungkan.

Di bagian akhir abad ke-19, jenis kue ini disebut “pai krim”, “pai krim cokelat”, atau “kue custard”.Sebab sajian ini menjanjikan tekstur dan rasa hidangan yang begitu kaya, hasil perpaduan antara custard serta cokelat.

Selain custard, alternatif yang dapat digunakan dalam aneka hidangan berbasis boston cream bisa pula menggunakan vanila puding. Supaya mengetahui referensi makanan apa saja yang dapat diolah dengan boston cream ini, simak lima di antaranya, yuk!

1. Boston cream donut
5 Hidangan Boston Cream dengan Paduan Cokelat dan Custard

Donat menjadi salah satu kue sederhana yang didapat melalui proses fermentasi tepung terigu dan ragi. Kudapan ini menjadi favorit, lantaran bisa diolah dengan cara digoreng. Supaya donat lebih menarik, ada pilihan yang patut dicicipi seperti donat tanpa lubang.

Jenis makanan tersebut biasanya dibuat untuk menyisipkan aneka krim isian di dalamnya. Seperti dengan membuat boston cream donut yang cukup terkenal di beberapa negara, sebagai camilan dan oleh-oleh.

Gunakan custard atau vanilla pastry cream yang disemprotkan ke dalam donat. Setelah itu, buat glaze dari cokelat, mentega, susu, sirup jagung, dan gula untuk dijadikan toppingĀ atas makanan tersebut.

2. Boston cream cheesecake
5 Hidangan Boston Cream dengan Paduan Cokelat dan Custard

Boston cream menjadi konsep makanan terbaik untuk diterapkan dalam olahan terkenal seperti cheesecake. Perpaduan bahan baku yang ada, mampu membuat sajian ini jadi terasa berbeda.

Susunan cheesecake bisa dimulai dari pengolahan bolu vanilla sebagai dasar makanan. Setelah itu, masak filling menggunakan cream cheese, sour cream, air lemon, gula, garam, dan ekstrak vanila.

Setelah filling krim keju ditaruh di atas bolu, maka tahapan berikutnya adalah membuat ganache dari campuran dark chocolate bersama heavy cream, dan mentega.

3. Boston cream cupcake
5 Hidangan Boston Cream dengan Paduan Cokelat dan Custard

Selama ini, cupcake lebih banyak menggunakan topping sebagai salah satu daya tarik yang membuatnya disukai oleh berbagai pihak. Namun berbeda dengan boston cream cupcake, sebab terdapat isian di dalam kue yang membuat kamu akan sulit berhenti mengunyah.

Isian tersebut bisa dikreasikan dengan beberapa pilihan, mulai dari custard krim atau vanilla pudding. Semprotkan filling ketika cupcake sudah selesai dipanggang, agar lebih mudah menyatu.

Selain itu, diperlukan sentuhan terakhir dari chocolate ganache sebagai topping, dan terbuat dari cokelat dan krim untuk membuat cupcake ini semakin mirip dengan olahan boston cream.

4. Boston cream pie
5 Hidangan Boston Cream dengan Paduan Cokelat dan Custard

Boston cream sesungguhnya mulai populer dari salah satu olahan yang dikenal dengan sebutan boston cream pie. Meski namanya pai, namun adonan utama dari kudapan ini tidak menggunakan kulit pastri melainkan kue bolu vanila.

Bolu tersebut bisa dipotong menjadi dua bagian, lalu diisi memakai krim yang terbuat dari susu, gula, telur, ekstrak vanila, dan maizena, agar filling tersebut menjadi lebih kental saat dioleskan pada kue.

Setelah kue dan isian telah siap, maka tahapan akhir yang perlu dilakukan adalah membuat chocolate glaze dari mentega, cokelat, gula, dan vanila. Untuk disiramkan pada bagian atas makanan.

5. Boston cream angel food
5 Hidangan Boston Cream dengan Paduan Cokelat dan Custard

Angel food menjadi salah satu alternatif untuk mengolah kue dengan bahan dasar putih telur. Rasa makanan ini tidak kalah nikmat dengan kudapan yang mengandung telur utuh, bahkan bisa dikreasikan bersama boston cream.

Hampir mirip dengan boston cream pie, angel food yang telah dimasak perlu dipotong menjadi dua bagian. Untuk mempermudah, gunakan vanilla pudding mix dengan campuran susu sebagai filling. Setelah itu, siram memakai chocolate ganache.