Lima Olahan Nasi dengan Rumput Laut Khas Korea Selatan

Lima Olahan Nasi dengan Rumput Laut Khas Korea Selatan

Lima Olahan Nasi dengan Rumput Laut Khas Korea Selatan – Rumput laut dikenal sebagai bagian dari ganggang multi sel yang kaya akan nutrisi. Dalam rumput laut terdapat karbohidrat, protein, serat, mineral, dan berbagai vitamin. Olahan nasi dan rumput laut bisa menjadi inspirasi menu yang sangat menggiurkan.

Tak hanya itu, rumput laut juga bisa dikonsumsi menjadi berbagai makanan dan minuman yang menggugah selera lho. Korea Selatan mempunyai beberapa menu yang menggabungkan olahan nasi yang dibungkus dengan rumput laut.

Makanan ini sangatlah populer dengan rasanya yang mampu membuat siapapun ingin terus mencobanya. Berikut lima olahan nasi dengan rumput laut asal Korea Selatan yang menjadi menu favorit banyak orang.

1. Samgak gimbap
5 Olahan Nasi dengan Rumput Laut Asal Korea Selatan, Jadi Favorit!

Samgak gimbap merupakan gimbab yang memiliki bentuk segitiga. Makanan ini dibuat dengan beragam isian yang ditempatkan rapi di dalam sepotong nasi berbentuk segitiga. Kantong ini lalu dibungkus dengan rumput laut. Kemudian ditutup dengan pembungkus plastik tipis. Hal tersebut membuat gimbap tetap segar untuk waktu yang lama.

Gimbap ini terinspirasi oleh onigiri Jepang, yang merupakan jenis sushi yang memiliki bentuk segitiga yang serupa, namun isiannya disesuaikan dengan selera penduduk Korea Selatan. Isiannya dapat berupa kombinasi kimchi, tuna, bulgogi, atau pasta gochujang.

2. Mayak gimbap
5 Olahan Nasi dengan Rumput Laut Asal Korea Selatan, Jadi Favorit!

Mayak gimbap terbuat dari nasi, rumput laut panggang yang diberi isian yang biasanya berupa wortel, acar lobak, dan bayam yang dipotong tipis dan memanjang. Berbeda dengan gimbap tradisional, gimbab jenis ini tidak pernah diiris.

Kemudian gulungan diberi taburan yang berupa biji wijen. Sementara itu, kecap dan saus mustard umumnya dihidangkan di sampingnya. Makanan ini diyakini berasal dari pasar Gwang-jang di Seoul.

3. Kimbap
5 Olahan Nasi dengan Rumput Laut Asal Korea Selatan, Jadi Favorit!

Kimbap seringkali disebut sebagai sushi Korea. Makanan ini dibuat dengan rumput laut, nasi berbumbu, dan bahan-bahan pilihan lainnya yang biasanya digulung, diiris, dan dinikmati. Banyak bahan-bahan yang digunakan dalam gulungan, namun yang paling sering digunakan adalah kue ikan, daging, bayam, telur, dan mentimun.

Makanan ini menjadi salah satu hidangan Korea paling terkenal dan juga telah mudah ditemukan di tempat makan di Indonesia.

4. Chungmu gimbap
5 Olahan Nasi dengan Rumput Laut Asal Korea Selatan, Jadi Favorit!

Chungmu gimbap adalah varian gimbab yang berasal dari Chungmu, namun saat ini telah berganti nama menjadi kota Tongyeong. Gulungan sederhana ini dibuat dengan nasi yang dibungkus rumput laut panggang. Bentuknya umumnya tipis dan hampir seukuran gigitan.

Makanan ini tidak pernah menyertakan bahan tambahan lainnya, dan selalu dihidangkan dengan kimchi lobak dan cumi pedas. Makanan ini praktis dan juga bergizi. Tak ayal membuatnya menjadi favorit banyak orang.

5. Chamchi gimbap
5 Olahan Nasi dengan Rumput Laut Asal Korea Selatan, Jadi Favorit!

Chamchi gimbap merupakan gimbab yang dibuat dengan tuna kalengan. Selain nasi dan ikan, isiannya dapat lebih bervariasi, yang mencakup sayuran segar atau acar, telur, atau kue ikan. Sementara itu, tuna sering dihaluskan terlebih dahulu dan selanjutnya dikombinasikan dengan mayones, mustard, dan rempah-rempah.

Gulungan ini lalu umumnya dibungkus dengan rumput laut panggang, dan dihidangkan dengan diiris kecil-kecil.